Terbesar di Asia Tenggara, Ini Penampakan Pusat Pelatihan Safety Riding AHM

Astra Honda Motor (AHM) kini memiliki pusat pelatihan safety riding terbesar di Asia Tenggara. Dinamakan Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas ini berada di kawasan Greenland International Industrial Centre (GICC) Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

AHM Safety Riding Park (AHMSRP) yang menjadi bagian dari fasilitas ini merupakan pusat pelatihan Safety Riding Honda terbesar di kawasan Asia Tenggara. Dibangun di atas lahan 8,5 hektar, fasilitas ini bisa menampung 15.000 orang untuk berlatih berkendara setiap tahun.

Sarana dan fasilitas edukasi di pusat pelatihan safety riding ini pun cukup lengkap. Ada fasilitas fungsional seperti ruang multi fungsi, ruang kelas, ruang ujian, ruang simulator, asrama, sarana olahraga serta ruangan penunjang lainnya.

Baca juga: Harga CBR250RR SP Quick Shifter Garuda x Samurai Dirilis, Dijual Terbatas 75 Unit
Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC)Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) Foto: Dok. AHM

Selain fasilitas bangunan, pusat pelatihan berkendara ini dilengkapi dengan Safety riding course yang dibekali karakter kontur jalan yang sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia, baik kondisi jalan aspal maupun kondisi jalan off-road.

Berdiri di atas lahan 4 hektar, area ini digunakan untuk pelatihan berkendara sepeda motor yang aman, seperti teknik pengereman, teknik keseimbangan, teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, menanjak dan menurun serta teknik memprediksi bahaya.

Baca juga: Penjualan Motor Naik, ‘Terbantu’ Gaji ke-13 PNS
Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC)Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) Foto: Dok. AHM

AHMSRP juga dilengkapi Kids Traffic Park yang dapat menampung pelatihan terhadap 2.000 anak setiap tahun. Melalui edukasi pada usia dini, anak-anak diajarkan untuk mengenal rambu-rambu lalu lintas, cara menyebrang jalan yang aman menggunakan jalur penyeberangan, dan cara berinteraksi dengan pengguna jalan lain dengan berbagai alat peraga yang tersedia.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan, Pusat pelatihan keselamatan berkendara ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam meningkatkan budaya keselamatan berkendara di Indonesia.

Baca juga: Maaf, Quick Shifter Honda Tidak Bisa Dipasang di CBR250RR Standar
Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC)Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) Foto: Luthfi Anshori

“Kami mendesain Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center ini sebagai fasilitas yang dapat memberikan pengalaman berlatih berkendara aman yang menyenangkan, aman, dan nyaman. Fasilitas ini dapat digunakan masyarakat umum pengguna sepeda motor untuk belajar keterampilan berkendara, baik di jalan raya maupun di kondisi jalan off-road,” ujarnya.

Ditambahkan Executive Vice Presiden Direktur AHM Johannes Loman, Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center ini melengkapi berbagai kegiatan pelatihan berkendara yang selama ini telah dilakukan AHM bersama jaringan main dealer di seluruh Indonesia, bekerjasama dengan pemerintah, kepolisian, sekolah, institusi, maupun komunitas masyarakat.

Baca juga: Dituduh Monopoli Pelumas, AHM: Kami Patuh Hukum
Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC)Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) Foto: Luthfi Anshori

“Kami ingin melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara dari fasilitas ini, menyempurnakan apa yang sudah kami lakukan selama ini bersama para pemangku kepentingan di bidang safety riding. Kami ingin fasilitasi ini menjadi kawah candradimuka bagi mereka yang menempatkan keselamatan berkendara sebagai budaya bersama bangsa,” ujarnya.

Dikatakan AHMSRTC dapat digunakan masyarakat umum pengguna sepeda motor untuk belajar mengenai keselamatan berkendara. Beragam kegiatan edukasi pelatihan Safety Riding yang disiapkan dan dilaksanakan di fasilitas AHMSRP ini juga dikatakan akan dibuka menyesuaikan protokol kesehatan yang berlaku.

Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC)Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) Foto: Dok. AHM

Sebagai informasi, AHM bersama jaringan main dealer Honda saat ini telah memiliki 8 pusat pelatihan safety riding yang tersebar di daerah Serang, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Medan dan Bandung.

“Dengan bertambahnya pusat pelatihan safety riding di Deltamas, Cikarang, kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat,” tutup pernyataan AHM.

Sumber: detikcom

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 876 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan