Mengenal bagian-bagian & fungsi Busi

Halo Bikerzzz…
Bicara mengenai busi, tentu sebagian besar dari kita para Bikerz udah paham wujud dan fungsi busi tersebut dalam mesin kendaraan. Yaapss, komponen kecil, ada keramiknya, berfungsi sebagai komponen yang memercikan api ke ruang bakar, tentu definisi begini udah awak buat kita. Busi menjadi salah satu komponen yang cukup penting bagi sebuah kendaraan, baik mobil ataupun motor.

Contoh busi dengan kondisi elektroda yang aus/ rusak

Disadur dari NGKbusi.com, jadi pada prinsipnya, Busi berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi. Nah, kalau udah bicara langkah, sebagian dari kalian mungkin awam dengan istilah-istilah pada ruang bakar tersebut, tapi tenang, istilah langkah kompresi ini gak sulit untuk dipahami kok, kalian bisa dapatkan penjelasannya pada berbagai literasi yang mudah untuk dipahami, tinggal googling aja beres kok.

https://id.wikipedia.org/wiki/Motor_bakar_empat_langkah

Namun, bagi yang belum tahu, busi juga terdiri dari beberapa bagian, dan memiliki kegunaannya masing-masing. Berikut, 8 bagian dan fungsi busi di kendaraan;

Bagian-bagian pada busi

Terminal
Fungsi busi motor yang pertama adalah terminal. Terminal terbuat dari bahan bahan besi. Komponen ini terletak pada bagian pucuk busi yang busi dengan ignition. Komponen ini terhubung dengan kabel yang bertegangan tinggi yang mengalirkan listrik dari koil.

Insulator
Saat ini hampir semua busi yang ada memakai material keramik sebagai bahan dari insulator. Fungsi dari insulator ini adalah untuk memindahkan panas menuju ke kepala silinder.

Bagian ini berfungsi untuk membuat batang terminal dan elektroda tengah di cangkang besi menjadi terisolasi. Sehingga arus tinggi dari elektroda tidak akan keluar.

Ribs
Berfungsi untuk mencegah arus listrik jadi merambat keluar komponen mesin yang bisa sebagai massa (negatif). Bentuk Ribs menggelombang atau memiliki lekuk yang bisa membuat jarak dari elektroda inti dan ground semakin jauh. Jika jarak semakin jauh maka hambatan inti besi dan ground akan makin besar.

Insulator Tip
Bagian ini akan mengalami pembakaran pada ruang bakar sehingga membutuhkan material yang tahan temperatur tinggi. Bagian ini juga bagian paling ujung di insulator yang bisa menahan temperatur 650 derajat Celsius dan menahan tegangan 60.000 Volt.

Gasket
Gasket memiliki fungsi sebagai penutup agar tidak terjadi kompresi di ruang bakar sehingga tidak mengalir keluar.

Metal Case/ Shell
Bagian busi lainnya, yaitu metal case yang berguna sebagai penghantar daya panas sebagai material konduksi yang bisa dikonduksikan ke komponen lain. Lalu, fungsi lainnya adalah sebagai pengunci busi ke silinder head.

Inti Elektroda
Sebagai inti elektroda, bagian ini berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dan akan terhubung ke terminal. Bagian ini terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel dan logam-logam lainnya. Tapi tembaga adalah yang paling umum digunakan.

Ground
Bagian ini terletak di ujung busi motor yang langsung bersentuhan dengan body atau ground motor. Arus listrik akan berpindah ke inti elektroda berkat bagian ini. Selain itu, api koil juga berakhir di bagian ini.

Mencari busi terbaik bagi motor, Busi NGK jawabannya
Yaa bicara tentang perbusian, tentu para Bikerz Indonesia mayoritas udah pada kenal dengan merek busi NGK, merek yang telah hadir di Indonesia sejak 43 tahun silam, atau pada tahun 1977. NGK sendiri adalah brand yang terus berkembang dalam menyediakan produk busi dan cop/ cangklongan busi di Indonesia. Tercatat untuk busi sendiri, ada beberapa merek yang sampai saat ini beredar, baik pemain lama maupun pemain baru.

https://youtu.be/cERaouhqjpY

Berbagai tipe produk dari Busi NGK juga telah banyak beredar di Indonesia, sebut saja NGK G-Power, Iridium IX, Laser Platinum, Laser Iridium, IRI Series & Racing Competition. Dengan menawarkan harga yang relatif terjangkau bagi masyarakat di Indonesia, NGK hadir untuk memberikan percikan api busi yang dahsyat, stabil dan tentu saja menghasilakn performa kelistrikan yang memadai untuk kebutuhan mesin motor masyarakat Indonesia.

Ikutan NGK Busi Photo Competition yuk!!!
Satu lagi, NGK Busi saat ini juga tengah mengadakan kompetisi foto lho. Kalian yang hobi selfie atau mungkin wefie, bisa ikutan dalam kompetisi yang digelar oleh NGK Busi selama periode Desember 2020 ini. Nah penasaran kan!

Papabikerz sendiri udah ikutan dalam kompetisi foto NGK Busi ini. So, buat kalian para pembaca Blog papabikerz.com yang budiman, kalian juga bisa gabung dong pastinya. Ayo ikutan NGK Busi Photo Competition dan upload foto terbaik kalian di Instagram. Simak syarat dan ketentuannya sampe abis yaa gaeeesss!

1. Foto harus original buatan kalian ya gaees, dilarang plagiat pokoknya
2. Peserta dibebaskan untuk membuat foto dan caption sekreatif mungkin. Ingat, caption kalian akan dinilai oleh NGK Busi. Bikin yang terbaik dan paling kreatif, agar peluang menang kalian makin besar.
3. Konten yang digunakan tidak boleh bermuatan SARA, pornografi, bermuatan politik dan melawan hukum yang berlaku. Intinya fokus ke konten deh, jangan yang aneh-aneh fotonya, wkwkwk
4. Harus menyertakan logo NGK Busi di dalam foto lewat produk busi NGK dan merchandise NGK (tidak dalam bentuk editing)
5. Dilarang memasukkan brand atau logo selain NGK Busi secara jelas didalam foto
6. Jangan lupa, wajib memfollow akun Instagram @NGKBusi dan tidak memprivate akun yang digunakan
7. Periode kompetisi hingga 31 Desember 2020
8. Pemenang akan ditentukan secara transparan oleh Juri dan pengumuman pemenang akan disiarkan secara live di Social Media NGK Busi
9. Foto yang diikutsertakan berhak menjadi hak milik PT NGK Busi Indonesia
10. NGK Busi berhak untuk membatalkan keputusan pemenang jika ditemukan ada pelanggaran dalam syarat dan ketentuan

Gimana gampang banget kan? Tinggal cekrek, upload foto dan buat caption sekreatif mungkin, kalian bisa menangin hadiah utama Honda Beat, Samsung A51, Smart TV 43 Inch, Voucher belanja total Rp 1 Juta, dan masih banyak hadiah menarik lainnya!

So buruan, jangan sampai ketinggalan, apalagi ditikung temen kan. Lumayan, kalian bisa nikmati tahun baru dengan motor baru, TV baru, HP baru, atau barangkali hadiah menarik lainnya dari NGK Busi. Ganti busi, foto dan dapat hadiah, mauuu dong. Busi baru, mesin tetap awet, dan bisa boncengin gebetan naik motor baru pula, kuyyy sikaaattt!!!
#PapabikerZ

About PapabikerZ 265 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan