New Honda PCX160 diluncurkan di Jepang, Vietnam jadi basis produksi

Halo Bikerzzz…
Kabar terbaru dari Jagat Otomotif roda dua, datang langsung dari kiblatnya di Jepang sana. Yaapss, Honda Jepang secara resmi merilis diluncurkannya All New Honda PCX/PCX160 di negeri Sakura sana. Perilisan seri PCX terbaru ini dihadirkan dalam tiga varian, yakni PCX (125cc), PCX 160 dan PCX E:HEV (Hybrid). Dan ternyata, basis produksi dari New PCX ini adalah di Vietnam Gaaees, bukan di Indonesia atau di negara lainnya ternyata.

Well, PCX 2021 ini secara resmi diperkenalkan pada 8 Desember silam, dan terdapat banyak ubahan pada skutik premium Honda yang telah sepuluh tahun lebih mengaspal di Indonesia sejak versi CBUnya dulu keluar.

Adapun untuk PCX terbaru ini hadir dengan desain baru berpendingin air, 4-tak, 4-katup, mesin satu silinder 124cc “eSP +” yang menghasilkan keluaran tenaga yang lebih baik dan bahkan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dalam rangka yang baru dirancang yang mengejar penanganan ringan dan kemudahan penanganan dalam kehidupan sehari-hari. Rem cakram roda depan dan belakang dilengkapi dengan 1-channel ABS yang hanya beroperasi di bagian depan sebagai perlengkapan standar, dan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang baru diadopsi, yang berkontribusi pada rasa aman di permukaan jalan yang licin. Ini adalah skuter moped dua jenis yang memiliki tingkat keramahan lingkungan yang tinggi. Selain itu, kami telah meningkatkan hadirnya fitur-fitur yang mudah digunakan, seperti mengadopsi kotak bagasi dengan kapasitas yang lebih besar dan melengkapi “soket USB” yang nyaman untuk mengisi daya terminal seluler sebagai perlengkapan standar, dengan mempertimbangkan kegunaan sehari-hari.

PCX160 didasarkan pada PCX dan meningkatkan volume mesin menjadi 156cc untuk mencapai performa berkendara yang lebih bertenaga dan nyaman. Ini adalah skuter sepeda motor ringan yang menyediakan banyak ruang dan kepuasan dalam berbagai situasi berkendara, mulai dari mengemudi di dalam kota hingga bepergian melalui jalan raya dan tur ke pinggiran kota.

Dan untuk PCX e: HEV mengadopsi sistem hybrid berbasis PCX, yang menggunakan baterai lithium-ion berdaya tinggi sebagai sumber energi dan menambahkan fungsi bantuan penggerak ke ACG starter (motor) yang bertugas untuk menghidupkan mesin dan menghasilkan tenaga. Ini adalah skuter dua jenis dengan moped. Dengan menggabungkan mesin yang baru dirancang “eSP +” dengan output yang ditingkatkan dengan bantuan motor, torsi ditingkatkan dalam kisaran kecepatan rendah, dan respons throttle yang gesit dan kinerja daya tinggi diwujudkan dengan tetap mempertahankan kualitas tinggi seperti ketenangan.

Fitur utama PCX / PCX160 / PCX e: HEV

Mesin “eSP +” dengan desain baru yang menghasilkan output tinggi dan performa lingkungan

  • Mencapai keluaran tinggi dengan memperluas area katup dengan meningkatkan mekanisme katup menjadi 4 katup dan meningkatkan efisiensi pemasukan campuran udara-bahan bakar dan efisiensi pembuangan gas pembakaran. Selain itu, selain mengurangi hambatan geser dan meningkatkan rasio kompresi dengan memperpendek langkah diameter dalam silinder x langkah, piston yang menyuntikkan oli mesin ke sisi belakang piston memungkinkan pendinginan yang efisien dan peningkatan waktu pengapian. Ini berkontribusi pada peningkatan output dengan mengadopsi jet minyak.
  • Dengan mengadopsi pengangkat penegang rantai bubungan hidraulik, pengurangan gesekan serta peredaman kebisingan dan getaran dicapai pada saat yang bersamaan.
  • Jalur pemasukan dari air cleaner ke pipa hisap telah diperluas, dan diameter bak throttle telah diperluas untuk meningkatkan efisiensi pemasukan. Selain mengoptimalkan struktur internal knalpot dan mengurangi resistansi knalpot, kami telah mengoptimalkan penempatan katalisator untuk meningkatkan kinerja pemurnian gas buang, mencapai kinerja penggerak yang bertenaga dan kinerja lingkungan yang sangat baik pada tingkat tinggi.

Body dan suspensi yang memberikan kenyamanan dan kualitas berkendara yang tinggi

  • Dengan mendesain ulang rangka, bobot bodi rangka saja berkurang dengan tetap menjaga keseimbangan kekakuan. Ini adalah kemasan bodi mobil yang semakin mengembangkan penanganan ringan dan kemudahan penanganan.
  • Dudukan pegangan dengan struktur dudukan karet digunakan untuk mengurangi getaran tidak menyenangkan yang ditransmisikan dari bodi kendaraan ke tangan pengendara. Ini berkontribusi pada kenyamanan berkendara.
  • Roda telah didesain ulang untuk meningkatkan ukuran ban, dan perjalanan poros belakang telah diperpanjang, berkontribusi pada penanganan ringan dan pengendaraan yang nyaman.
  • Rem cakram digunakan untuk perangkat pengereman depan dan belakang. Selain itu, ABS 1 saluran yang hanya beroperasi di bagian depan merupakan perlengkapan standar.

Peralatan yang sepenuhnya canggih dan berbagai fungsi yang mengejar kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari

  • Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang baru diadopsi. Berdasarkan sinyal dari sensor kecepatan roda dan sensor posisi throttle roda depan dan belakang, jumlah injeksi bahan bakar dikendalikan untuk mengontrol torsi mesin dan menekan selip pada roda belakang.
  • Soket USB adalah perlengkapan standar baru di kompartemen depan. Hal tersebut memungkinkan untuk mengisi daya gadget seperti smartphone, yang semakin meningkatkan kenyamanan.
  • Kapasitas kotak bagasi telah ditingkatkan menjadi 30L untuk PCX / PCX160 dan 24L untuk PCX e: HEV. Daya muat ditingkatkan dan kenyamanan lebih ditingkatkan.
  • Menggunakan sistem Honda SMART Key. Dengan membawa kunci pintar dan mendekati kendaraan, kenop sakelar utama dapat dibuka kuncinya tanpa melepas kunci pintar itu sendiri.
  • Aksesoris Top Box/Kotak Atas Jenis Sistem Kunci Cerdas 35L, baru ditambahkan ke aksesori asli yang dijual terpisah . Dengan menghubungkan dengan sistem Honda SMART Key, Anda dapat membuka kunci kotak atas dengan lebih nyaman.

Desain gaya mengalir dan berkualitas tinggi

  • Nada horizontal dan proporsi santai, komposisi permukaan yang sederhana dan elegan, dan garis tepi yang membuat Anda merasakan aliran dinamis digabungkan untuk memperbarui tampilan yang menekankan keunggulan dan kualitas tinggi PCX.
  • Variasi warna PCX / PCX160 adalah “Candy Raster Red” yang mengekspresikan tampilan berkualitas tinggi. “Poseidon Black Metallic” dengan kesan tak kenal takut dan tenang. “Pearl Jasmine White” dengan kesan bersih dan elegan. Selain empat warna “Matte Dim Grey Metallic” yang memberikan kesan metal yang kuat, PCX juga tersedia dengan “Matte Cosmo Silver Metallic” yang memberikan kesan segar dan awet muda. PCX e: HEV diatur dalam satu warna, “Pearl Jasmine White”, yang mengekspresikan gambar tingkat lanjut dengan kombinasi putih dan biru.

Fitur utama yang didedikasikan untuk PCX e: HEV

  • Dengan menggabungkan mesin eSP + yang baru dirancang dengan bantuan motor yang menggunakan baterai lithium-ion berdaya tinggi sebagai sumber energi, respons throttle yang lincah dan kinerja daya tinggi dapat dicapai dengan tetap mempertahankan rasa berkualitas tinggi seperti ketenangan.
  • Beralih di antara dua karakteristik bantuan motor, “mode D” yang memberikan kenyamanan berkendara dan bantuan sedang sesuai dengan situasi mengemudi dan preferensi pengendara, dan “mode S” yang meningkatkan bantuan dan meningkatkan kesan sporty. Itu memungkinkan dan memberikan “kesenangan untuk dikendarai” sesuai dengan adegan mengemudi.
  • Selain braket di sisi belakang lampu tanda tangan lampu depan dan lensa dalam bagian pencahayaan lampu belakang, jok dibuat dalam warna hitam dan biru dua nada, dan lambang yang didedikasikan untuk e: HEV diadopsi untuk lebih meningkatkan kecanggihan dan kualitas. Setiap bagian bodi mobil diberi aksen untuk menyempurnakannya.

Spesifikasi utama
Dan dari rilis yang dikeluarkan oleh Honda Jepang, terlihat bahwasanya New PCX nanti akan mengalami peningkatan tenaga menjadi 15,8HP, dan torsi 15Nm. Dan berikut adalah spesifikasi dari ketiga tipe PCX terbaru yang telah diluncurkan di Jepang, ada PCX (125cc), PCX 160 dan PCX E:HEV (Hybrid);

Spek PCX/PCX160 & PCX E:HEV

Pilihan Warna New Honda PCX/PCX 160 & PCX E:HEV
Untuk PCX yang dirilis di Jepang ini, warnanya juga keren walaupun masih monotone. Kesan mewahnya makin terpancar ditambah dengan desain yang makin sporty, membuat tampilan New PCX/PCX 160 ini makin cakep luar biasa. Dan berikut adalah pilihan warna dari New Honda PCX/PCX 160 dan PCX E:HEV;

PCX

PCX (Candy Raster Red)
PCX (Poseidon Black Metallic)
PCX (Pearl Jasmine White)
PCX (Matte Dim Gray Metallic)
PCX (Matte Cosmo Silver Metallic)

PCX 160

PCX160 (Pearl Jasmine White)
PCX160 (Candy Raster Red)
PCX160 (Poseidon Black Metallic)
PCX160 (Matte Dim Gray Metallic)

PCX E:HEV

PCX e: HEV (Pearl Jasmine White)

Dan berikut beberapa dokumentasi yang bisa kalian pertimbangkan, yang pasti selain desain yang makin mewah, fitur-fitur lainnya pun juga layak dipertimbangkan

Perbandingan bagasi PCX160 vs PCX E:HEV
Perbandingan Remote Smart Key PCX160 vs PCX E:HEV

Well, kalian udah liat kan bedanya. PCX nantinya bakal makin bertenaga dan makin cakep punya, bukti dari keseriusan Honda dalam mengembangkan lini produk motornya di masa mendatang. Gak sabar rasanya untuk dapat menjajal PCX 2021, tenaganya lebih baik, pasti bakalan makin enjoy ini mengendarainya.

#PapabikerZ

About PapabikerZ 230 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan