Bosen dengan tampilan motor lama, Restorasi aja ke Top Speed Motor

Halo Bikerzzz…
Memiliki motor, memang merupakan pengalaman yang berharga bagi para Bikerz. Karena memiliki sarana transportasi sendiri, tentu akan memberikan kemudahan bagi setiap Bikerz dalam melakukan aktivitasnya, baik itu bekerja, kuliah, ataupun berbagai kegiatan rutin lainnya.

Banyak Bikerz yang memiliki motor bahkan tidak hanya satu motor, hal ini tentu saja memberi opsi lebih dalam beraktivitas, seperti motor tipe matic untuk berkendara jarak dekat, motor sport buat touring, nongkrong, maupun menjalankan pekerjaan entah itu bekerja di kantor, kuliah maupun kegiatan lainnya dengan mengendarai motor.

Nah, namanya juga punya motor, tentu gak afdhal dong kalau hanya sekedar memiliki tanpa melakukan perawatan. Perawatan berkala pada motor dapat dimulai dari membersihkan dengan mencuci bodi motor, atau barangkali melakukan perawatan ekstra seperti salon motor, hingga membawa ke bengkel untuk perawatan bagian mesin, hingga ke berbagai ritual lainnya.

Namun di beberapa kondisi, seringkali perawatan demikian belum mencukupi. Terlebih jika usia motor telah bertahun-tahun, tentu kondisi fisik motor juga akan mengalami penurunan. Seperti kondisi motor yang telah kusam pada bagian cat bodi, beberapa bagian suku cadang yang telah keropos dan lapuk dimakan usia, dan berbagai kondisi lainnya yang membuat tampilan motor menjadi tidak bagus lagi dipandang. Beberapa Bikerz kadang hanya melakukan perawatan berkala yang menyasar ke bagian mesin dan rangka motor, sehingga di beberapa kondisi seakan menjadi menurun dan memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Kondisi awal motor Kawasaki Ninja 150 yang direstorasi oleh Bro Rian, serba kekurangan di banyak sektor

Anw, kalian mungkin udah pernah mendengar kata restorasi. Nah restorasi ini sekarang jadi suatu fenomena lho di kalangan para Bikerz. Jadi gak hanya sekedar mengganti suku cadang motor yang telah aus atau melakukan pengecatan ulang pada bodi motor, dewasa ini banyak Bikerz yang memilik untuk melakukan restorasi pada motor lawasnya.

Restorasi atau sebuah tindakan yang mengembalikan kondisi motor menjadi balik kepada kondisi semua seperti baru, beberapa tahun terakhir menjadi trend di kalangan anak motor, termasuk di kota Padang. Restorasi yang dilakukan tidak hanya menyasar pada sektor rangka, namun juga dapat menyentuh sektor lain seperti mesin, kelistrikan dll.

Salah satu bengkel yang sering melakukan restorasi di kota Padang adalah Top Speed Motor. Bengkel yang beralamat di jalan Raya ByPass Pisang ini merupakan bengkel rujukan bagi para Bikerz di kota Padang yang hendak mengembalikan kondisi motornya menjadi kembali seperti baru. Tidak hanya motor-motor zaman now yang dimodifikasi disini, melainkan motor lawas yang beneran telah berumur belasan atau puluhan tahun, juga dapat direstorasi disini.

Setelah pengerjaan selama dua bulan, kembali seperti baru

Berkunjung ke bengkel Top Speed Motor pada Senin, 15 Maret 2021 kemarin, Papabikerz berjumpa dengan owner bengkel yang telah melayani banyak pelanggan baik dari Sumatera Barat dan provinsi lainnya hingga ke Jogjakarta sana. Bengkel yang tidak hanya melayani perawatan motor seperti servis dan penggantian suku cadang, namun juga mengerjakan perbaikan bodi, pengecatan, sand blasting, vapour balasting, coating powder hingga ke modifikasi.

Beberapa Bikerz yang pernah Papabikerz tanya seputar restorasi, ternyata masih belum memahami restorasi secara mendalam. Kebanyakan berpendapat restorasi lebih ke pengecatan ulang bodi motor hingga kembali kepada kondisi seperti baru. Nah faktanya, restorasi itu jauh lebih kompleks ketimbang sekedar mengecat ulang bodi motor, melainkan juga menyentuh ke berbagai bagian seperti pada rangka, kelistrikan hingga ke bagian mesin. Singkat kata, restorasi itu sebuah proses meremajakan kondisi motor yang telah berumur, kembali menjadi baru dan mengalami berbagai proses pengerjaan perbaikan.

Biaya Restorasi
Mungkin pertanyaan paling umum yang banyak ditanyakan oleh para Bikerz adalah, berapa sih biaya buat melakukan restorasi motor? Nah, secara umum, biaya yang dibutuhkan pada proses restorasi motor adalah relatif. Eh, kenapa relatif? Jadi dari wawancara Papabikerz bersama Bro Rian tempo hari, untuk menentukan biaya dari proses restorasi itu sulit sekali jika hanya mengira-ngira.

Proses restorasi itu memungkinkan penggantian berbagai komponen, atau perbaikan menyeluruh pada komponen motor yang telah aur, bengkok, rusak, atau yang menyebabkan perlu diperbaiki keadaannya. Jadi kalau ditanya biaya, biasanya Bro Rian akan memberikan taksiran perihal kondisi motor dan apa saja yang diperlukan perbaikan, apakah cukup dengan sekedar mengecat ulang, atau apakah dibutuhkan perbaikan lebih detail dan rumit lagi seperti sand blasting dll.

Jadi bagi kalian yang tertarik melakukan restorasi, ada baiknya datangi langsung ke Top Speed Motor untuk menaksir berapa biaya yang dibutuhkan. Karena kondisi motor yang berbeda satu sama lain, akan sangat membantu jika kalian membawa serta unit motor kalian dan melakukan penghitungan biaya yang sekiranya nanti diperlukan.

Jadi gak bisa asal raba atau terka, untuk dapat merestorasi motor, kalian harus paham betul kondisi motor kalian, untuk dapat mengetahui perkiraan biaya dan durasi pengerjaan restorasi motor kalian nantinya.

Tantangan Restorasi
Setiap pekerjaan tentu memiliki tantangannya masing-masing, dan begitupun dengan restorasi motor. Berbincang dengan Bro Rian di bengkelnya yang juga melayani repaint bagi kendaraan roda empat atau lebih ini, Bro Rian membeberkan apa saja tantangan yang dihadapi pada setiap proses restorasi.

Beberapa hal yang sering menjadi kendala dalam proses restorasi adalah sbb;
1. Mencari suku cadang motor yang dibutuhkan
2. Kondisi rangka dan kelengkapan motor
3. Kondisi ketebalan cat lama pada motor
4. Biaya yang dibutuhkan

Nah sudah rahasia umum dong mencari komponen motor yang telah berumur belasan atau puluhan tahun bukanlah perkara mudah, setidaknya bagi beberapa motor yang populasinya tidak banyak terlihat di jalanan. Nah suku cadang motor lawas seperti motor dua tak, vespa, maupun motor-motor zaman old lainnya dapat dibilang kebanyakan tidak tersedia lagi di bengkel resmi. Jadi harus dicari ke lapak penjual spare part di luar provinsi, atau bahkan juga ada yang berasal dari luar negeri untuk motor-motor dengan status langka.

Selain itu, karena motor yang telah digunakan dalam jangka waktu lama, tentu pada bagian rangka berkemungkinan mengalami kondisi tidak simetris, baik pada velg, rangka utama, suspensi depan dll. Rangka yang mungkin tidak center, suspensi bengkok, atau velg yang udah peyang, tentu harus diperbaiki sekalian. Beberapa pengerjaan mengharuskan pengelasan atau dipress menggunakan mesin hidrolik, yang sedikit banyaknya tentu akan mempengaruhi kepada biaya dan durasi pengerjaan restorasi.

Nah yang paling mudah diamati adalah cat motor. Bodi motor yang telah berumur sekian tahun, tentu mengalami penurunan kondisi. Warna cat yang pudar, tidak akan sedap dipandang mata dong. Dan beberapa motor yang telah dicat ulang, tentu harus diperbaiki lagi sebelum dilakukan pengecatan kembali saat direstorasi, baik dengan mengupas cat lama maupun sekedar dengan melapisi. Namun tentu hasil yang didapat juga akan berbeda. Bro Rian juga lebih memilih untuk mengangkat lapisan cat lama dan melakukan pengecatan ulang untuk mendapatkan hasil yang optimal pada saat merestorasi motor.

Dan kebetulan minggu lalu Bro Rian baru saja menuntaskan restorasi pada satu unit Kawasaki Ninja 150 yang dikembalikan kondisinya menjadi fresh from the oven. Yaa ibaratnya sih begitu, kondisi motor yang berbeda drastis dari kondisi awal, tentu saja akan menghadirkan kepuasan bagi ownernya. Papabikerz yang liat aja kagum bercampur bangga, apalagi owner motornya kan gaeesss.

Every detail matters, karyanya Top Speed Motor emang luar biasa bling bling

Kawasaki Ninja ini dikerjakan dalam tempo dua bulan, dan menghabiskan biaya yang cukup besar. Namun melihat hasilnya, kalian bakalan dibikin pangling saking tjakepnya ini motor, persis seperti motor baru keluaran dealer.
Pribahasa ada uang ada rupa, benar dong adanya. Restorasi yang kini telah banyak dilakukan oleh Bro Rian tidak hanya menghadirkan kebanggaan bagi owner motornya, melainkan juga mendatangkan permintaan yang meningkat dari pemilik motor yang juga mengingkan motornya direstorasi.

Yaa kualitas bicara, tentu kuantitas pengerjaan juga akan terlihat meningkat, baik melalui rekomendasi, maupun promosi yang dilakukan. Bro Rian termasuk multitasking, selain mengerjakan motor, doi juga menyempatkan diri melakukan promosi di media sosial seperti di Instagram. Dan ini jelas, cocok dengan kebutuhan dan kondisi zaman sekarang yang apa-apa serba digital. Promosi yang dilakukan Bro Rian sendiri tergolong simpel, namun hasil karyanya juga diakui oleh banyak orang.

Bagi kalian yang pengen mengembalikan tampilan motor lawas kalian menjadi seperti baru, kalian bisa mengunjungi Top Speed Motor buat konsultasi pengerjaan dan biaya yang dibutuhkan. Top Speed Motor juga memberikan garansi lho untuk proses Restorasi motor kalian. Jadi jangan ragu, tinggal datang dan bawa motor lama kalian, diskusi ringan bareng Bro Rian, dan begitu deal, kalian bisa menunggu dengan tenang sampai nanti hasilnya juga akan keluar dari ruang restorasi.

Well, melihat kreasi dari Top Speed Motor, Satu kata buat Top Speed Motor dari Papabikerz, “badaso!!!”

Top Speed Motor
JLN BYPASS KM 6 SEBELAH SATE NIRA,SIMPANG PISANG
Kota padang
0811665526

About PapabikerZ 230 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan