Maverick Vinales menjuarai Race perdana MotoGP 2021

Halo Bikerzzz…

Lap pertama dari 22 lap dimulai dengan empat pembalap Ducati memimpin jalannya balapan. Belum separuh putaran, Danilo Petruci menjadi pembalap motoGP pertama yang crash pada balapan perdana tahun ini. Berturut-turut, ada Bagnaia memimpin diikuti oleh Miller, Zarco dan diikuti oleh Jorge Martin dan duo pembalap Yamaha Pabrikan di grup kedua.

Memasuki lap keenam, Bagnaia masih perkasa di depan diikuti oleh Zarco di posisi kedua. Juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir sendiri masih tertahan di posisi ke delapan. Fabio Quartararo mulai menunjukan taringnya di lap ke-7 dengan berhasil merengsek ke posisi ketiga setelah berhasil menikung Jack Miller. Takaaki Nakagami dari terjatuh di putaran ketujuh sehingga harus keluar dari balapan lebih awal.

Lap ke-10, masih Bagnaia dan Zarco di depan diikuti oleh Quartararo dan Vinales yang saling susul kali ini. Vinales sepertinya enggan harus diasapi oleh tandem barunya di tim Yamaha pabrikan selepas kepergian Valentino Rossi ke tim Petronas SRT. Dan akhirnya di lap ke-11, Vinales menempati urutan tiga memimpin terhadap Quartararo setelah memenangkan adu kebut di straight dan mulai mendekati ke duo Ducati didepannya.

Lap ke-12 Vinales berhasil mendekati Bagnaia setelah mendahului Zarco. Race pace Vinales seakan berbeda dibandingkan pembalap Yamaha lainnya. Pertengahan lap ke-14 Vinales sempat head to head dengan Bagnaia, namun Bagnaia mampu menutup celah dan tetap memimpin terhadap Vinales.

Menjelang akhir lap ke-14, Alex Marquez crash dan gagal melanjutkan lomba. Berarti tinggal duo pembalap Repsol Honda yang tinggal di lintasan.

Dan akhirnya di lap ke-15 Vinales mampu mendahului Bagnaia dan memimpin jalannya balapan. Joan Mir juga merengsek naik ke posisi ke-6 di belakang Jack Miller. Dan di lap ke-17, Zarco akhirnya mendahului Bagnaia untuk mengejar Vinales yang masih memimpin jalannya balapan kali ini. Vinales memimpin diikuti Zarco dan Bagnaia hingga lap ke-20.

Lap ke-20 Joan Mir berhasil menyusul Bagnaia dan mengamankan posisi sementara ketiga dibelakang Vinales dan Zarco. Mengawali balapan dari posisi start ke-10, kini Mir mampu berada dibelakang Zarco dan bersaing hingga akhir balapan. Lap ke-21, Vinales memimpin diikuti Zarco dan Mir.

Malam yang sempurna untuk Vinales dan Yamaha MotoGP

Lap terakhir, Vinales berhasil menjaga jarak dari Zarco di posisi kedua. Mir sempat mencuri posisi kedua dari Zarco di tikungan terakhir, namun performa Ducati kembali bicara saat memasuki trek lurus menjelang garis finish, dimana Zarco dan Bagnaia berhasil meraih podium dua dan tiga setelah mendahului Mir di beberapa meter menjelang garis finish. Bagnaia berhasil mencuri podium dari Mir setelah memanfaatkan slipstreaming di belakang Zarco yang mendahului Mir beberapa meter menjelang garis finish. Absolute Sensational Race bagi Vinales yang berhasil menjadi juara di seri perdana GP Losail, dan perjuangan Ducati juga luar biasa dengan masih dapat mengamankan podium dua dan tiga setelah menjalani pertarungan seru hingga garis finish melawan juara dunia 2020 Joan Mir.

Momen fantastis duo Ducati memenangi podium setelah melibas Joan Mir di beberapa meter menjelang garis finish. Dok. MotoGP.com

Balapan pembuka MotoGP 2021 memang mengesankan. Hampir semua pembalap di 3 baris terdepan fight habis-habisan mengejar podium. Sayang sekali kita tidak melihat nama pembalap gaek Valentino Rossi di top 10 kali ini. Rossi seakan tertatih sejak start, sehingga terlempat dari posisi 10 besar. Kebahagiaan yang sempurna untuk Vinales malam ini. Pembalap Yamaha Factory yang kini telah berganti status menjadi seorang suami dan calon ayah, dan malam ini menyempurnakannya dengan gelar juara di seri perdana MotoGP 2021 yang berlangsung di sirkuit Losail Qatar.

Anw, balapan MotoGP selanjutnya akan digelar kembali di sirkuit Losail Qatar pada tanggal 4 April mendatang. Dan sepertinya tahun ini akan kembali penuh kejutan di tiap serinya. So, let’s wait and see…

Hasil Top 10 Balapan MotoGP Losail Qatar 2021

  1. M. VIÑALES 42:28.663
  2. J. ZARCO +1.092
  3. F. BAGNAIA +1.129
  4. J. MIR +1.222
  5. F. QUARTARARO +3.030
  6. A. RINS +3.357
  7. A. ESPARGARO +5.934
  8. P. ESPARGARO +5.990
  9. J. MILLER +7.058
  10. E. BASTIANINI +9.288

About PapabikerZ 230 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan