Menanti Comeback Marquez untuk balapan MotoGP pekan ini

Halo Bikerzzz…
Minggu ini adalah gelaran MotoGP lagi, race ketiga yang berlangsung dari benua biru Eropa. Dan seri ketiga ini akan menjadi ajang spesial bagi pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Yaapss, pembalap pemegang titel delapan Juara dunia di ajang MotoGP ini akan kembali ke lintasan setelah sembilan bulan berkutat dengan cidera dan recovery pasca operasi.

Dikutip dari MotoGP.com, Sembilan bulan sejak terakhir memulai balapan dan bahkan lebih lama lagi sejak finis terakhir, saatnya telah tiba bagi Marc Marquez (Tim Repsol Honda) untuk kembali ke MotoGP ™. Ini merupakan jalan panjang menuju pemulihan setelah kecelakaannya di Jerez, dan menerjemahkannya ke dalam istilah balap membuatnya menjadi fokus: Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP), Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory) Racing), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) sekarang semuanya adalah pemenang balapan kelas utama. Mir adalah Juara Dunia MotoGP ™ pertama dalam sepuluh tahun yang tidak dipanggil Marc Marquez atau Jorge Lorenzo. Ducati adalah Juara Konstruktor dan Tim Suzuki Ecstar the Teams. Johann Zarco (Pramac Racing) memimpin Kejuaraan 2021, banyak di grid dengan warna berbeda dan beberapa rekan tanding yang sudah dikenal telah pergi. Beberapa wajah baru sama sekali dan bahkan ada seseorang yang berbeda di sisi lain garasi Tim Repsol Honda saat Pol Espargaro terus menetap. Ini semua terjadi dalam apa yang bagi banyak orang terasa seperti desakan yang mengasyikkan dan terengah-engah dan kemungkinan akan terasa begitu. Marquez menyukai bulan-bulan terpanjang dalam hidupnya. Tapi penantian sudah berakhir, dan Grande Premio 888 de Portugal segera dimulai.

Semua mata akan tertuju pada Marquez dari FP1, dan karena tidak balapan di Algarve tahun lalu, kemungkinan akan ada ribuan kata yang diberikan untuk menyeimbangkan dengan santai vs pengenalan trek vs kembali mengendarai motor MotoGP ™ setelah sekian lama vs mengharapkan delapan kali juara dunia untuk mencatat rekor putaran dalam lima detik. Beberapa akan mengharapkan jawaban dalam lima menit dan lainnya dalam lima Grand Prix, tetapi pertanyaannya sendiri adalah yang paling menarik. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat angka 93 dengan kekuatan penuh? Apakah tidak ada waktu sama sekali? Apakah semua orang menaikkan standar, atau apakah Marquez kembali untuk melakukan hal itu?

Berbicara tentang meningkatkan standar, itu adalah sesuatu yang pasti dilakukan Oliveira tahun lalu dalam balapan kelas utama pertamanya di kandang sendiri. Sudah menjadi pemenang MotoGP ™ pada saat paddock tiba di Portugal pada saat akhir musim, nomor 88 melesat keluar dari blok dan tidak bisa dikejar, membuatnya terlihat lebih mudah dari sebelumnya untuk membuat sejarah di era yang bisa dibilang paling dekat yang pernah ada. Karena kami kembali hanya beberapa bulan kemudian, ini adalah beberapa balapan yang sulit bagi KTM dalam perjalanannya sehingga pabrikan Austria akan mendapatkan banyak perhatian untuk melihat apakah mereka dapat mulai kembali ke jalur kemenangan yang membuat mereka menjadi bintang tahun 2020, seperti halnya Oliveira, yang akan sangat ingin menempatkan dirinya dan Portugal kembali ke posisi teratas di rumah. Rekan setimnya, Brad Binder, berhasil menyelesaikan KTM terbaik di Losail di urutan kedelapan, karena sirkuit Qatar selalu menjadi yang lebih sulit untuk marquez, jadi itu satu kotak yang dicentang dan dia akan tertarik untuk lebih banyak juga. Di sinilah para raksasa 2020 mulai menunjukkan lebih banyak kartu?

Sementara itu, Zarco yang disebutkan di atas tiba sebagai pemimpin Kejuaraan dan merupakan satu orang yang percaya grid menjadi lebih cepat pada tahun 2020. Tata letak Portimão tidak paling cocok untuk Ducati tahun lalu dengan pengecualian Jack Miller, sekarang di Ducati Lenovo Team, karena pembalap Australia itu menempati posisi kedua, tetapi alasan Ducati adalah juara bertahan Konstruktor dijelaskan oleh Direktur Olahraga Paolo Ciabatti di Portugal tahun lalu: Ducati sangat cepat di setiap trek, hanya saja tidak selalu sama. Jadi tugasnya adalah untuk sisa mesin Borgo Panigale – terutama Zarco dan Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) – untuk membuka rahasia Miller ke posisi kedua pada tahun 2020, dan bagi Miller adalah mengertakkan giginya sedikit setelah operasi pompa lengan dan mencoba dan kembali lebih dekat ke depan. Rookie lulusan Moto2 ™ juga akan menarik, datang dengan catatan kosong dan Jorge Martin (Pramac Racing) dengan pole dan podium kelas utama pertama. Bagaimana dia, Enea Bastianini (Avintia Esponsorama) dan Luca Marini (Sky VR46 Avintia) beradaptasi?

Yamaha memiliki tindakan penyeimbangan serupa yang diambil dari kunjungan pertama tahun lalu ke Algarve. Franco Morbidelli tampil mengejutkan untuk naik podium lagi karena mesinnya tampaknya mengalahkan pebalap pabrikan di akhir musim, tetapi sejauh ini pada 2021 keberuntungan telah sedikit terbalik ketika Fabio Quartararo dan rekan setim Monster Energy Yamaha MotoGP Maverick Viñales tiba dengan kemenangan. masing-masing; kedua dan ketiga di Championship. Mereka mengatakan tes kunci dari mesin 2021 adalah bagaimana menangani Portimão, jadi bagaimana cara menangani Portimão? Dan bisakah Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT), setelah kualifikasi pertama yang menakjubkan di Qatar sebelum meluncur ke bawah, kembali ke depan?

Untuk Suzuki, ada banyak pertanyaan yang belum terjawab di Algarve. Setelah memenangi gelar sebelum GP Portugal tahun lalu, Joan Mir mengalami bencana akhir pekan yang digambarkan sendiri karena ia memiliki masalah dalam latihan, lolos kualifikasi dan akhirnya ditarik selama balapan karena masalah mekanis. Rekan setimnya Alex Rins, sementara itu, mengatakan dia membuat pilihan ban yang salah – meninggalkan Suzuki dalam jumlah yang agak tidak diketahui. Pembalap penguji Sylvain Guintoli mengatakan setelah pengalaman pertamanya di trek di GSX-RR bahwa itu harus sesuai dengan motornya, jadi pabrik Hamamatsu bisa menjadi ancaman besar jika semuanya berjalan lebih mulus daripada edisi 2020.

Di Aprilia, dengan RS-GP yang hampir serba baru, hampir setiap akhir pekan mengajukan pertanyaan baru, dengan cara terbaik. Pabrik Noale lebih dekat daripada sebelumnya dengan pemenang MotoGP ™ milik Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresin) di Qatar, dan mesin baru ini sangat mengesankan. Sesampainya di Portimão, baru-baru ini juga menikmati memberikan tumpangan kepada VIP baru di sekitar Jerez karena veteran MotoGP ™ Andrea Dovizioso mencobanya. Lebih lanjut tentang itu dapat diharapkan setelah tes tiga hari mereka di Andalucia, tetapi semuanya tampaknya berada di jalur bagi pabrik Noale untuk terus tampil mengesankan pada tahun 2021.

Sepuluh besar terdekat dalam sejarah, 15 besar terdekat dalam sejarah, dan sekarang Juara Dunia delapan kali kembali ke paro. Untuk Marquez Portimão adalah wilayah yang belum dipetakan, sisanya itu wilayah yang agak lebih akrab, tetapi bagi semua orang di grid itu akan menjadi balapan akhir pekan yang sangat berbeda dengan yang terakhir: patokan sebelumnya sudah kembali, dan rollercoaster menunggu…
#MotoGP.com

About PapabikerZ 230 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan