HAI Chapter Padang gelar Bakti Untuk Nagari, Galang donasi untuk Pembangunan Masjid

Halo Bikerzzz…
Pasca lebaran Idul Fitri, aktivitas masyarakat perlahan mulai berangsur kembali normal seperti sedia kala. Walau masih dalam masa kehidupan New Normal yang mengharuskan semua orang untuk taat pada prosedur kesehatan untuk menanggulangi ancaman bahaya dari virus Covid-19, aktivitas masyarakat terus berlanjut termasuk di hari libur seperti hari ini. Nah, namanya hari Minggu, tentu banyak dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat untuk berlibur, setelah seminggu beraktivitas seperti bekerja, kuliah dll.

Dan tidak terkecuali bagi para member klub atau komunitas motor, hari minggu adalah waktunya berkelana bersama motor kesayangan, dan berkendara bersama rekan-rekan di klub ataupun komunitas masing-masing. Salah satu klub motor yang eksis di kota Padang sejak tahun lalu adalah Honda ADV Indonesia Chapter Padang. Sekitar 30an member dari Klub motor Honda ADV Indonesia Chapter Padang, hari ini Minggu 23 Mei 2021 kembali menggelar kegiatan setelah sebulan lebih absen sejak awal Ramadhan lalu.

Dan kali ini, kegiatan yang digelar adalah touring religi, dengan tema Bakti untuk Nagari yang mengunjungi sebuah Masjid bernama Baitul Mu’minin yang terletak di Sikabu Munto, Nagari Amping Parak Timur, kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Dinamakan Touring Religi, dimana hari ini para member dari HAI Chapter Padang berkunjung bukan hanya sekedar touring, namun juga hadir untuk menyalurkan donasi untuk pembangunan Masjid yang telah dimulai sejak dua tahun silam.

Dikarenakan terkena masa pandemi Covid-19, menyebabkan pembangunan Masjid terhambat. Dan untuk meneruskan pembangunan tersebut, para member dari HAI Chapter Padang menggalang dana dari kalangan internal dan eksternal demi mempercepat proses pembangunan Masjid kebanggaan warga Sikabu Munto tersebut.

Berangkat dari sekretariat HAI Chapter Padang yang terletak di Simpang Taruko I Kecamatan Kuranji, rombongan bertolak menuju lokasi dengan menempuh jarak sekitar 130km, melewati rute Padang, Teluk Bayur, Bungus, Tarusan, Painan, Batang Kapas, hingga finish di Surantih, kecamatan Sutera. Perjalanan dengan mengendarai motor kesayangan Honda ADV150 terasa begitu menyenangkan, terlebih sepanjang jalan disodorkan pemandangan alam khas kota Padang yang berada di pinggir laut.

Melaju bersama tiga puluhan orang member HAI Chapter Padang, perjalanan mulai memasuki perbatasan kota Padang yang memiliki trek jalan menanjak dan berkelok-kelok. Tanpa terasa, setelah menempuh perjalanan sekitar 83 kilometer dari kota Padang, rombongan telah sampai di Painan, ibukota dari Kabupaten Pesisir Selatan. Dari sini, rombongan berhenti sejenak di depan kantor Bupati Pesisir Selatan. Seyogyanya, keberangkatan hari ini, juga akan diikuti oleh Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd, namun dikarenakan ada keperluan mendadak terkait pekerjaan, maka rombongan HAI Chapter Padang berangkat bersama Asisten III Bupati yakni Hamdi, S.Pt., M.Si. Dan rombongan segera melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Sutera.

Dan akhirnya setelah menempuh jarak sekitar 130 kilometer perjalanan, rombongan sampai di Sikabu Munto, dan disambut oleh warga yang antusias menanti sedari pagi. Kegiatan langsung berlanjut dengan ramah tamah dan penyerahan secara simbolis bantuan dari puluhan orang member HAI Chapter Padang beserta dari pihak Pegadaian Syariah, Bank Nagari dll. Belasan juta Rupiah donasi yang disalurkan, diharapkan dapat membantu pembangunan Masjid Baitul Mu’minin.

Setalah menyerahkan bantuan, rombongan melanjutkan kegiatan dengan sholat Zuhur berjamaah, lalu dilanjutkan dengan makan bersama para warga dan pengurus Masjid. Suasana akrab penuh kehangatan terasa kental sekali, sambutan warga yang meriah, serta diselingi dengan kegiatan makan durian bersama, yang merupakan hasil kebun dari masyarakat Sikabu Munto dan sekitarnya, melengkapi kehangatan dan kebersamaan kali ini.

Komunitas Motor dan kehidupan sosial kemasyarakatan
Sebagai bagian dari Masyarakat, member dari sebuah klub atau komunitas motor tentu dapat turut berperan dalam berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat. Mulai dari ikut serta dalam kegiatan sosial, keagamaan, hingga berbagai sendi kehidupan bermasyarakat lainnya. Kehadiran member dari HAI Chapter Padang misalnya, selalu disambut dengan hangat pada berbagai kegiatan yang digelar, baik di kota Padang, maupun di kota atau kabupaten lainnya di Sumatera Barat.

Hal ini tentu juga telah jamak dilakukan oleh berbagai klub atau komunitas motor di Indonesia. Karena sudah seharusnya, menjadi member dari sebuah klub motor, kita bicara tentang sumbangsih bagi lingkungan, dari setiap member ataupun klub itu sendiri.

Dan perjalanan kali ini, adalah perjalanan kesekian kali yang dilakukan oleh member HAI Chapter Padang. Dan disetiap kegiatan yang digelar, selalu diselipkan kegiatan amal seperti berdonasi bagi rumah Tahfiz Qur’an, penanaman pohon, pembagian masker di masa pandemi Covid-19, pembangunan Mesjid, hingga berbagai ragam kegiatan amal lainnya. Hal ini senada dengan tagline dari Honda ADV Indonesia Chapter Padang yaitu “Born to Ride, Ride to Jannah”, sebuah tagline yang menyiratkan nilai-nilai kehidupan sosial dan agama, bagi kebaikan dan sumbangsih terhadap masyarakat.

Kegiatan amal yang dilakukan tentu dapat menghadirkan kebahagiaan bagi lingkungan, baik itu para Hafiz Qur’an, warga masyakat, hingga berbagai pihak yang terbantu, termasuk dalam hal ini pemerintah daerah. Selain menikmati perjalanan, para member HAI Chapter Padang juga kerap mempromosikan kegiatan mereka di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Belum lagi di beberapa channel YouTube para member, yang tentu saja akan membantu mempromosikan ikon pariwisata daerah yang dikunjungi.

Komunitas motor bukan geng motor. Itulah sebuah ungkapan yang menggambarkan betapa para member dari komunitas motor juga dapat memberi manfaat bagi lingkungan. HAI Chapter Padang adalah salah satu contoh dari komunitas yang sering terlibat dalam berbagai aktivitas sosial, semoga dapat terus berlanjut, menebar manfaat bagi sesama…
Proud to be HAI Chapter Padang…

#PapabikerZ

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 879 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan