Motor baru siap untuk menghadapi WorldSBK pada tahun 2021

Setelah musim 2020 yang mendebarkan, Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike bersiap untuk menjadi lebih dari pertempuran sepanjang musim dengan susunan baru, tim baru dan motor baru yang turun ke trek. Dua pabrikan, Kawasaki dan BMW, telah meluncurkan mesin baru untuk mengatasi persaingan pada 2021 sementara Yamaha, Ducati dan Honda membawa peningkatan pada mesin mereka saat ini karena mereka ingin bersaing dengan Kawasaki tahun ini.

Motor baru pertama yang diluncurkan adalah BMW M 1000 RR, dengan pabrikan Jerman berharap ini akan menjadi peningkatan yang signifikan dari S 1000 RR sebelumnya. Dengan penandatanganan baru Michael van der Mark (BMW Motorrad WorldSBK Team) bergabung dengan Juara Dunia 2013 Tom Sykes di tim pabrikan, ditambah dua tim satelit baru di grid dalam bentuk Bonovo MGM Racing dan RC Squadra Corse dengan pebalap Jonas Folger dan Eugene Laverty masing-masing, BMW akan berharap mereka dapat mengambil langkah maju di tahun 2021.

M 1000 RR hadir dengan banyak perubahan untuk kampanye 2021 dibandingkan dengan model S sebelumnya, dengan salah satu perubahan paling signifikan pada mesin baru. Potensi model baru ditunjukkan oleh van der Mark dalam Tes Catalunya ketika ia mencapai kecepatan tertinggi bersama, meskipun dengan potensi slipstream. Motor baru ini juga sangat fokus pada winglet untuk meningkatkan performa aerodinamis mesin, serta sistem rem baru, swingarm, dan sistem pembuangan, semuanya pada sasis yang dimodifikasi. Dengan semua perubahan pada motor, dan perubahan line-up, BMW berharap mereka dapat naik grid dan secara teratur memperebutkan tiang, podium, dan kemenangan.

Kawasaki adalah pabrikan lain yang membawa mesin baru untuk musim 2021 setelah meluncurkan ZX-10RR baru pada tes di Circuito de Jerez – Angel Nieto pada November dengan pembalap Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) dan Alex Lowes secara ekstensif. menguji mesin baru sepanjang musim dingin untuk memastikannya siap untuk kampanye baru.

Layaknya BMW, Kawasaki mengalami perubahan signifikan pada model 2021 termasuk mesin baru untuk meningkatkan performa. Motor baru ini juga memiliki fairing dan winglet baru karena mereka ingin meningkatkan performa aerodinamis, dengan ZX-10RR memiliki downforce sekitar 17% lebih banyak daripada model sebelumnya, membantu mengendalikan motor lebih banyak lagi. Di samping perubahan aerodinamis, ada item baru termasuk titik poros lengan ayun, pengerjaan depan, dan penyesuaian panjang lengan ayun.

Dua motor baru di grid dikombinasikan dengan upgrade ke Yamaha YZF R1, Ducati Panigale V4 R dan Honda CBR1000 RR-R – dengan tiga pabrikan yang tersisa ingin meningkatkan kinerja pada mesin mereka untuk menantang Kawasaki dan Rea untuk Pabrikan. dan Kejuaraan Penunggang – berarti kampanye WorldSBK 2021 tampaknya akan menjadi musim pertarungan jarak dekat yang mendebarkan.
Menarik untuk ditunggu, seri perdana World Superbike 2021 yang akan berlangsung dari sirkuit Aragon Spanyol pada 21-23 Mei mendatang. Dengan 13 seri yang dijadwalkan termasuk Mandalika di putaran pamungkas, semoga jalannya balapan tahun ini juga akan lancar tanpa terkendala.

WorldSBK.com

About PapabikerZ 230 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan