Hasil GP Belanda 2021, Quartararo dominan, Yamaha podium 1-2

Podium Juara MotoGP Belanda 2021

Halo Bikerzzz…

Fabio Quartararo meraih kemenangan meyakinkan di ajang balapan MotoGP. Kemenangan yang mengantarkannya makin kokoh di pucuk klasemen sementara pembalap MotoGP 2021.

Untuk keempat kalinya pada tahun 2021 Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) mencicipi kemenangan setelah memberikan performa yang sempurna di Cathedral of Speed untuk memimpin pabrikan Yamaha 1-2 di Motul TT Assen. Maverick Viñales naik dari posisi terakhir di Jerman menjadi posisi kedua di Belanda, kembali ke performa yang fantastis, saat Juara Dunia Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar) berjuang untuk meraih podium ketiga musim ini.

Podium Juara MotoGP Belanda 2021

Quartararo dan Yamaha tak terhentikan
Viñales polesitter dan tempat kedua Quartararo mendapat peluncuran yang sangat bagus saat lampu padam. Quartararo sedikit lebih baik, pria Prancis itu memotong hidung rekan setimnya di Tikungan 1 dan pemimpin pengejaran gelar meraih holeshot. Bagnaia memimpin balapan dan mendorong Vinales

ke P5, saat Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) melakukan lompatan Lap 1 untuk memimpin di Tikungan 8. Jaraknya dekat antara Quartararo dan Pecco, jalan keluar mereka dikompromikan, Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) naik bersama pasangan itu saat Quartararo berlari kencang ke Tikungan 9. Bagnaia mengucapkan terima kasih banyak, pebalap Italia itu sekarang memimpin.

Quartararo jauh lebih cepat melalui kekusutan unik Assen saat berlari menuju chicane terakhir. Pada chicane tersebut, Quartararo bergerak tetapi melebar, dan Bagnaia membuat GP21-nya berdiri dan melesat ke belakang. Ini terjadi lagi pada Lap 6, sebelum Lap 7 melihat Quartararo merebut P1 melalui Tikungan 12 dan 13. Seberapa pentingkah hal itu untuk dibuktikan? Sementara itu, Nakagami masih menahan Vinales, dengan garis belakang Johann Zarco (Pramac Racing), Mir dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing).

Dua 1:32.8s membuat Quartararo melebarkan keunggulan 1,2 detik ke Bagnaia di Lap 9. Pada Lap 11, jarak itu naik menjadi 2,5 detik karena Bagnaia sekarang harus fokus untuk menjaga Nakagami di belakangnya. Pembalap Jepang melewati pembalap Ducati di Lap 11 melalui tikungan cepat, tetapi Bagnaia meraih P2 kembali di depan lurus. Vinales, Zarco, Mir dan Oliveira semuanya menunggu di sayap. Itu adalah salinan dan tempel Nakagami vs Bagnaia beberapa lap kemudian, sebelum Bagnaia diberi penalti putaran panjang karena terlalu sering melampaui batas lintasan.

Di Lap 15, ada banyak aksi. Bagnaia terjun ke dalam lingkaran penalti putaran panjang, rekan setimnya Miller jatuh tanpa cedera di Tikungan 5. Sementara itu, Nakagami didahului

oleh Mir di tikungan yang sama dan sekarang Vinales di tempat kedua, empat detik di belakang pemimpin pelarian Quartararo. Miller bergabung kembali tetapi diberi bendera hitam dan bendera oranye, yang berarti pebalap Australia itu keluar dari perlombaan. Mir melewati Zarco di Tikungan 5 dengan delapan lap tersisa dan ke tempat ketiga, Oliveira berjarak sekitar setengah detik dari Zarco di urutan kelima.

Kesenjangan turun menjadi 2,5 detik dengan dua lap tersisa antara Quartararo dan Viñales. Tetapi tidak ada yang mengejar El Diablo di Assen saat pria Prancis itu merasakan kegembiraan Belanda pada tahun 2021. Dan hasil ini adalah perolehan 25 poin keempat musim ini untuk memperpanjang Kejuaraannya. keunggulan menjadi 34 poin menjelang jeda musim panas. Vinales menghasilkan kecepatan akhir balapan yang mengesankan dengan ban depan lunak, tetapi itu tidak cukup untuk menggulung Quartararo. Namun demikian, setelah finis terakhir di Sachsenring, P2 bagi pembalap Spanyol itu merupakan upaya yang luar biasa karena nomor 12 kembali ke podium untuk pertama kalinya sejak kemenangannya di GP Qatar. Podium Mir adalah yang ketiga musim ini, satu lagi perjalanan comeback brilian dari P10 di grid.

Pencetak poin tersisa di TT Belanda
Pembalap Ducati di Assen adalah Zarco di tempat keempat. Pembalap Prancis itu hanya berjarak 0,3 detik dari podium terakhir, dengan tempat kelima Oliveira harus menyerah mengejar para peraih podium – pembalap Portugis itu mengakhiri hari dengan P5, 8.4 detik dari kemenangan. Bagnaia pulih ke P6 setelah penalti putaran panjangnya, pekerjaan penyelamatan yang solid dari pembalap Italia, yang mengalahkan Marc Marquez (Tim Repsol Honda) dengan 0,075 detik. Juara Dunia delapan kali, start dari urutan ke-20, babak belur dan memar akibat pukulan besar pada hari Jumat, menyatukan perjalanan yang luar biasa untuk mengamankan posisi ke-7 di Belanda. Semua pembalap termasuk Marquez akan beristirahat lima minggu lamanya.

Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) bertarung dengan Pecco dan Marc Marquez, pebalap Aprilia membawa pulang P8, dengan Nakagami tergelincir ke P9 setelah paruh pertama balapan yang begitu kuat. Pol Espargaro (Tim Repsol Honda) mengambil bendera kotak-kotak dengan P10 yang sepi.

Alex Rins (Tim Suzuki Ecstar) terlibat dalam insiden Tikungan 10 dengan Zarco di tengah race pembukaan, pebalap Spanyol itu berada di dalam pertarungan 10 besar sebelum melakukan perjalanan melalui kerikil. Rins menundukkan kepalanya dari tempat terakhir dan mencakar jalannya kembali ke P11. Posisi tersebut tidak ada tidak berubah hingga ujung balapan. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) start P21 dan finish P12. Berjarak enam detik di depan Danilo Petrucci (Tech3 KTM Factory Racing) di urutan ke-13. Alex Marquez (LCR Honda Castrol) dan Enea Bastianini (Avintia Esponsorama) membawa pulang sisa poin. Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini), Garrett Gerloff (Petronas Yamaha SRT) dan Luca Marini (SKY VR46 Avintia) menjadi finisher lainnya .

Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) jatuh di Tikungan 7, kondisinya oke, dengan Iker Lecuona (Tech3 KTM Factory Racing) jatuh tanpa cedera di Tikungan 17. Jorge Martin (Pramac Racing) mundur di tengah balapan.

Jadi Quartararo berdiri di atas podium lagi. Orang Prancis itu berada di puncak dunia saat kita mencapai titik tengah tahun 2021. Adakah yang bisa menghentikan Quartararo pada bulan Agustus dan seterusnya? Siapa tahu. Balapan MotoGP akan dilanjutkan pada bulan Agustus mendatang, GP Styrian akan digelar berikutnya pada 6-8 Agustus, saat perebutan gelar MotoGP™ dilanjutkan di Red Bull Ring yang menakjubkan.

10 besar balapan MotoGP Belanda 2021:

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP)
  2. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 2,757
  3. Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar) + 5.760
  4. Johann Zarco (Pramac Racing) + 6.130
  5. Miguel Oliveira (Balapan Pabrik KTM Red Bull) + 8.402
  6. Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) + 10.035
  7. Marc Marquez (Tim Repsol Honda) + 10.110
  8. Aleix Espargaro (Tim Balap Aprilia Gresini) + 10.346
  9. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 12.225
  10. Pol Espargaro (Tim Repsol Honda) + 18.565

#MotoGP.com

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan