Breaking News: Dani Pedrosa turun ke lintasan GP Styria sebagai pembalap Wild Card

Halo Bikerzzz…
Dani Pedrosa, sang pensiunan pembalap MotoGP asal Spanyol, akan kembali ke lintasan balap MotoGP Styria. Namun kali ini, Dani bakal turun sebagai pembalap Wild Card alias pembalap non-reguler yang berhak tampil di lintasan balap MotoGP pada seri yang ditentukan.

Kabar ini didengungkan oleh MotoGP melalui press rilisnya hari ini, dengan judul Pembalap penguji Red Bull KTM Factory Racing Dani Pedrosa akan kembali tampil berpacu ke MotoGP™ di Grand Prix Michelin Styria. Wah, Breaking news yang udah ketebak sih aslinya sejak beberapa bulan lalu.

Seperti disadur dari MotoGP.com, tiga tahun setelah penampilan terakhirnya di MotoGP™, Dani Pedrosa akan membuat comeback sensasional ke kelas utama. Yakni di Grand Prix Michelin Styria saat pembalap Spanyol itu membuat penampilan wildcard dengan skuad pabrik KTM. Legenda MotoGP berusia 35 tahun pensiun dari balap penuh waktu dengan 31 kemenangan dan 112 hasil podium dari 13 musim di kelas utama antara 2006 dan 2018. Sejak 2019 ia telah menjadi bagian integral dari program pengembangan KTM untuk MotoGP dan dengan KTM RC16. Yang memulai debutnya di Gran Premio de la Comunitat Valenciana 2016 dan kemudian bergabung dengan grid secara permanen pada tahun 2017.

Pedrosa selesai di lima besar kejuaraan MotoGP 11 kali dari 13 kampanye dan merupakan runner-up tiga kali. Grand Prix terakhir pembalap Spanyol itu hampir seribu hari yang lalu dengan acara 2018 di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia di mana ia diklasifikasikan ke-5. Dia telah berbagi trek balap dengan bidang MotoGP saat ini di IRTA dan hari tes pribadi. Red Bull Ring akan mewakili balapan pertamanya bersama KTM.

Atlet Red Bull jangka panjang akan mengarahkan versi pengembangan yang disesuaikan dari KTM RC16 untuk mendapatkan data berharga lebih lanjut dalam kondisi Grand Prix.

“Sangat menarik menjadi bagian dari proyek ini sejak awal dengan KTM di MotoGP dan dapat berbagi pengalaman saya dengan mereka. Selangkah demi selangkah kami melakukan yang terbaik yang kami bisa. Dan sekarang menarik lagi untuk balapan karena memberi Anda perspektif yang berbeda dibandingkan dengan tes normal. Sudah lama sejak balapan terakhir saya dan, tentu saja, mentalitas untuk GP sangat berbeda dengan tes.

Dani Pedrosa – KTM MotoGP Test Rider

“Fokus saya untuk GP adalah mencoba menguji hal-hal yang kami miliki pada motor dalam situasi balapan. Saya ingin memahami permintaan yang mungkin dimiliki pembalap untuk sesi dan fitur teknis yang berbeda. Menonton dari rumah saya dapat merasakan peningkatan pada motor. Dan balapan untuk lebih memahami tentang MotoGP sekarang, teknologi baru dan cara balapan dan menggunakan strategi melawan yang lain, kami akan membuat wildcard ini. Sulit untuk membicarakan ekspektasi saya setelah begitu lama meninggalkan kompetisi. Mungkin semua masuk ke mentalitas balap atau mungkin tidak, tetapi kami akan mencoba menikmati akhir pekan sebanyak yang kami bisa.”

“Ini akan membuat penasaran untuk melihat Dani di MotoGP lagi. Dia telah absen dari balapan untuk waktu yang cukup lama. Tetapi akan sangat berharga untuk memilikinya di garasi di Red Bull Ring untuk menganalisis bagian yang kuat dan tidak terlalu kuat dari paket KTM RC16 kami dalam kondisi GP. Dan itu akan memberinya indikasi yang baik untuk pekerjaan pengujiannya.Dani memiliki pengaruh besar dalam proyek MotoGP kami berkat semua pengalamannya.

Mike Leitner – Manajer Balap KTM Red Bull

“Perusahaan bekerja dan berusaha keras untuk mengikuti permintaannya, bersama dengan [Kallio] Mika. Dani adalah referensi yang baik karena dia pensiun pada akhir 2018 saat masih di puncak olahraga. Dan kita dapat melihat beberapa pengaruhnya di keberhasilan KTM RC16 saat ini. Dia akan memiliki campuran motor balap saat ini dan beberapa peningkatan kecil. Dan dia akan menjalani beberapa pengujian selama akhir pekan, tetapi kami juga tidak ingin membebaninya. Kami ingin dia menikmati Grand Prix! Ada banyak pembalap muda dan kuat di MotoGP saat ini, jadi dia akan sibuk tapi ini adalah cara yang baik baginya untuk belajar lebih banyak dan merasakan benchmark saat ini dalam olahraga dan ini akan membantu kami untuk pengujian di masa depan.”

Well, GP Styria sendiri baru akan berlangsung pada 8 Agustus mendatang. Artinya, ada 19 hari waktu bagi Dani dan KTM untuk mempersiapkan diri. Membalap dengan status wild card memang tidak akan berlangsung penuh hingga akhir musim, tapi setidaknya, ada banyak parameter yang dapat dicapai dengan wildcard itu sendiri.

Dani pribadi telah tiga tahun tidak membalap sejak pensiun, dan kali ini Dani akan satu lintasan bersama dengan para pembalap MotoGP. Tidak hanya pembalap KTM, tapi juga ada pembalap langganan Podium seperti dari Yamaha, Ducati dan Honda tentunya. Suzuki dan Aprilia pun tentu gak bisa dikesampingkan. Balapan di putaran kedua akan jadi pembuktian, siapakah yang akan meraih gelar juara dunia tahun ini…
#MotoGP.com

About PapabikerZ 325 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan