Meninggalkan motor dalam waktu lama, ketahui dulu tipsnya biar aman

Halo Bikerzzz…

Di beberapa momen, seringkali kita harus meninggalkan motor di rumah dalam waktu lama. Misalnya pas mudik pulang kampung waktu lebaran, cuti panjang di kantor, atau mungkin pada saat libur sekolah dan kuliah. Pulang kampung boleh kan ya, kan bukan mudik, wkwkwkwk.

Nah kalau meninggalkan motor dalam waktu beberapa hari, mungkin udah biasa. Tinggal panaskan motor terlebih dahulu sebelum mulai berkendara, beres deh. Tapi bagaimana kalau meninggalkan motor dalam waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan! Pasti beda perlakuan dong. Disadur dari FIFGroup.co.id, Meninggalkan sepeda motor terlalu lama bisa membuat sepeda motor mengalami penurunan kondisi, atau bahkan bisa menjadi kerusakan. Untuk itu, kamu tetap harus melakukan perawatan biar nantinya sepeda motor kamu tidak mengalami kendala ketika akan digunakan kembali.

Dan berikut beberapa tips yang berguna saat harus meninggalkan motor dalam waktu lama;

Bersihkan Sepeda Motor
Membersihkan sepeda motor sebelum ditinggalkan dalam waktu yang lama ini sangat penting untuk dilakukan, mencuci sepeda motor sampai bersih ini bisa menghindari karat di sepeda motor.

Kosongkan Tangki
Sebaiknya mengosongkan tangki bahan bakar sebelum meninggalkannya. Bahan bakar yang ada di dalam tangki dapat menguap dan memicu timbulnya karat.

Beri Alas
Posisikan sepeda motor dengan standar tengah, setelah itu beri alas pada bagian ban depan untuk menghindari ban kempes karena menempel langsung pada lantai. 

Selain itu, untuk yang menggunakan cairan anti bocor, sebaiknya posisikan pentil ban ada di bagian atas agar cairan tidak menggumpal di pentil ban.

Ganti Oli
Gantilah oli yang lama dengan oli yang baru karena di dalam oli lama sudah banyak kotoran yang mungkin akan mengendap dan membuat karat. Jadi, kalian bisa mengganti oli yang baru dan panaskan sepeda motor agar mesin terlumasi sempurna.

Cabut Aki
Aki yang tidak dicabut bisa membuat aki soak karena terus mengalirkan listrik ke komponen sepeda motor, jadi sebaiknya kamu mencabut aki sebelum sepeda motor ditinggal dalam waktu lama.

Kalau kamu ingin bepergian dalam waktu yang lama dan harus meninggalkan sepeda motor di rumah, dapat memakai tips di atas ini agar tidak khawatir saat meninggalkan sepeda motor. Motor terjaga lebih awet dan tetap nyaman digunakan.
#federaloil.co.id

About PapabikerZ 343 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan