Pentingnya Merawat V-Belt Sepeda Motor

Halo Bikerzzz…
Bagi para pengguna motor Matic, tentu udah pada tau dong kalau motor Matic punya moda penggerak yang berbeda dari motor bebek ataupun motor sport. Nah jika di motor bebek atau sport ada rantai, maka di motor matic ada belt. Melakukan perawatan dan pemeriksaan v-belt sepeda motor secara rutin penting untuk dilakukan. Supaya potensi terjadinya kerusakan pada komponen yang berhubungan dengan v-belt dapat dicegah.

Permasalahan yang muncul akibat kerusakan v-belt tak cuma menimbulkan ketidaknyamanan berkendara, tapi juga berpotensi menimbulkan bahaya saat v-belt putus ketika sedang berkendara.

Kondisi v-belt putus memang jarang terjadi. Tapi potensi itu bisa terjadi jika pemilik sepeda motor tak memberi perhatian atau tak melakukan perawatan secara rutin sesuai anjuran pabrikan.

Usia pakai v-belt sendiri bisa sampai 24 ribu kilometer atau 2 tahun. Tapi kembali lagi, kondisi itu tergantung dari cara bekendara dan perawatan yang dilakukan pengendara pada motornya.

Beberapa hal buruk bisa terjadi pada v-belt jika pemilik kendaraan tidak melakukan permeriksaan dan perawatan secara rutin sesuai anjuran pabrikan, diantaranya;

  1. V-belt aus dan menimbulkan bunyi
  2. Akselerasi kendaraan menurun
  3. V-belt retak
  4. V-belt putus

Hal tersebut bisa dicegah dengan cara melakukan perawatan sepeda motor secara berkala. Serta melakukan pemeriksaan rutin v-belt setiap 8 ribu kilometer atau setidaknya setiap 8 bulan sekali.

Jika hal itu dibiarkan, bukan tak mungkin kerusakan yang terjadi pada bagian CVT akan lebih parah. Kerusakan bisa menjalar ke beberapa komponen lain seperti rusaknya roller, rumah roller, atau bahkan crank shaft.

Untuk itu, rutinlah membawa sepeda motor kesayangan ke bengkel AHASS terdekat. Hal ini bertujuan untuk mendapat perawatan dan pemeriksaan secara berkala dari mekanik berpengalaman. Dengan begitu, uang yang dikeluarkan bisa lebih kecil daripada harus mengeluarkan uang untuk mengganti komponen yang rusak.
#AHM

About PapabikerZ 343 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan