Cara Mengetahui Oli Mesin Berkurang apa Tidak, Bisa Dilakukan Sendiri

Halo Bikerzzz…
Sebagai Bikerz yang saban hari berkendara bersama motor kesayangan, tentu kita juga harus memperhatikan perawatan motor kita dengan cermat. Perawatan yang gak hanya dengan menjaga kebersihan kendaraan, melainkan juga harus dengan memperhatikan jadwal servis dan ganti oli secara berkala.

Nah, beberapa dari kita mungkin gak sempat nih berlama-lama di bengkel, baik buat servis motor, maupun buat sekedar melakukan penggantian oli motor. Tapi tahukah kalian, ternyata, kita juga bisa ganti oli motor sendiri kok, gak perlu harus ke bengkel.

Oli merupakan sala satu pelumas yang paling penting kendaraan bermotor. Tanpa adanya oli, jika motor tanpa oli mesin tidak akan bisa bekerja secara maksimal, yang akan membuat gesekan antar besi satu sama lain aus, yang akhirnya merusak komponen dalam mesin. 

Karena oli pada mesin sangat penting,kamu wajib selalu mengecek oli secara berkala. Karena sifatnya yang cair dan bisa menguap, bisa jadi volume oli di mesin berkurang, bisa juga sampai habis.
 
Berikut beberapa cara melakukan pengecekan oli mesin dari Federal Oil, yang bisa kamu lakukan juga sendiri di rumah;

1. Tempatkan Motor Di tempat yang rata
Parkir motor di permukaan yang rata. Hal ini bertujuan agar kualitas pengecekan oli jadi lebih akurat. Karena permukaannya akan menentukan kesejajaran cairan oli yang ada di dalam mesin. 

2. Pakai Penyangga Tengah
Masih dengan alasan yang sama, menggunakan standar tengah bertujuan agar pengukuran atau pengecekan dilakukan secara lebih akurat lagi. 

3. Dinginkan Mesin
Oli akan langsung bekerja ketika mesin menyala. Oleh karenanya ketika motor baru saja mati, oli mesin bisa saja masih tersangkut di part – part mesin yang membutuhkan pelumasan. 

Dengan adanya upaya untuk mendinginkan mesin, oli akan cepat turun ke “rumahnya” dan akan memudahkan kita untuk mengecek seberapa banyak oli yang ada di dalam motor kita. 

Kalaupun mesin belum terlalu dingin, biasanya oli masih belum terkumpul secara utuh. Jadi bersabar dulu. Sambil nunggu mesin dingin.

4. Buka Penutup Oli Mesin
Buka secara perlahan supaya tutupnya tidak lecet kena gesekan tang. Setelah itu Kamu akan menemukan semacam stik panjang di dalam tutup oli tersebut. Nah itu yang akan kita cek nantinya.

5. Bersihkan Dulu Ujung Penutup Oli
Stik tersebut bernama deepstick. Fungsinya untuk mengukur sejauh mana oli mesinmu menyusut. Nah, sebelum digunakan untuk mengecek oli, bersihkan dulu deepsticknya dengan lap atau apapun yang bisa membersihkan. Setelah itu tutupkan lagi tutup oli secara perlahan.

6. Cek Ketinggian Oli 
Di sini kita akan ngecek ketinggian oli. Biasanya di deepstick ada indikator  upper level maupun lower level. Nah jika bercak oli masih ada di daerah upper level, maka Kamu gak perlu khawatir akan kekurangan oli. Namun jika udah ada di lower level, berarti butuh di tambahin tuh oli mesinmu. 

Jangan lupa untuk cek warna oli mesinmu. Kalau masih kuning kecoklatan, bisa jadi keadaan oli mesinmu masih bisa digunakan lebih lama lagi. Namun jika warnanya sudah kehitam – hitaman, ada baiknya untuk segera mengganti olimu dengan oli yang baru. 

Oli yang sudah hitam tidak akan optimal dalam memberikan pelumasan pada mesin. Dan juga oli dengan warna hitam akan mudah untuk menguap. Jadi pastikan Kamu menggantinya jika sudah berwarna seperti ini. 

#Papabikerz

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan