Autokaget: Segini biaya perpanjangan SIM C di kota Padang!

Halo Bikerzzz…
Hari ini Selasa 18 Oktober 2022, gue bermaksud untuk mengurus perpanjangan SIM C yang kebetulan masa berlakunya habis minggu ini. Yaapss, ketimbang mati dan harus ulang bikin baru lagi, tentu perpanjangan adalah solusi yang harus diambil.

Karena gak etis dong masa Papabikerz SIMnya mati, bikerz macam apa itu kan gaeess, wkwkwk…

Nah jadi karena pengurusan SIM itu bisa dengan beberapa cara, seperti Gerai SIM keliling Polresta atau Ditlantas Polda, dan gerai SIM di Polresta, maka gue pribadi memilih SIMLING atau SIM Keliling dengan harapan prosesnya akan lebih cepat dan gak perlu antri lama-lama.

Dari beberapa sumber yang gue baca di Internet, rata-rata memuat biaya perpanjangan SIM C itu gak sampai Rp 200.000, dengan rincian Perpanjangan Rp 75.000, kir kesehatan Rp 50.000 dan Test Psikologi sebesar Rp 50.000 – Rp 100.000. Yaa kalau dirata-rata paling di angka Rp 200.000, yaa masih terjangkau lah bagi kebanyakan orang.

Persyaratan dan urutan proses Perpanjangan SIM C

Nah setelah menempuh perjalanan dari Kantor menuju ke lokasi SIM Kelilingnya, gue ikutin semua prosedur dari awal. Adapun untuk perpanjangan SIM C, persyaratannya adalah sbb;

  1. SIM lama yang masih berlaku
  2. Foto Copy KTP 2 lbr

Urutan perpanjangan SIM C dan rincian biayanya di loket SIM Keliling adalah sbb;

  1. Mendaftar dan menyerahkan Copy KTP serta SIM lama di petugas Test Psikologi, biayanya Rp 200.000
  2. Membayar KIR Kesehatan Rp 50.000 dan biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp 75.000,-
  3. Lalu akan dites penglihatan kiri dan kanan dengan menggunakan metode Snellen Chart oleh orang klinik yang stand by diatas mobil SIM Keliling.
  4. Dipanggil oleh petugas Polisinya untuk verifikasi data
  5. Lanjut ke pemotretan untuk foto SIM, biasanya disini nih kadang petugasnya main cepat aja, sehingga banyak yang komplain soal hasil foto SIM, wkwkwk
  6. Menunggu SIM dicetak dari printer, biasanya cuma beberapa menit doang, lalu SIMnya diserahkan deh.
    Total waktu jika tidak antri sekitar 10-20 menit, dan total biaya Rp 325.000,-

Yang bikin kaget adalah biaya Psikologi. Test Psikologi memang diberikan kepada setiap orang yang mengajukan pembuatan baik SIM Baru maupun SIM Perpanjangan. Namun yang bikin gue kaget adalah, ternyata di kota Padang, biayanya jauh lebih tinggi gaaeess.

SIM kelima Papabikerz nih, alias udah empat kali perpanjangan sejak pertama bikin SIM di 2002 silam.

IMHO, tarif pembuatan SIMnya kelewatan nih. Lebih mahal psikotes ketimbang biaya pengurusan perpanjangan SIMnya, wkwkwkwk.

Gue coba bertanya kepada petugas yang menerima gue di meja pendaftaran, dan dengan enteng, doi menjawab bahwasanya memang ada kenaikan di tarif Psikotest pada setiap pengurusan SIM baru maupun perpanjangan dibandingkan tahun lalu. “Iya pak, biayanya emang segitu pak, dari tahun lalu itu naik Rp 40.000 untuk biaya Psikotesnya”, demikian ungkap petugas yang menerima gue hari ini.

Well, jadi kalau kalian nih warga Kota Padang, pengen perpanjang SIM C, mesti siapin duit segitu ya gaaeess. Itu minimal lho, belum lagi biaya lain seperti parkir, ataupun kalian yang pengen makan dan minum sembari menunggu antrian pengurusan SIM di loket SIM Keliling yang beralamat di Jl Dr Hamka no.31C kota Padang ini.
Well, ternyata biayanya segitu ya gaaees. Angka Rp 325.000 jelas bukan angka yang sedikit bagi banyak orang. Mungkin kalau SIM baru sih okelah yaa, tapi kalau SIM Perpanjangan, hmm kelewatan sih tarifnya. Tapi, mengingat fungsi SIM ini juga penting dan berlaku lima tahun, ya ketimbang repot di jalan ketemu Polisi Razia, mau tidak mau ya harus dibikin juga sih.
Anw, bagaimana menurut kalian nih gaeess…
#Papabikerz

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan