Alex Rins juarai GP Valencia, Bagnaia raih gelar juara Dunia MotoGP 2022

Halo Bikerzzz…

Balapan MotoGP terakhir tahun 2022 berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo Valencia. Dan Alex Rins dari Tim Suzuki Ecstar berhasil menjadi yang terbaik dengan memenangi balapan di depan Brad Binder dan Jorge Martin.

Balapan yang berjalan sengit sejak lampu start padam, semua pembalap tampil ngotot sejak awal lomba, tidak terkecuali Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo yang bahkan sempat bersenggolan di awal balapan. Hingga akhirnya, 27 lap balapan GP Valencia berakhir dengan Alex Rins yang menjuarai balapan dengan meyakinkan sejak dimulai. Serta juara dunia yang baru di tahun ini di kelas MotoGP, Francesco Bagnaia.

Jalannya balapan

Balapan dimulai dengan baik oleh semua pembalap. Alex Rins memimpin awal balapan didepan Jorge Martin dan Marc Marquez. Di lap kedua, ada kontak fisik antara dua petarung gelar Juara Dunia yakni Bagnaia dengan Quartararo. Mereka ada di posisi kelima dan keenam dan terlibat duel yang ketat dengan bersentuhan satu sama lain saat menikung.

Lap Ketiga, Rins masih memimpin di depan Martin dan Marquez. Dan di lap keempat, Quartararo akhirnya berhasil mendahului Bagnaia untuk berada di posisi kelima. Pol Espargaro dan Daryn Binder crash di lap kelima. Repsol Honda tinggal diwakili oleh Marquez di trek. Sementara itu Quartararo masih berjuang menahan gempuran Bagnaia dan mulai mendekat ke top group.

Lap keenam Jack Miller berhasil mendahului Marquez untuk posisi keempat. Sementara itu Aleix Espargaro retired dan kembali ke pit, Quartararo mulai berjarak dari Bagnaia. Lap kesembilan, Brad Binder berhasil menyalip Bagnaia untuk mengambil posisi keenam. Bagnaia sepertinya kurang nendang di awal-awal balapan.

Lap kesepuluh, Marc Marquez crash dan berhenti dari balapan. Alex Rins masih memimpin jalannya lomba di depan Martin dan Miller. Sementara itu Quartararo mulai menunjukan taringnya dengan berada di posisi keempat dan jarak 1,7 detik dari grup terdepan. Lap ke-14 Joan Mir berhasil mendahului Bagnaia untuk menempati posisi keenam. Bagnaia semakin kehilangan kecepatannya.

Lap ke-17, Zarco crash. Maverick Vinales juga retired dan kembali ke pit. Lap ke-18, Brad Binder berhasil mendahului Quartararo untuk berada di posisi keempat. Lap ke-19, Bagnaia malah didahului oleh Luca Marini dan berada di posisi kedelapan. Lap ke-23 Jack Miller crash, Ducati Lenovo tinggal menyisakan Bagnaia di trek. Lap ke-26, Brad Binder berhasil mendahului Martin untuk merebut posisi kedua. Hingga akhinya bendera finish dikibarkan, Alex Rins berhasil menjuarai race kali ini diikuti oleh Brad Binder dan Jorge Martin di posisi kedua dan ketiga. Sementara itu Bagnaia sendiri berada di posisi kesembilan.

Bagnaia Juara dunia MotoGP 2022

Dengan berhasil menempati posisi kedelapan, sementara Quartararo cuma ada di posisi keempat, artinya Bagnaia berhasil menjaga jarak di klasemen akhir dari Quartararo. Artinya akhirnya Ducati memiliki juara dunia lagi sejak terakhir kali tahun 2007 sejak era Casey Stoner.

Juara dunia MotoGP 2022 Francesco Bagnaia

Pecco Bagnaia sendiri berhasil menjadi juara dunia tahun ini dengan perjalanan yang mengagumkan. Sempat tertinggal 91 poin dari Quartararo di pertengahan musim, Bagnaia berhasil meraih hasil bagus berturut-turut dan berhasil memimpin 23 poin di seri Sepang Malaysia. Di seri Valencia, Bagnaia memimpin 17 poin dari Quartararo dan 46 poin dari Enea Bastianini.

Hasil Race MotoGP Valencia

POS#RIDERGAP
142A. RINS41:22.250
233B. BINDER+0.396
389J. MARTIN+1.059
420F. QUARTARARO+1.911
588M. OLIVEIRA+7.122
636J. MIR+7.735
710L. MARINI+8.524
823E. BASTIANINI+12.038
963F. BAGNAIA+14.441
1021F. MORBIDELLI+14.676

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan