Apa sih Oil System Cleaner itu?

Halo Bikerzzz…

Penggunaan oli yang tepat untuk mesin sepeda motor jelas sangat penting. Selain untuk melumasi setiap komponen mesin yang saling bergesekan, penggunaan oli yang tepat juga membantu menjaga komponen mesin tetap terawat dan terjaga kondisinya. 

Saking pentingnya, Astra Honda Motor sebagai produsen sepeda motor Honda menghadirkan oli SPX dan MPX yang diformulasikan sesuai dengan kebutuhan mesin sepeda motor Honda. 

Melengkapi kebutuhan perawatan mesin, maka diperlukan Oil System Cleaner untuk menjaga kebersihan jalur pelumas mesin hingga kinerja mesin sepeda motor tetap dalam kondisi optimal.  

Oil System Cleaner ini dibutuhkan untuk menghindari atau membersihkan oil sludge atau endapan kotoran seperti bubur di dalam jalur pelumasan mesin.  

Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya oil sludge atau endapan kotoran di dalam jalur pelumasan mesin, diantaranya:

  • Telat / tidak teratur melakukan penggantian oli. 
  • Waktu penggantian oli berdasarkan rekomendasi jarak, padahal sepeda motor jarang digunakan atau lebih sering terparkir di garasi rumah. 
  • Motor hanya digunakan untuk trip pendek, tetapi jadwal penggantian oli mengikuti rekomendasi berdasarkan jarak. 
  • Adanya kerusakan di speedometer sehingga tak bisa mengetahui jarak tempuh yang akurat  
  • Menggunakan oli palsu akibat banyak oli palsu dan oli berkualitas rendah yang beredar di pasar dimana oli tersebut tidak mengandung aditif detergent dan dispersant. 
  • Penambahan aditif oil yang tak sesuai rekomendasi 

Lima faktor di atas merupakan contoh yang dapat menyebabkan terjadinya endapan dalam oli, dimana dapat menyebabkan efek negatif seperti keausan mesin prematur, Mesin overheat, Konsumsi bahan bakar meningkat.  

Untuk menghindari atau membersihkan oil sludge tersebut maka perlu digunakan oil system cleaner yang mengandung powerful cleansing agent untuk membersihkan endapan kotoran di dalam jalur pelumasan mesin.  

Ada beberapa manfaat dari penggunaan oil system cleaner: 

  1. Melarutkan endapan kotoran dalam jalur pelumasan mesin. 
  2. Membersihkan jalur pelumasan sehingga performa mesin kembali optimal. 
  3. Aman untuk seal karena tidak mengandung Solvent atau zat yang dapat merusak bahan seperti karet. 

Untuk menjaga kondisi sepeda motor tetap optimal, jangan lupa untuk memercayakan perawatan sepeda motor Honda di AHASS terdekat, agar servisnya pasti dan bergaransi dari ahlinya. Tak kalah penting, suku cadang yang digunakan 100% asli. Gunakan layanan booking servis dan layanan kunjung agar bebas antri.
#AHM

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan