Enam Cara Aman Lewat Jalur Mudik Yang Rusak Dan Berlubang

Halo Bikerzzz…

Lebaran sudah didepan mata, persiapan mudik menggunakan sepeda motor juga harus maksimal agar selamat sampai di tujuan.

Namun, perhatikan juga jalur mudik yang akan Feders pilih nantinya, jangan sampai jalur yang digunakan penuh lubang serta jalan bergelombang atau justru rusak parah yang bisa membuat kita sebagai pengendara bisa waspada selama perjalanan.

Berikut adalah tips untuk bisa mengantisipasi jalur mudik yang rusak dan berlubang agar berkendara tetap aman dan nyaman.

  1. Hindari pengereman mendadak, akselerasi mendadak karena ban mudah selip melewati permukaan jalan yang licin.

Pada kondisi jalan yang seperti ini, ban depan dan ban belakang lebih gampang mengunci dan selip. Akibatnya, pengendara motor bisa terjatuh. Selain itu berpotensi sliding sehingga keseimbangan pengendara berkurang dan bisa terjatuh.

2. Kurangi kecepatan dan lakukan pengereman sebelum melewati lubang atau jalan rusak.

Usahakan gunakan kecepatan yang konstan saat melewati jalan rusak, dan menambah kecepatan setelah melewati jalan rusak.

3. Jika diperlukan, saat melewati jalan rusak atau berlubang, posisi tubuh pengendara sedikit berdiri agar keseimbangan terjaga lebih baik.

Hal ini banyak digunakan juga di balap motocross agar lebih seimbang dan tubuh tidak langsung terkena getaran lubang jalanan atau jalan yang rusak.

4.Pegang stang dengan kedua tangan dengan kuat tapi rileks agar lebih mudah mengendalikan saat kondisi stang bergoyang ketika melewati jalan rusak.

5. Selalu fokus, jangan bermain handphone atau ngobrol dengan pengendara lain atau orang yang diboncengi, hal ini dapat menyebabkan konsentrasi berkendara berkurang.

6. Jika ada jalan alternatif yang tidak rusak, disarankan untuk melewati jalan tersebut untuk pergi ke tempat tujuan.

(federaloil.co.id)

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan