Juarai GP Argentina, Marco Bezzecchi puncaki Klasemen sementara MotoGP 2023

Halo Bikerzzz…

MotoGP Argentina 2023 yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo berhasil dimenangkan oleh Marco Bezzecchi. Tim milik Valentino Rossi ini terlihat semakin bersinar musim ini. Pebalap Mooney VR46 Ducati ini memulai balapan dari posisi kedua, dan mampu merebut posisi terdepan dari Alex Marquez sejak awal balapan. Finis di posisi kedua ada Johann Zarco yang mampu menyodok di akhir lap, dan Marquez finis di podium ketiga.

Juara dunia Francesco Bagnaia mendapat bencana, setelah mengalami low side di lap 18 saat melintas di tikungan ke 13. Padahal, Bagnaia sedang menguasai posisi kedua, sebelum mengalami kecelakaan.

Jalannya Balapan

Alex Marquez yang memulai jalannya balapan dari pole position tidak bisa mempertahankan posisinya. Marco Bezzecchi yang start dari posisi kedua yang malah langsung memimpin sejak masuk tikungan pertama. Alex masih bertahan di posisi kedua dengan Francesco Bagnaia tepat di belakangnya. Franco Morbidelli masih bertahan di posisi keempat.

Sementara itu, Fabio Quartararo yang ada di belakang terpaksa melebar di tikungan karena disalip oleh Takaaki Nakagami. Pebalap Yamaha ini merosot hingga urutan terakhir. Lap kedua, tapi aksi salip menyalip sudah langsung terjadi antara Aleix Espargaro dan Johann Zarco. Keduanya memperebutkan posisi kelima.

Sementara itu, masuk lap ketiga, Bezzecchi unggul 0,5 detik dari Alex. Empat pebalap terdepan mulai memisahkan diri dari barisan, yakni Bezzecchi, Alex, Bagnaia, dan Morbidelli. Jarak barisan terdepan hingga barisan kedua bahkan terpaut hingga 1,7 detik, antara Morbidelli dengan Zarco. Namun, Zarco terus mendapat tekanan dan akhirnya posisinya direbut oleh Di Giannantonio.
Pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut diikuti oleh Alex Rins di posisi keenam. Jack Miller juga berhasil melewati Zarco untuk posisi ketujuh. Memasuki lap ketujuh, Bezzecchi terus menambah jarak dengan Alex hingga unggul 1,9 detik. Bezzecchi bahkan mencatatkan lap tercepat.
Posisi di barisan terdepan masih tetap sama, Bagnaia di posisi ketiga, diikuti Morbidelli di belakangnya. Morbidelli sendiri unggul 3,1 detik dari barisan di belakangnya yang dipimpin oleh Diggia.

Pada lap kesepuluh. Diggia terus mendapatkan tekanan dari Rins yang berada tepat di belakangnya. Lap berikutnya, Rins pun berhasil menyalip Diggia. Memasuki lap keduabelas, Diggia merosot lagi satu posisi setelah disalip Zarco. Sementara itu, Martin masih terus dibayang-bayangi Miller yang menunggu celah untuk melancarkan manuver menyalip.

Pada lap keempat belas, Zarco mulai melewati Rins. Tak lama setelah melewatinya, Zarco langsung membuka jarak berkat akselerasi tinggi dari Ducati. Rins juga semakin merosot, karena pada lap yang sama disalip oleh Martin. Sementara itu, di barisan depan, jarak antara Alex dengan Bagnaia semakin menyempit. Keduanya terpaut jarak hanya 0,3 detik pada lap kelimabelas. Pada lap yang sama, Bagnaia sanggup menyalip Alex, tapi Alex membalasnya kembali. Pada tikungan terakhir, Bagnaia kembali merebut posisi kedua. Alex tidak terlihat menyerah, tapi jarak antara keduanya semakin menjauh.
Pada lap kedelapan belas, Bagnaia melakukan kesalahan dan terjatuh. Kondisi ini menguntungkan Alex dan Morbidelli. Khususnya, Morbidelli yang mendapatkan podium ketiga. Bagnaia masih bisa bangkit dan menjalankan kembali motornya. Namun, posisinya sudah ada di urutan terakhir. Kejadian ini merupakan pertama kalinya Bagnaia tidak mendapatkan poin di musim ini.

Sementara itu, Morbidelli terus mendekati Alex hingga keduanya hanya terpaut 0,4 detik dengan sisa enam lap lagi. Zarco mampu mengubah jalannya balapan setelah melewati Morbidelli dan Alex Marquez di akhir lap. Bezzecchi akhirnya finish terdepan, diikuti Zarco dan Alex Marquez. Hasil ini sekaligus membuat tiga pebalap tim satelit Ducati berhasil naik podium di GP Argentina 2023.

Dengan menjuarai GP Argentina, Marco Bezzecchi berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2023 dengan raihan 50 poin, memimpin dari Francesco Bagnaia dengan 41 poin dan Johann Zarco dengan 35 poin.

Hasil Balapan MotoGP Argentina:

1 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

2 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)

3 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)

4 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

5 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)

6 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

8 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

9 Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)

10 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)

11 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*

12 Maverick ViƱales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

13 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

14 Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)

15 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

16 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)

17 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

#MotoGP

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 769 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan