Alasan mengapa New Honda BeAT versi tertinggi tidak dibekali Fitur Alarm

New Honda BeAT

Halo Bikerzzz…

Honda BeAT baru kini sudah dilengkapi fitur keamanan berbasis alarm. Namun, menariknya, teknologi tersebut hanya terpasang di varian rendah seperti CBS, Street dan Deluxe-Standard. Sementara di varian termahal bernama Deluxe-Smart Key justru tak ada.

Dikutip dari detikcom, Tommy Ronaldi selaku Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan alasan mengapa pihaknya tak menghadirkan alarm di Honda BeAT Deluxe-Smart Key. Sebab, varian tersebut sudah menggunakan fitur keamanan lain berupa keyless.

“Bukan berarti tipe tertinggi tanpa alarm mengurangi keamanan ya. Karena yang varian Deluxe-Smart Key itu ada otentikasi, jadi tetap aman. Kemudian ke analisa pasar, untuk yang sporty maunya ada smart key, sementara yang Street dan yang lain, butuhnya alarm,” ujar Tommy saat ditemui di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di tempat yang sama, Sarwono Edhi selaku Senior Analyst New Model Service PT AHM mengatakan fitur alarm di Honda BeAT baru punya sensitivitas tinggi. Sehingga, ketika ada yang menggesernya, motor tersebut akan menimbulkan bunyi yang intens.

“Dia punya sensor, jadi ketika dia goyang, dia akan ada bunyi. Pindah posisi juga bunyi. Kalau nambah intensitas perpindahan, bunyinya juga bertambah (intens),” kata Edhi.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Doni Hendra selaku Unit Sales Distribution Manager ketika menjawab pertanyaan awak media pada sesi Press Conference Launching All New BeAT bersama PT. Hayati Pratama Mandiri, Sabtu 22 Juni 2024 lalu.

Cara Kerja Alarm Honda BeAT Baru

Sistem alarm di Honda BeAT baru berbeda dengan motor matik kebanyakan. Sebab, untuk menyalakannya, kita tak menggunakan remote, melainkan langsung dari rumah kuncinya. Tommy lantas menjelaskan cara mengaktifkan fitur alarm di Honda BeAT baru. Kata dia, teknologi tersebut tak langsung menyala ketika pengendara meninggalkan motor, melainkan ada tahapan-tahapannya.

Pemilik Honda BeAT baru harus memutar kunci ke off sebanyak dua kali dalam tiga detik. Kemudian indikator alarm di layar akan menyala dan fitur tersebut hidup semenit setelah diaktifkan.

“Kenapa semenit? Karena kita tidak langsung meninggalkan motor. Kita harus lepas jaket, lepas helm dan pakai tas. Jadi kalau alarm itu langsung menyala setelah diaktifkan, itu akan berbunyi ketika jok dibuka dan lain-lain. Makanya kita kasih jeda semenit biar nggak langsung bunyi,” kata Tommy.

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan