Cara mengetahui kondisi kesehatan aki

Aki basah pada motor

Halo Bikerzzz…

Aki merupakan bagian penting untuk menyuplai kebutuhan listrik pada kendaraan, termasuk motor. Terlebih lagi untuk motor keluaran terbaru yang menggunakan sistem kelistrikan DC.

Aki memiliki peran penting untuk menghidupkan motor melalui starter. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan aki melalui cara perawatannya yang benar. Selain itu penting untuk mengetahui tegangan normal pada aki untuk memastikan kondisi aki masih sehat atau tidak. Berikut informasi mengenai tegangan aki normal serta cara perawatannya supaya aki dapat berfungsi dengan baik dan lebih awet.

Tegangan Aki Normal

Untuk mengukur tegangan aki, diperlukan alat bernama voltmeter. Mengutip dari Honda Community (6/6/2024), cara mengukur tegangan aki:

Dimulai dari membuka penutup aki pada motor agar dapat dilakukan pengukuran tegangan. Kemudian nyalakan voltmeter. Lalu, sambungkan kabel positif voltmeter ke terminal positif aki dan kabel negatif voltmeter ke terminal negatif aki.

Perhatikan angkanya, jika berada di antara 12,3-12,6 volt berarti aki motor sehat. Adapun informasi jika dalam keadaan mesin hidup, tegangan aki motor yang normal adalah 13,7-14,2 volt.

Apabila aki berada dibawah 12,3 volt saat motor mati, kemungkinan daya aki akan habis atau sering disebut aki tekor. Sementara jika angkanya berada diatas 14,7 volt saat motor menyala, artinya aki dalam kondisi overcharged. Ini ditandai dengan aki yang menggelembung dan timbul percikan api ketika digunakan. Keduanya sama-sama kondisi yang tidak bagus untuk aki.

Mengutip dari Batterystuff, berikut adalah tabel penjelasan daya aki motor 12 volt

Cara Merawat Aki Motor agar Tetap Sehat

Setelah mengetahui tegangan yang normal, berikut adalah beberapa cara merawat aki agar tahan lama:

1. Perhatikan Aksesoris Pada Motor

Penggunaan aksesoris motor seperti lampu, audio, dan lainnya secara berlebihan bisa saja mempengaruhi daya listrik pada aki dan membuat aki cepat soak atau berumur pendek.

2. Nyalakan Motor dengan Starter Manual jika Starter Elektrik Tidak Bisa

Starter manual (engkol) memang dirancang untuk keadaan darurat jika motor tidak bisa dinyalakan dengan starter elektrik.

3. Panaskan Motor Minimal 15 Menit Setiap Harinya

Seiring waktu, sel-sel di dalam aki dapat mati (kering). Untuk mencegah hal ini, nyalakan dan panaskan motor setidaknya selama 15 menit setiap hari.Ingatlah untuk selalu menggunakan starter manual saat menyalakan motor dan hindari memaksa penggunaan starter elektrik jika motor sulit dinyalakan

4. Matikan Lampu saat Akan Mematikan Motor

Pastikan lampu seperti headlamp atau lampu sign dalam kondisi mati jika akan mematikan motor. Hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar.

5. Periksa Ketinggian Air dalam Aki

Pastikan cairan dalam aki tidak melebihi batas atas dan bawah yang ditandai. Jika cairan mendekati batas bawah, segera tambahkan air suling (H2O) ke dalam aki hingga hampir mencapai batas atas.Walaupun cairan dalam aki adalah asam sulfat (H2SO4), selalu gunakan air suling (H2O) untuk mengisi ulang aki guna menjaga tingkat keasaman (pH) cairan dalam aki

6. Periksa Kondisi Kedua Terminal Aki

Kencangkan baut pada sambungan terminal aki dan pastikan tidak ada kebocoran. Kebocoran aki sangat berbahaya karena asam sulfat (H2SO4) dapat menyebabkan korosi dan mudah terbakar.Kelonggaran pada sambungan aki juga bisa menyebabkan kerak putih yang menghambat aliran listrik. Jika terdapat kerak putih, bersihkan dengan air panas dan sikat kawat.

7. Pastikan Kiprok Berfungsi Normal

Kiprok berfungsi sebagai regulator untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama pada tahap pengisian. Jika ada indikasi seperti lampu motor yang redup atau menyala tidak stabil, kemungkinan penyebabnya adalah kiprok yang mulai rusak dan perlu segera diganti.Itu dia ulasan mengenai tegangan aki yang normal serta cara merawatnya sehingga aki dapat berfungsi normal dan lebih awet.

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan