Ingin Riding di luar negeri, urus dulu SIM Internasional

Halo Bikerzzz…

Berkendara merupakan sebuah aktivitas yang dapat dilakukan puluhan tahun lamanya. Sebuah keterampilan yang bakalan menunjang banyak aktivitas lainnya, dengan menggunakan moda transportasi roda dua maupun roda empat.

Tidak hanya di Indonesia, penduduk negara lain pun banyak menyukai momen berkendara dan mengabadikan momen penuh pengalaman saat melalui jalan raya untuk bekerja, ataupun untuk sekedar menikmati waktu liburan dengan touring misalnya.

Tapi, kalian pernah kebayang gak suatu saat nanti kalian punya kesempatan melaju motoran di negeri orang? Nah, jika punya angan-angan untuk hal tersebut, jangan lupa siapin berbagai hal dimana salah satu diantaranya adalah SIM. Yaaaps, tapi ini bukan SIM yang bisa kalian urus lewat calo alias nembak. Untuk dapat berkendara di luar negeri, kalian mesti urus yang namanya SIM Internasional.

Apa yang dimaksud dengan SIM Internasional?

adalah SIM untuk mengemudikan kendaraan yang berlaku secara Internasional dengan SIM yang berlaku di negara yang menerbitkan SIM Internasional tersebut. SIM Internasional berlaku di 92 Negara-Negara yang mematuhi/mengakui, menandatangani, mensukseskan dan meratifikasi Konvensi Wina Tahun 1968 [Sumber: United Nation Treaty Collection tentang Perjanjian Konvensi Lalu Lintas Jalan (treaties.un.org).

Dasar Penerbitan SIM Internasional

adalah Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Lalu Lintas Jalan (Vienna Convention On Road Traffic Tahun 1968) yang merupakan penyempurnaan dari Geneva Convention On Road Traffic tahun 1949 dan sebelumnya Paris Convention On Motor Traffic tahun 1926. SIM Internasional yang berlaku diatur berdasarkan Annexe 7 untuk Surat Izin Mengemudi Internasional.

Lembaga Penerbit SIM Internasional

adalah Polri, berdasarkan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan dan Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Polri terhitung mulai tanggal 6 Januari 2017.

Masa Berlaku

Masa berlaku SIM Internasional adalah 3 tahun.

Persyaratan yang harus disiapkan untuk melakukan pendaftaran

Dokumen persyaratan diunggah dengan format JPG/JPEG dengan maksimal ukuran 500 KB. Foto diri terbaru dengan syarat:

  1. Foto nampak 2 kancing kemeja Warna latar belakang putih

2. Warna kemeja dan/atau hijab tidak berwarna putih

3. Tidak menggunakan kacamata

4. Wajah menghadap kamera

5. Tidak menggunakan Kontak lens/Softlens.

6. Bukan Foto Hitam Putih

Tidak boleh terlihat gigi

KTP*KITAP (khusus WNA)

*Paspor yang masih berlaku

*SIM yang masih berlaku (sesuai dengan golongan sim internasional yang akan diajukan)

*Tanda Tangan dikertas putih ditulis menggunakan tinta hitam

*SIM Internasional yang masih berlaku (khusus perpanjangan)

*Catatan: *) Untuk bukti fisik dapat diunggah dengan di scan atau difoto diatas kertas HVS

Apabila data tidak lengkap atau tidak sesuai maka pendaftaran SIM Internasional dilakukan pembatalan dan biaya yang telah dikirimkan akan dikembalikan dengan adanya biaya administrasi yang dibebankan kepada pemohon sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Biaya PNBP

Biaya pembuatan SIM internasional baru adalah Rp.250.000. Biaya pembuatan SIM internasional perpanjangan adalah Rp.225.000. (Berdasarkan PP No.60/2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Polri)

Biaya Jasa Pengiriman: Sesuai dengan jasa yang dipilih dan jarak tempuh.

Pendaftaran SIM Internasional

Klik tombol daftar

Melakukan pengisian formulir registrasi online dan mengunggah soft copy dari foto, tanda tangan, SIM, KTP, KITAP (khusus WNA), dan paspor

Memilih cara pengambilan/pengiriman Buku SIM Internasional

Mengisi Data Rekening Pengembalian jika data pemohon tidak sesuai, maka biaya PNBP dikembalikan

Pemohon menerima Nomor Virtual Account pada Website dan Konfirmasi Pembayaran di Email. Lakukan segera Pembayaran sesuai dengan jumlah nominal yang tertera

Setelah melakukan pembayaran, pemohon mendapatkan Nomor Registrasi di email Bukti Registrasi

Jadwal Pelayanan

SENIN s.d KAMIS 08.00 WIB – 15.00 WIB

JUMAT 08.00 WIB – 15.00 WIB

SABTU, MINGGU dan Libur Nasional Tutup Pelayanan

Informasi

Untuk Pengaduan khusus Kinerja dan Pelayanan SIM International, dapat disampaikan melalui Telephone di nomor 1500-669 atau Whatsapp Chat 0819-0-1500669 (Chat Only)

Untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai pembuatan SIM Internasional, dapat menghubungi Korlantas Polri Gedung SIM International, Alamat: MT Haryono St No.37-38, RT.8/RW.2, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan 12770

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

1 Trackback / Pingback

  1. Polisi Bakal Terapkan SIM Pakai Format Gambar Mobil dan Motor - PAPABIKERZ.COM

Tinggalkan Balasan