Mengapa ukuran ban depan dan ban belakang motor berbeda?

Halo Bikerzzz…

Sebagai pengguna sepeda motor yang menunjang aktivitas sehari-hari, kalian pernah memperhatikan tidak gaeess, kalau ukuran ban depan dan ban belakang motor itu berbeda?

Nah, pasti masih ada yang gak percaya nih kalau ukuran ban motor itu berbeda antara ban depan dengan ban belakang? Coba cek motor kamu sekarang. Ternyata ukuran yang berbeda itu ada alasannya.

Jadi gini, Ban depan berukuran lebih kecil dibanding ban belakang. Pabrikan motor melakukan hal ini karena ukuran ban depan yang lebih kecil berguna untuk memudahkan saat bermanuver. Sedangkan ukuran ban belakang berukuran lebih besar karena berguna untuk menahan beban.

“Ukuran ban depan motor lebih kecil tujuannya untuk memudahkan handling kemudi saat manuver,” seperti disampaikan oleh Jimmy Handoyo, Tech. Service Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR.

Namun, menurut Jimmy jika pengendara motor mau ganti jadi ukuran ban depannya sama dengan ban belakang masih boleh saja, tapi pasti ada risikonya.

Nah, resikonya adalah handling kemudi jadi sedikit lebih berat dibanding sebelumnya, ketika masih memakai ban dengan ukuran bawaan motornya.

Boleh dibilang, jarang sekali ada motor dengan ukuran ban depan dan belakangnya yang sama persis. Jadi hampir semua motor menggunakan kombinasi ban depan yang lebih kecil profilnya dibandingkan dengan ban belakang.

Sebagai contoh matic 110cc Honda BeAT series yang masih menggunakan velg berukuran 14 inchi. Ban depannya menggunakan ukuran 80/90-14 dan ban belakang berukuran 90/90-14. Begitupun dengan Honda Scoopy, Genio dan New BeAT Street yang memakai velg ukuran 12 inchi, ukuran ban depannya adalah 100/90-12 serta ban belakang berukuran 110/90-12.

Jadi udah pada tahukan kini alasannya!

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan