MotoGP Jerman: Bagnaia Juara, Duo Marquez sabet podium

Halo Bikerzzz…

Seri kesembilan MotoGP sudah berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada Minggu (7/7/24) malam WIB. Pecco Bagnaia keluar sebagai juara, disusul oleh Marc Marquez, dan Alex Marquez.

Jalannya balap berlangsung sangat dramatis sejak awal. Sirkuit Sachsenring sendiri dipenuhi oleh 252.826 orang penonton yang datang langsung hari ini. Di awal balapan, Jorge Martin memulai balap dari pole position dan di belakangnya ada duo Trackhouse Aprilia yakni Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

Sementara Pecco Bagnaia menghuni posisi start keempat dan di belakangnya ada Alex Marquez, Franco Morbidelli, dan Maverick Vinales. Ke mana Marc Marquez? Raja Sachsenring ini harus memulai balap dari urutan ke-13.

Namun begitu balapan dimulai, kocokan pebalap terdepan langsung berubah. Jorge Martin memulai balap dengan baik, ia berhasil merebut holeshot. Menempel ketat di belakangnya ada Oliveira, Pecco Bagnaia, dan Franco Morbidelli. Awal balap berlangsung ketat. Kejutan pertama terjadi di lap ketiga, di mana Pecco Bagnaia berhasil merebut posisi terdepan usai menyalip Martin di sektor terakhir. Sementara Morbidelli berhasil masuk urutan ketiga usai menyalip Oliveira.

Kejutan selanjutnya datang di lap kesembilan. Morbidelli berhasil menyalip Pecco Bagnaia dan membuat duo Pramac Ducati ini menguasai posisi terdepan. MotoGP Jerman terkenal sebagai balapan yang menguras fisik dan ban. Tak heran, di lap-lap awal balapan berlangsung sangat rapat seakan semua pebalap belum mengeluarkan performa terbaiknya.

Saking ketatnya balapan ini, Marc Marquez yang bertengger di urutan ke-6 di lap ke-11, hanya terpaut 1,2 detik dari Jorge Martin yang berada di posisi pertama. Kondisi ini membuat hasil lomba bisa sangat berbeda. Bicara soal Marc Marquez, pebalap asal Spanyol ini memang luar biasa. Start dari posisi ke-13 tak melunturkan semangatnya untuk kembali menjadi Raja Sachsenring. Per lap 14, Marquez berhasil bertengger di urutan ke-6.

Di pertengahan lomba, tepatnya di lap ke-15 Pecco Bagnaia berhasil merebut posisi kedua kembali dari Morbidelli usai melakukan manuver di tikungan ke-12. Pada lap yang sama, Marc Marquez juga berhasil masuk lima besar. Penampilan Morbidelli makin lama, makin kendor. Ia berhasil disalip oleh Alex Marquez di lap ke-17 dan terus ditempel ketat oleh Marc Marquez. Terlihat pada MotoGP Jerman ini, duo Marquez tampil ‘berbahaya’ bagi pebalap lain.

Bahkan di lap ke-22, saat masuk tikungan pertama, Morbidelli sempat melebar. Ia lalu langsung mencoba memperbaiki racing line-nya, namun Marc Marquez sempat hampir masuk. Alhasil, ia sempat bersentuhan dengan Marc, namun tak sampai terjatuh. Insiden ini juga dibiarkan oleh steward, sehingga tak mengubah urutan.

Per lap ke-23, Jorge Martin mulai nyaman di posisi terdepan. Meski gap-nya dengan Pecco Bagnaia tak sampai satu detik, namun pebalap Pramac Ducati ini tampak bisa menjaga pace balapnya. Saat balapan tersisa 5 lap lagi, Marc Marquez berhasil menyalip Morbidelli di sektor terakhir. Tikungan yang menjadi andalan Marquez berhasil dimanfaatkannya untuk mengamankan posisi keempat.

Di tikungan yang sama di lap ke-27, Morbidelli juga disalip oleh Enea Bastianini. Namun pebalap Pramac ini berhasil mengamankan posisinya di tikungan berikutnya. Klimaksnya terjadi saat balapan tersisa dua lap lagi. Martin yang nyaman di urutan terdepan ternyata tak dapat mengendalikan motornya saat cornering di tikungan pertama. Martin crash dan Pecco dapat ‘giveaway’ juara. Sementara di belakang Pecco Bagnaia, ada duo Marquez yang benar-benar tampil menggila di MotoGP Jerman. Marc Marquez yang start dari posisi ke-13 ternyata berhasil naik podium. Di urutan ketiga, ada adik kandungnya yakni Alex Marquez.

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan