Ngeri, Enam hari berjalan, Operasi Patuh Singgalang sudah menilang Ribuan kendaraan

Operasi Patuh Singgalang 2024

Halo Bikerzzz…

Memasuki hari keenam pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2024 yang digelar Polda Sumbar dalam rangka menciptakan keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, tercatat ribuan tilang telah dikeluarkan jajaran lalu lintas yang berada di wilayah hukum Polda Sumbar kepada pelanggar lalu lintas.

“Memasuki hari keenam Operasi Patuh Singgalang 2024, kami sudah melakukan penindakan berupa tilang, baik ETLE Statis, ETLE Mobile dan tilang manual, yang totalnya sebanyak 1.626 tilang,” kata Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Nur Setiawan, melalui Kabag Ops Ditlantas AKBP Agung Pranajaya, Sabtu (20/7) lalu.

Seperti dikutip dari Padang Ekspres, Agung mengatakan, tilang diberikan kepada pengendara yang terlihat melanggar secara kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi. Dikatakan AKBP Agung, selain penindakan tegas dengan tilang, pihaknya juga memberikan teguran kepada pengendara yang belum tertib aturan berlalu lintas.

“Kita juga lakukan peneguran sebanyak 3.493 teguran. Tetapi lebih banyak kegiatan preemtif daripada penegakkan hukum (gakkum). Perbandingan, 40 preemtif, 40 preventif, gakkum atau penilangan hanya 20 persen,” ujarnya.

Selaku Wakaopsda Ops Patuh Singgalang, ia menjelaskan Operasi Patuh singgalang 2024 dilaksanakan selain untuk menurunkan angka pelanggaran atau kecelakaan fatalitas. Paling utama untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Sehingga katanya, upaya lalu lintas jajaran dalam menekan angka kecelakaan adalah dengan melakukan kegiatan preemtif yaitu pendidikan kepada masyarakat melalui media.

“Kami berikan edukasi melalui media cetak, media elektronik, media sosial (FB, Twitter, IG dan Web) serta melakukan pemasangan berupa spanduk, leaflet, stiker dan juga melalui bilboard,” ujarnya. Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah guna memberikan edukasi berlalu lintas sejak usia dini, sehingga diharapkan mampu mengurangi angka dan fatalitas dari kecelakaan lalu lintas.

“Kami juga lakukan kegiatan kampanye tertib berlalu lintas di Simpang Jamria Padang pada Jumat (19/7) lalu. Rencananya akan kita lakukan lagi dalam waktu dekat,” ucapnya. “Ayo kepada masyarakat, mari kita wujudkan budaya tertib berlalu lintas dan jauhi pelanggaran lalu lintas demi keselamatan,” imbaunya.

Nah, tunggu apa lagi. Mending lengkapi diri dengan kelengkapan berkendara sebelum memulai perjalanan dengan motor atau mobil kesayangan kalian ygy. Percaya deh, ditilang polisi itu gak enak, wkwkwk…

Touring terbaik 2023
Tes nanjak Bukit Gado-gado motor listrik Honda EM1 e:
About PapabikerZ 1077 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan