Quartararo mengklaim kemenangan GP Italia yang emosional

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo mengklaim kemenangan Gran Premio d’Italia Oakley yang emosional untuk memperpanjang keunggulan Kejuaraan Dunia menjadi 24 poin, saat Francesco Bagnaia (Tim Lenovo Ducati) tersingkir akibat crash di Lap 2. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing ) dan Juara Dunia Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar) menyelesaikan podium Mugello di posisi kedua dan ketiga.

Kisah kemenangan
Perangkat start depan baru Quartararo bekerja dengan sangat baik saat polesitter berhasil menahan Bagnaia hingga zona pengereman, ketika pembalap Italia itu menukik ke bagian dalam pembalap Prancis untuk memimpin. Pecco kemudian memimpin saat para pebalap bersiap untuk balapan, tetapi pebalap Ducati itu berada di depan di Tikungan 9 pada Lap 2, balapan Bagnaia telah berakhir. Quartararo memimpin, ketika rekan senegaranya Johann Zarco (Pramac Racing) membuat frustrasi El Diablo di lap awal dengan memanfaatkan dengkuran Ducati di lini depan.

Akhirnya, Quartararo mematahkan slipstream Zarco menuju Lap 5 setelah membuat kemajuan yang baik di bagian sirkuit yang berkelok-kelok, dan dari sana, bintang Yamaha itu mampu mengungguli Zarco di tempat kedua. Pada Lap 11, keunggulannya meningkat hingga 2,7 detik atas tempat kedua Zarco, yang memiliki Oliveira menempel di knalpotnya. Dengan nyaman menjilat di 1: 47s, Quartararo berada di liga sendiri di Mugello dan mengambil kemenangan ketiga musim ini dengan 2,5 detik, kemenangan yang didedikasikan untuk mendiang Jason Dupasquier.

Pertempuran podium
Setelah bertarung dengan Quartararo di lap-lap awal, Zarco terpaksa melihat rekan senegaranya melaju ke kejauhan dan fokus menjaga Oliveira di belakangnya. Dua pebalap Tim Suzuki Ecstar – Mir dan Alex Rins – mengalami masalah saat mengoper ke Jack Miller (Tim Ducati Lenovo), bahwa tenaga Ducati memungkinkan pembalap Australia itu untuk menyalip Mir dan Rins di jalan lurus. Namun akhirnya, Rins dan Mir berhasil lolos dan yang terakhir mampu menyeret dirinya dan Rins ke pertarungan podium Zarco dan Oliveira.

Dengan delapan lap tersisa, Oliveira melewati Zarco untuk pertama kalinya di Tikungan 11 untuk mengambil P2. Manuver yang persis sama dilakukan oleh Mir satu lap kemudian saat Juara Dunia yang berkuasa itu meraih P3, dan dia dengan krusial menahan Zarco di tikungan ke Tikungan 1. Rins kemudian menerkam dengan enam lap tersisa saat Zarco sekarang duduk di P5, dengan Brad Binder (Merah Bull KTM Factory Racing), Miller dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) mengintai.

Dengan lima pertandingan tersisa, Rins kemudian tersingkir di tikungan terakhir dari posisi keempat – DNF keempat berturut-turut untuk pembalap Spanyol itu. Oliveira mampu menangkis Mir, namun setelah melewati batas lintasan sebanyak milimeter pada lap terakhir di Tikungan 5, pebalap asal Portugal itu diturunkan satu posisi. Mir awalnya dipromosikan ke P2 sebelum dianggap terlalu melampaui batas trek, yang melihat hasilnya tetap seperti itu: Oliveira P2, Mir P3. Zarco ketinggalan hanya di bawah satu detik di urutan keempat, yang terakhir memang menggerakkan Anda. Zarco ketinggalan hanya di bawah satu detik di urutan keempat, yang terakhir naik ke P2 di klasemen, 24 poin di belakang Quartararo.

Pencetak poin
Binder menyerahkan KTM lima besar di GP Italia dan mengklaim hasil terbaiknya yang setara musim ini, Miller pulang dengan P6 dalam pertandingan yang tenang. Aleix Espargaro kembali terkesan untuk mengambil P7, dengan Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) mengambil bendera kotak-kotak di P8 setelah P13-nya di kualifikasi. Pemenang Mugello 2019 Danilo Petrucci (Tech3 KTM Factory Racing) berada di urutan kesembilan untuk mendapatkan 10 besar keduanya berturut-turut, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) menyelesaikan 10 besar di kandang sendiri.

Iker Lecuona (Tech3 KTM Factory Racing), Pol Espargaro (Repsol Honda Team), Michele Pirro (Pramac Racing), Alex Marquez (LCR Honda Castrol) dan Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini) menjadi pencetak poin terakhir.

Marc Marquez (Tim Repsol Honda) jatuh di Tikungan 3 di Lap 2 tanpa cedera, ini memaksa Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) ke gravel, dengan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) juga tersingkir dari balapan di akhir Tikungan 13. Enea Bastianini (Avintia Esponsorama) jatuh dalam perjalanan ke grid setelah menabrak bagian belakang sepeda Zarco, untungnya semua pengendara baik-baik saja.

“Yang itu untuk Jason.” Semua orang menggemakan sentimen yang dibuat oleh Quartararo di parc ferme, yang dengan bangga mengibarkan bendera Swiss di podium teratas Mugello. Berkendara dengan tenang, Jason.

Dan berikut top 10 dari GP Mugello 2021…

Top 10:
1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP)
2. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) + 2.592
3. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 3.000
4. Johann Zarco (Pramac Racing) + 3.535
5. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 4.903
6. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 6.233
7. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 8.030
8. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 17.239
9. Danilo Petrucci (Tech3 KTM Factory Racing) + 23.296
10. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) + 25.146

#MotoGP.com

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 886 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan