Ketahui cara kerja Side stand Switch

Halo Bikerzzz…
Motor Matic identik dengan kepraktisan berkendara. Selain tanpa persneling/ gigi, Motor Matic juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang bermanfaat bagi pengendara, disamping efisiensi bahan bakar yang digembar-gemborkan menjadi jualan setiap pabrikan. Namun bener sih, kenyataannya emang demikian, motor matic terutama di kelas entry level memang memiliki efisiensi bahan bakar yang bagus, bahkan mampu disandingkan dengan motor cub sekalipun.

Nah, salah satu fitur wajib yang ada di motor matic adalah Side stand switch, alias standar samping otomatis. Disebut otomatis, karena fungsi standar samping ini tidak hanya untuk menopang posisi motor saat berhenti dan parkir, namun juga untuk pengaman dengan mematikan mesin secara otomatis begitu standar samping diturunkan.

Dikutip dari astra-honda.com, dalam beberapa fitur keselamatan yang ada pada sepeda motor Honda, terdapat bagian sepeda motor yang keberadaannya mungkin tak selalu mendapat perhatian lebih dari penggunanya, seperti standar samping atau side stand.

Komponen tersebut kini tak cuma berfungsi menahan posisi sepeda motor agar tetap berdiri saat motor terparkir. Lebih dari itu, standar samping kini jadi salah satu penunjang keamanan dan keselamatan berkendara setelah disematkan fitur Side Stand Switch.

Side stand switch dapat ditemukan pada motor-motor matic Honda. Fitur ini secara otomatis mematikan mesin sepeda motor saat standar samping diturunkan. Mesin tak akan bisa dihidupkan sampai standar samping ditaikan kembali.

Dengan demikian, fitur ini akan mengurangi risiko kecelakaan akibat lupa menaikan standar samping saat akan berkendara. Serta mencegah motor jalan sendiri akibat tuas gas terputar secara tidak sengaja saat motor berhenti dengan kondisi mesin menyala.

Pada bagian side stand switch terdapat komponen yang dihubungkan dengan ECM (Engine Control Module). ECM akan memutus pengapian mesin jika standar sampung turun.

Side stand switch dirancang anti air, sehingga saklar otomatis tak perlu khawatir saat berkendara di bawah guyuran hujan atau melewati genangan air.

Pun demikian, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin sepeda motor di bengkel AHASS terdekat. Supaya fitur tersebut dan mesin sepeda motor tetap berada dalam kondisi prima. Salah satu pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek mekanisme side stand seperti kelancaran pengoperasian, dan kondisi side stand. Jika side stand mulai terasa keras saat digeser, ada baiknya diberi sedikit pelumas di bagian engsel/sambungan antara side stand dengan dudukan di rangka, sehingga side stand dapat dioperasikan dengan lancar kembali.

Dan bila side stand kotor setelah melewati jalanan berlumpur, jangan lupa dibersihkan agar lumpur tidak mengerak pada side standnya ya gaeess…
Sumber: astra-honda.com

About PapabikerZ 230 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan