Produksi Motor Honda Kena Imbas Kelangkaan Semikonduktor Apa Fungsinya

Ilustrasi Chip

Halo Bikerzzz…
Dalam dua beberapa bulan terakhir, banyak pabrikan otomotif yang mengalami kendala dalam proses produksi kendaraan mereka di Indonesia. Termasuk di industri sepeda motor, hal ini juga menimpa pabrikan seperti Honda dan Yamaha, sehingga menyebabkan tertundanya pengiriman unit kendaraan kepada konsumen di berbagai daerah di Indonesia.

Mengutip dari PR Astra Honda Motor, ternyata hal ini disebabkan oleh langkanya pasokan chip semikonduktor yang berpengaruh pada terhambatnya proses produksi di Pabrikan. Berikut rilis selengkapnya;

Kelangkaan pasokan chip semikonduktor akibat pandemi memberi dampak besar pada berbagai industri secara global, termasuk pada industri otomotif.

Akibat kelangkaan komponen tersebut, proses produksi sepeda motor Honda tidak bisa optimal di tengah tingginya permintaan untuk beberapa tipe produk, termasuk diantaranya tipe yang sedang populer di masyarakat. Sehingga waktu inden sepeda motor Honda pun menjadi lebih lama dari biasanya.

Lalu apa semikonduktor itu dan bagaimana fungsinya?
Chip semikonduktor sangat penting bagi sejumlah industri, termasuk sepeda motor. Tanpa komponen kecil tersebut, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna.

Chip semikonduktor merupakan bahan utama untuk membuat Integrated Circuit (IC) dan terbuat dari gallium arsenide, germanium, silicon dan lainnya. IC sendiri adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan komponen elektronik (Seperti: Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor) yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil.

Di mana komponen IC itu digunakan di sepeda motor?
Pada sepeda motor Honda, IC digunakan dalam sebuah rangkaian elektronika yang rumit dan kompleks seperti pembuatan komponen speedometer, ECM, rangkaian lampu LED, regulator, dan beberapa komponen sepeda motor lainnya.

Chip semikonduktor bersifat sebagai isolator listrik (tidak dapat dilalui arus listrik). Namun pada temperatur, arus listrik, atau dalam keadaan tertentu, semikonduktor dapat juga berfungsi sebagai konduktor (dapat dilalui arus listrik), misal sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya.

Bagaimana proses pembuatan IC itu?
Komponen IC dibuat dengan menggunakan Proses fotolitografi yang dapat membuat dan mencetak suatu gambar/pola hingga ukuran nanometer (nm). Sehingga dapat diproduksi sebuah IC dengan ukuran kecil.

Nah, jadi bagi kalian yang bermaksud untuk membeli beberapa tipe motor Honda Matic seperti BeAT dan Scoopy nih terutama, mesti bersabar dulu beberapa bulan kedepan yak gaeess. Ada ribuan orang di tiap provinsi yang juga mengalami perasaan serupa, pengen beli motor idaman, tapi terkendala di pasokan. Semoga kondisi ini segera pulih, dan semoga produksi dan penjualan motor kembali normal seperti sedia kala.

Anw, ada banyak orang yang berusaha menggapai impiannya, merubah hidupnya, dengan motor yang mereka miliki. Motor lebih dari sekedar alat tranportasi, dan itu terasa betul di negara berkembang seperti halnya Indonesia…
#Papabikerz

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan