Sambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Yayasan AHM Siapkan Duta Safety Riding Milenial dari Jawa Tengah

Halo Bikerzzz …

Menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara pada 22 September 2023, Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) meresmikan Safety Riding Laboratorium (SRL) Astra Honda ke-6 di SMK mitra binaan yaitu SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah (20/9). Dari sini akan lahir duta safety riding milenial yang akan mengampanyekan pesan keselamatan berkendara di Tanah Air.

SRL Astra Honda menjadi fasilitas edukasi keselamatan berkendara dengan pendekatan yang menyenangkan dan atraktif bagi para pelajar. Peserta edukasi mendapatkan beragam ilmu keselamatan berkendara roda dua melalui tiga zona utama, yakni Zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktik.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan peresmian fasilitas SRL Astra Honda ke-6 ini bagian dari upaya mengajak partisipasi aktif anak muda dalam kepedulian terhadap keselamatan berkendara. Fasilitas yang berada di lingkungan sekolah ini dikembangkan sesuai aktivitas keseharian para pelajar yang mengusung kearifan lokal tiap daerah.

“Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, Yayasan AHM ingin melahirkan duta muda kreatif dan menginspirasi di bidang keselamatan berkendara bagi masyarakat luas. Kami mengajari cara berkendara yang aman sekaligus mendorong generasi muda mengomunikasikan ke public dengan cara mereka” ujar Muhib.

Program SRL Astra Honda juga disambut positif pihak akademisi, salah satunya SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes. “Kami sangat senang Safety Riding Lab Astra Honda hadir di sekolah kami. Dengan adanya fasilitas ini, para siswa didik akan semakin terasah skill dan pengetahuannya dalam mempraktikkan cara berkendara yang aman dan nyaman. Semoga dapat menginspirasi generasi muda lain dalam mengampanyekan keselamatan berkendara di jalan raya,” ujar Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bulakamba Brebes Dra Rr Ismijarti Dwi Retnaningtyas

Beragam zona di SRL Astra Honda dapat dimanfaatkan secara optimal dalam proses pembelajaran keselamatan berkendara. Zona Audio-Visual digunakan untuk area berdiskusi serta penyampaian materi edukasi berupa teknik dan etika berlalu lintas melalui video kreatif yang kekinian. Selain itu, zona ini juga diharapkan dapat melahirkan beragam gagasan yang menginspirasi berupa karya tulis, foto dan video kepada generasi muda lainnya untuk peduli terhadap keselamatan berkendara.

Zona Simulasi di SRL Astra Honda didesain tiga dimensi layaknya pengendara di jalan raya yang dilengkapi media simulator berupa Honda Riding Trainer (HRT). Sementara itu, Zona Praktik didesain dengan mengacu pada Peraturan Kapolri nomor 2 tahun 2023 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi untuk pengendara sepeda motor.

SRL Astra Honda SMK Negeri 1 Bulakamba Brebes melengkapi 5 fasilitas lainnya yang sudah lebih dulu sejak 2017 yaitu SMK Mitra Industri MM2100 Jawa Barat, SMK Walisongo Menes, Banten, SMK Panca Abdi Bangsa Binjai Sumatera Utara, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang Jawa Timur dan SMA Negeri Bali Mandara. Seluruh kegiatan di fasilitas ini disupervisi langsung oleh Astra Honda License Instructor bekerjasama dengan jaringan sepeda motor Honda untuk memastikan kualitas dan output sejalan dengan kampanye yang dilakukan AHM secara nasional.

400 Pelajar dan Mahasiswa di Jawa Barat
Komitmen terhadap keselamatan berkendara juga diwujudkan Yayasan AHM dengan berkolaborasi bersama PT Astra International Tbk melalui penyelenggaraan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (23/9). Gelaran yang berbentuk eksebisi ini hadir melalui booth yang interaktif untuk mengajak 400 pelajar dan komunitas untuk mengenal lebih dekat ilmu keselamatan berkendara.

Ragam materi hadir pada booth seperti mengenai edukasi rambu lalu lintas dan edukasi penggunaan ban motor yang aman untuk berkendara hingga pengenalan SRL Astra Honda. Pada kegiatan ini, keseruan para peserta dalam belajar safety riding didapatkan dengan belajar safety riding dengan menggunakan simulator Honda Riding Trainer (HRT) serta lomba adu ketangkasan dengan menggunakan HRT.

Melengkapi dua kegiatan tersebut, Yayasan AHM juga kembali menguatkan kompetensi bagi para tenaga pengajar Taman Lalu Lintas Anak (TLLA) di Desa Kalihurip, Karawang Jawa Barat (27/9). Dengan mengajak 23 tenaga pengajar, kegiatan yang rutin dilakukan ini mengulas seputar analisa gambar dan cerita keselamatan berlalu lintas, praktik berkendara dan simulasi Honda Riding Trainer (HRT).

Hingga bulan Agustus 2023, para tenaga pengajar di TTLA juga telah mengedukasi 19.001 anak usia 4 – 9 tahun terkait dasar-dasar keselamatan berlalu lintas, seperti rambu-rambu lalu lintas melalui media praktik berupa sepeda anak push bike, serta edukasi melalui permainan ular tangga.

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan