CBR Series Antar Astra Honda Raih Dua Gelar Juara Nasional di Mandalika Racing Series

Halo Bikerzzz…

CBR250RR dan CBR600RR kembali melanjutkan dominasinya di ajang balap nasional. Motor sport tangguh Honda ini mengantarkan pembalap Astra Honda meraih gelar juara umum pada kelas National Sport 250cc dan National Supersport 600cc pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Mandalika Racing Sport (MRS) di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu-Minggu, 28 – 29 Oktober 2023.

Raihan kedua gelar tersebut diraih oleh Rheza Danica Ahrens pada kelas National Sport 250cc dan M. Adenanta Putra di kelas National Supersport 600cc.

Pada kelas National Sport 250cc, para pebalap Astra Honda berusaha menunjukkan kembali dominasinya sejak sesi kualifikasi. Posisi 4 besar berhasil diraih 3 pebalap yang turun di kelas ini. Pada race pertama yang digelar Sabtu (28/10), Rheza Dhanica Ahrens, Herjun Atna Firdaus, dan M. K. Ramadhipa berhasrat untuk meraih posisi podium. Rheza yang saat ini menjadi pemimpin klasemen termotivasi untuk segera mengunci gelar di ajang Kejurnas ini. Saat lampu start menyala, persaingan di grup depan tak terelakan oleh ketiga pebalap tersebut. Sayang, Rheza harus mengakhiri jalannya balapan lebih awal. Ia terjatuh ketika balapan baru berjalan 1 lap. Pebalap lainnya, Herjun dan Ramadhipa, memiliki perjuangan tersendiri, hingga akhirnya mereka dapat menduduki posisi kedua dan keempat pada race pertama ini. Cuaca yang panas menjadi tantangan tersendiri bagi pebalap-pebalap Astra Honda yang tampil di Kejurnas MRS.

Perjuangan belum berakhir. Meskipun Rheza tidak berhasil finish pada race pertama, namun selisih poin yang cukup jauh, yakni 33 poin dengan rival terdekatnya berhasil membuat ia mengunci gelar juara. Semangat pemuda asal Yogyakarta ini belum pudar, posisi podium masih ia incar di race kedua yang digelar Minggu (29/10) untuk melengkapi gelarnya.

Race kedua pun dimulai dan secara bergantian posisi tiga besar dikuasai oleh pebalap Astra Honda. Balapan berjalan semakin sengit, lap terakhir menjadi penentu. Aksi overtake ditunjukkan setiap pebalap di grup depan untuk memperebutkan posisi podium. Herjun berhasil menyabet podium pertama, Rheza di posisi ketiga dan Ramadhipa di posisi lima.

Hasil ini membuat Rheza mengukuhkan diri sebagai juara Kejurnas MRS pada kelas National Sport 250cc dengan raihan poin 116. Sementara Herjun meraih 50 poin dan Ramadhipa 46 poin. Dengan hasil tersebut, CBR250RR tidak terbantahkan menjadi kekuatan superior di ajang balap nasional kelas 250cc. “Alhamdullillah, saya berhasil meraih juara umum nasional sport 250 Mandalika Racing Series. Kemenangan yang sangat menggembirakan saya persembahkan untuk pecinta balap Honda, keluarga yang selalu mendukung saya dan tentunya Astra Honda Racing Team yang telah memberikan dukungan luar biasa. Ini menjadi sinyal yang bagus untuk saya dan CBR250RR. Juara nasional sudah saya genggam, kini saatnya untuk fokus di ajang ARRC, untuk dapat meraih gelar juara Asia AP250. Mohon doa dan dukungannya,” ujar Rheza.

Juara Supersport 600cc

Pembalap Astra Honda lainnya yang bersaing pada kelas National Supersport 600cc, M. Adenanta Putra semakin tidak terbendung dalam memimpin laju balapan dengan CBR600RR. Pada race pertama (28/10), pemuda asal Magetan, Jawa Timur tersebut langsung meninggalkan rival-rivalnya ketika lampu start menyala. Selisih waktu 1:24.284 ia catatkan pada rival terdekatnya di kelas ini, podium pertama pun ia raih. Pada balapan kedua yang diselenggarakan di hari Minggu (29/10), Adenanta kembali menunjukkan tajinya untuk bisa meraih gelar Juara. Dominasi kembali ia tunjukkan selama balapan berjalan. Selisih waktu 1:20.744 ia raih di akhir balapan dan tahta juara di MRS kelas National Supersport 600cc berhasil ia raih.

“Alhamdullillah saya bisa saya bisa meraih double winner di Mandalika. Ini menjadi modal penting untuk semakin menyatunya saya dengan CBR600RR, dimana minggu depan saya pun akan bersaing di ARRC putaran China. Semoga hasil terbaik bisa kembali saya raih,” ujar Adenanta.

General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM), Andy Wijaya mengatakan raihan gelar juara ini merupakan bagian dari proses pembinaan berjenjang untuk para pebalap berbakat. Raihan prestasi ini diharapkan dapat menginspirasi para pebalap-pebalap muda potensial di Tanah Air untuk terus mencetak prestasi. “Terima kasih atas dukungan yang diberikan pada pebalap dan juga tim Astra Honda yang berjuang di ajang Kejurnas MRS ini. Melalui semangat Satu Hati, kami harap torehan prestasi ini bisa menjadi hal yang inspiratif bagi para pebalap-pebalap muda Tanah Air untuk terus berprestasi hingga level internasional,” ujar Andy.

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan