Day 2 – Blogger Vlogger Goes to HBD 2023 (Habis)

Halo Bikerzzz…

Hari kedua atau hari puncak gelaran Honda Bikers Day Sabtu 28 Oktober 2023. Setelah beristirahat dari perjalanan dari Sidoarjo menuju Lereng Bromo Hotel kemarinnya, rombongan Blogger & Vlogger Nasional melanjutkan perjalanan menuju venue Honda Bikers Day yang berjarak sekitar 57 Kilometer.

Namun sebelum berangkat menuju Kota Malang, rombongan diajak untuk berburu Sunrise dari Kingkong Hill menjelang Subuh. Dengan menggunakan armada Jip, rombongan berangkat dari hotel pada jam 3 dinihari. Dan setelah melaju selama 30 Menit, akhirnya kami tiba di Kingkong Hill menanti keluarnya mentari dari peraduannya.

Setelah selesai menikmati Matahari Pagi, rombongan kembali bertolak menuju Lereng Bromo Hotel.

Setelah beristirahat sejenak lalu dilanjutkan dengan mempacking barang-barang pribadi, rombongan kembali dilepas untuk melanjutkan perjalanan di hari kedua. Tepat jam 11 siang, kedua grup rombongan memulai perjalanan menuju Venue HBD 2023 di kota Malang…

Setelah berkendara satu jam lamanya, akhirnya rombongan tiba di Depot HTS dengan jarak tempuh 41 Kilometer. Rute area pemukiman dan perkebunan di sepanjang ruas jalan menjadi menu utama setiap Blogger & Vlogger. Pemandangan alam yang eksotis dan kondisi permukaan jalan yang terbilang bagus setidaknya membuat perjalanan tetap terasa nyaman.

Satu jam yang menantang

Perjalanan dari Lereng Bromo Hotel benar-benar menjadi sangat menantang bukan hanya karena rute jalan yang dilalui. Beberapa kali rombongan di grup 1 disusupi oleh pengendara lain yang berkemungkinan adalah warga lokal.

Bergantian mereka menyusup ke dalam barisan termasuk dengan bermanuver yang cukup riskan ketika menikung. Papabikerz pribadi harus sampai menahan gas agar tidak ikutan terpancing dengan kondisi yang ada saat itu.

Posisi berkendara konvoy memang tidak boleh serta Merta disusupi maupin dikuntit dari belakang. Namun tidak hanya sekali, terhitung ada tiga kali rombongan kami disusupi oleh pengendara motor bebek maupun sport. Hal ini menyebabkan jarak antar blogger menjadi berubah sehingga rombongan terpecah menjadi dua kelompok.

Ketika perjalanan telah masuk ke jalan raya utama selepas dari area perkebunan warga, kembali disini kami disusupi oleh pengendara lainnya. Namun kali ini karena jarak antar rombongan telah bisa dikondisikan, maka pengendara lain yang hendak menyusup dapat kami tahan agar tidak masuk ke dalam barisan.

Berselang satu jam, rombongan akhirnya sampai di Depot HTS. Sebuah restoran yang telah eksis sejak tahun 50an dan memiliki ragam menu makanan dan minuman yang terkenal akan kelezatannya

Berada dalam grup 1 bersama Cak Iwan Banaran, Mblo Rizki, Akang MV dan belasan orang rekan-rekan Blogger & Vlogger lainnya, Papabikerz merasakan pengalaman berkendara yang menantang sekaligus mengagumkan.

Ketangguhan Honda CB150X benar-benar dapat diandalkan, terutama dari sektor tenaga mesin dan ayunan suspensi ketika melewati rute jalan berliku yang dihiasi turunan serta tikungan tajam.

Sesampainya di depot HTS, rombongan beristirahat melepas penat dan menunaikan Sholat Zuhur. Aneka pilihan hidangan khas Malang tersedia di restoran yang berposisi di jalan raya Dr Wahidin Krajan kota Malang. Tampak rombongan Blogger & Vlogger hanyut dalam keakraban sebagai sesama insan pehobi motoran. Berbagai topik pembicaraan terdengar diantara mereka, mulai dari seputar aktivitas Blogging & Vlogging, balap motor, motor baru hingga ke isu terupdate perihal dunia motor tanah air.

Gathering Blogger & Vlogger
Gelaran Honda Bikers Day 2023 juga bermakna spesial bagi para Blogger & Vlogger yang hadir di Venue Honda Bikers Day. Ibaratnya momen yang tampak seperti Gathering tersendiri bagi para Blogger Vlogger yang hadir. Lintas generasi dan usia diantara Blogger & Vlogger yang hadir seakan tidak menimbulkan gap sama sekali.
Hal ini terlihat dari mudahnya membaur dan suasana yang cair membuat mudahnya interaksi diantara sesama mereka. Blogger senior seperti Iwan Banaran dan NH Didik juga hanyut dalam obrolan dengan juniornya.

Soliditas dan matangnya koordinasi dari tuan rumah yakni Main Dealer Honda Mitra Pinasthika Mulia yang bekerjasama dengan PT. Astra Honda Motor dalam menyelenggarakan gelaran HBD 2023 ini juga kental terlihat.

Selain menggelar City Touring bagi kalangan Blogger & Vlogger, ada agenda Touring juga yang digelar untuk para perwakilan Paguyuban Honda di tiap-tiap provinsi di Indonesia. Rute Touring dari kota Malang menuju Batu juga berlangsung di hari yang sama, selain itu juga ada agenda Touring bagi para BOD Honda dari PT. AHM dan MPM. Tentu saja koordinasi yang dibutuhkan begitu padu sehingga akhirnya semua agenda yang dilakukan berjalan dengan lancar.

Tiba di Venue Honda Bikers Day 2023

Setelah beristirahat di Depot HTS, perjalanan kembali dilanjutkan. Berjarak sekitar 16 kilometer dari depot HTS, perjalanan kini telah memasuki ruas jalan utama yang dipenuhi dengan berbagai tipe kendaraan mulai dari motor, mobil hingga truk bertonase besar.

Dan makin dekat ke pusat kota, arus lalu lintas juga makin ramai. Ditengah perjalanan kami berjumpa dengan rombongan Blogger & Vlogger lokal Jawa tengah yang turut melakukan touring Goes to Honda Bikers Day Malang. Ada kang Robby, Lucas, dan belasan orang lainnya yang kembali berjumpa di ajang serupa sejak terakhir tahun 2019 lalu di Ambarawa.

Sesampainya kami di Lapangan Rampal, kami langsung “diposisikan” di tenda Blogger & Vlogger. Disambut dengan pengalungan selendang oleh dua orang penyambut tamu dengan pakaian adat setempat, serasa hadir dalam peran orang besar, hehehe.

Terlihat memang semua persiapan bisa dibilang nyaris sempurna untuk momen event Gathering Akbar Komunitas Honda Indonesia yang telah vakum tiga tahun. Susah mau dicari kurangnya dimana. Di dalam tenda juga telah tersedia beragam menu makanan khas Malang, dan fasilitas lain yang memberikan kenyamanan sehingga kami dapat beristirahat sejenak menunggu jadwal Press Conference dimulai. Dan benar saja, beberapa saat kemudian kami mengikuti jalannya Press Conference yang dimoderatori oleh Bapak Antok Yuniarso selaku General Manager Honda Customer Care Center Division PT. Astra Honda Motor.

Adapun narasumber yang hadir adalah :

  1. Antok Yuniarso as General Manager HC3 Division AHM
  2. Suhari as Marketing Communication Development Division PT Mitra Pinasthika Mulia
  3. Andy Wijaya as General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM
  4. Satyo Prahnowo as General Manager HC3 Division PT Mitra Pinasthika Mulia
  5. Bayu Satya as Manager Community Development Dept.
  6. Andhika Sabmarin as Manager Brand Activation Dept.

Pada sesi Q&A yang dibagi menjadi dua sesi, ada tiga penanya di sesi pertama yakni kang Iwan Banaran, Aripitstop dan Monjenk Speed dari Lombok. Pertanyaan umum seputar gelaran Honda Bikers Day yang dijawab oleh masing-masing Narasumber. Papabikerz kebagian pertanyaan penutup di sesi kedua, satu pertanyaan saja karena memang hampir semua udah diborong oleh sesi pertama, wkwkwk.

Selepas sesi Press Conference, kami berkeliling venue untuk mengikuti keseruan dari para member Komunitas Honda Indonesia yang hadir di puluhan stand sponsor yang tersedia. Ada banyak games interaktif di stand Astra Honda Care, FDR Tire, RCB, dll.

Yang tak kalah seru tentu di Tenda Honda Modif Contest, ada puluhan motor modif hasil jawara region yang hadir di Lapangan Rampal untuk mengikuti Final Battle Honda Modif Contest 2023. Dengan ditutup oleh pengumuman hasil Final Battle Honda Modif Contest, acara kembali dilanjutkan setelah masuk waktu sholat Maghrib.

Acara Puncak

Dan sebagai ujung dari gelaran Honda Bikers Day Malang, ada Honda Bikers Ceremony. Setelah dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan Tarian tradisional Malang, lalu diikuti dengan Opening Speech oleh Mr. Susumu Mitsuishi selaku President Director PT. Astra Honda Motor. Lalu ada Mr. Thomas Wijaya selaku Executive Vice President Director PT. AHM beserta Mr. Suwito selaku President Director PT. MPM.

Mr. Susumu Mitsuishi terlihat sangat menikmati membacakan kata sambutan dalam bahasa Indonesia. Aksen Jepangnya kental, yang sesekali masih terbata-bata dalam mengucapkan teks kata sambutan. Namun tetap mendapatkan applaus dari hadirin di lapangan Rampal dengan tepuk tangan meriah ketika selesai membacakan kata sambutan. Tampak beliau telah bekerja keras untuk sekedar membawakan kata sambutan walau masih dibantu dengan teks.

Kemudian acara dilanjutkan dengan HBD Ceremony yang dimulai dengan penyalaan obor, Ikrar Sumpah Pemuda, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan ikrar Honda Bikers.

Barulah setelah selesai semua rundown, ribuan orang Bikers Honda se-Indonesia yang hadir disuguhi dengan penampilan Om Adella dan ditutup dengan Happy Asmara yang bernyanyi menghibur Bikers Honda yang telah memenuhi lapangan Rampal sedari lepas Maghrib.

Papabikerz dan sebagian rekan-rekan Blogger Vlogger memilih segera cabut dari venue dan beranjak menuju Hotel Golden Tulip Resort di Batu Malang. Sebuah resort bintang lima yang punya gaya arsitektur Belanda.

Terimakasih PT. Astra Honda Motor terkhusus HC3 Division dan tim yang telah berkenan memberikan kesempatan istimewa ini hadir di Honda Bikers Day 2023 Malang. Dan terimakasih kepada tim HC3 dan Safety Riding PT. MPM atas keramahan selama Papabikerz berada di Sidoarjo, Bromo dan Malang. Sampai jumpa di Event berikutnya…♥️

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan