Warna baru Balap kelas AP250 ARRC 2024

Halo Bikerzzz…

Gelaran balap motor Asia atau Asia Road Racing Championship 2023 telah merampungkan seri terakhirnya di Buriram Thailand akhir pekan lalu. Tim Astra Honda Racing Team dari Indonesia tercatat menjadi tim tersukses tahun ini, terutama di kelas Asia Production (AP) 250.

Dominasi yang kental, sejak seri perdana hingga seri penutupan di Thailand, dengan tiga pimpinan klasemen juga didominasi oleh pembalap Indonesia yang diperkuat dengan mesin CBR250RR yakni melalui Rheza Danica Ahrens, Herjun Atna Firdaus dan Beda Egapratama.

Kelas balapan yang mengadu motor sport berkubikasi mesin 250cc produksi dari negara Asia seperti Honda CBR250RR, Yamaha YZF-R25 dan Kawasaki Ninja 250R ini, kembali tahun ini dimenangkan dan didominasi oleh Honda dengan mesin CBR250RRnya.

Namun tahun depan, sepertinya bakalan ada inovasi di kelas ini, yakni dengan bertambahnya kompetitor dengan hadirnya beberapa tipe motor dengan kubikasi serta jumlah silinder yang bervariasi. Hal ini terlihat dari postingan di media sosial ARRC, dimana ada liputan pengujian motor baru seperti Yamaha R3 dan Kawasaki Ninja ZX-25R.

Pastinya hal ini juga bertujuan untuk memberikan warna baru untuk kompetisi yang lebih menarik, tentunya dengan aturan yang disesuaikan seperti pengaturan bobot minimal, serta limiter pada putaran mesin.

Dominasi CBR250RR memang kental sekali bahkan sejak tahun 2017 ketika debut pertama bersama Gery Salim. Hal ini terus berlanjut di tahun 2018, 2019, 2022 dan 2023.

Aturan mengenai teknis spesifikasi motor yang berlaga di ajang Asia Road Racing Championship sebenarnya telah lama tertera di laman website asiaroadracing.com. Terlihat disana detail di setiap motor yang berlaga ditentukan dengan sedemikian rupa, demi mendapatkan fairness atau keadilan bagi setiap brand yang bersaing di lintasan. Beberapa diantaranya adalah sbb;

Well, menarik nih menunggu update selanjutnya dari ARRC. Akankah skenario motor 2 silinder dapat beradu dalam satu lintasan bersama dengan motor dari merek dan spek yang berbeda. Jika ini terwujud, maka CBR250RR bakalan mendapatkan lawan tambahan seperti CBR300R, TVS RR310, ZX-25R dan mampukah pembalap Honda bertahan dari gempuran motor lain dari 1 sampai 4 silinder nantinya!!!

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan