Razia Knalpot Brong juga gencar di kota Padang

Halo Bikerzzz ..

Polresta Padang melancarkan razia knalpot bising alias knalpot brong. Hasilnya, tidak sampai 24 jam, ratusan kendaraan sepeda motor berknalpot brong dikandangkan.Razia dilakukan Polresta Padang mulai Sabtu (13/1/2024) malam hingga Minggu (14/1/2024) pagi, dan menjaring sebanyak 274 kendaraan.

Dikutip dari padangkita.com, razia Knalpot Brong ini digelar dengan tujuan untuk menertibkan para pengendara yang masih membandel menggunakan knalpot Brong.

“Penertiban knalpot brong dan pelanggaran kasat mata dilakukan serentak oleh Polresta dan Polsek,” kata Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap didampingi oleh Kasat Lantas Kompol Alfin.

Penertiban atau razia ini merupakan perintah sesuai maklumat Kapolda Sumatra Barat (Sumbar) tentang larangan kendaraan memakai knalpot brong. Seluruh personel Polresta Padang kemudian melakukan patroli. Begitu terlihat kendaraan memakai knalpot brong dan pelanggaran kasat mata langsung diamankan dan dikandangkan.

“Sebanyak 80 persen pelanggaran memakai knalpot brong,” ungkap Kapolresta. Kombes Pol Ferry Harahap juga menegaskan, bahwa pihaknya memang tidak main-main dengan yang namanya pelanggaran knalpot brong. Hal itu terlihat dari tindakan yang telah dilakukan, yakni langsung menyikat dan mengandang kendaraan yang pakai knalpot tidak standar tersebut.

“Kami mengimbau kepada warga Kota Padang, kalau tidak mau berurusan dengan kami, jangan pakai knalpot brong dan juga patuhilah peraturan berlalu lintas,” ingat Kapolresta Padang.

Anw, knalpot Brong hanya membuat susah jika dipakai buat harian. Masalah sosial yang sering terjadi, beberapa diantaranya dipicu oleh pengendara yang menggeber-geber motornya di area publik, seperti pemukiman, area militer, sekolah, kampus dan beberapa lokasi lainnya. Mestinya knalpot Brong hanya digunakan di saat kompetisi balapan, bukan harian. Kasus pengeroyokan relawan salah satu capres di Jawa sana, juga dipicu oleh sikap yang salah saat berkendara di depan komplek militer. Tentu kita tidak ingin kejadian serupa terulang kembali di Sumatera Barat. Walaupun memang di beberapa kali waktu, oknum pengendara sering berulah dengan motor yang menggunakan knalpot Brong.

Semoga aparat terkait dalam hal ini kepolisian, dapat menindaklanjuti dengan cermat dan tanpa tebang pilih. Gue bukannya anti dengan modifikasi motor, namun setidaknya pilah-pilah lah dulu serta bersikaplah dengan santun termasuk ketika berkendara

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan