Francesco Bagnaia juarai GP Qatar

Podium MotoGP Qatar 2024

Halo Bikerzzz…

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia memenangi balapan MotoGP Qatar 2024. Sementara debut Marc Marquez bersama Gresini Racing tuntas di posisi keempat.

Jalannya balapan

Saat para pembalap sudah bersiap untuk melakukan start, Raul Fernandez tiba-tiba mengangkat tangan pertanda ada masalah dengan motornya. Race pun tertunda karena Fernandez harus balik ke pit. Setelah tertunda 10 menit, balapan dimulai dengan Fernandez berada paling belakang.

Saat lampu hijau menyala, Jorge Martin langsung mengamankan posisi terdepan melewati tikungan pertama. Francesco Bagnaia tak mau membuang waktu untuk langsung melesat ke barisan depan dan melewati Martin untuk mengambil alih pimpinan balapan selepas lap pertama. Brad Binder, Marc Marquez, dan Enea Bastianini menguntit di posisi ketiga sampai kelima.

Memasuki lap kedua, Martin harus rela turun ke posisi ketiga setelah disalip Binder yang kini menguntit Bagnaia. Binder terus memangkas selisih waktu dengan Bagnaia di posisi terdepan.

Empat lap terlalu, selisih waktu Binder dengan Bagnaia sekitar 0,3 detik. Martin kemudian menyalip Binder menjelang lap keempat berakhir untuk masuk ke posisi kedua. Mereka sempat terlibat duel sengit di trek lurus memasuki lap kelima, tapi Martin bisa mempertahankan posisi kedua. Pedro Acosta selaku rookie terus mengganggu Marquez bersaudara dengan berada di posisi kelima, membelah Marc dan Alex di lap ini.

Enam lap berlalu, Bagnaia masih dikejar Martin yang berjarak kurang dari setengah detik. Satu podium tersisa masih diperebutkan Binder, Marc, dan Acosta.Pada lap kedelapan, Binder malah menyalip Martin untuk berada di posisi kedua. Satu lap kemudian, Martin membalas dengan merebut kembali posisi kedua dari Binder.

Bagnaia melebarkan jarak menjadi satu detik untuk pertama kalinya di balapan ini. Memasuki lap kesepuluh, Binder menyalip Martin di trek lurus dan sempat terjadi duel di tikungan pertama.

Acosta akhirnya bisa menyalip Marquez di lap ke-11 untuk merebut posisi keempat. Bagnaia masih nyaman di posisi terdepan, sementara Binder dan Martin masih berebut posisi kedua.

Satu lap kemudian, Acosta coba mendekati Martin untuk bisa merebut podium ketiga. Tapi, upaya Acosta tidak berhasil dan dia pelan-pelan menurun hingga ada di posisi ketujuh pada lap ke-16.

Memasuki dua lap terakhir, Bagnaia masih nyaman berada di posisi terdepan dengan keunggulan 1,315 detik dari Binder di posisi kedua, Martin menguntit di posisi ketiga diikuti Marc Marquez, Bastianini, Alex Marquez, Fabio Di Giannantonio, Aleix Espargaro, Pedro Acosta, dan Maverick Vinales.

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan