Lebaran makin dekat, perhatikan hal-hal berikut sebelum Mudik dengan Sepeda Motor!

Halo Bikerzzz…

Gak terasa udah genap 20 hari kita menunaikan ibadah puasa Ramadhan tahun ini. Artinya tinggal sepuluh hari lagi kita akan merayakan datangnya hari kemenangan Idul Fitri yang penuh dengan kegembiraan dan suka cita.

Adapun sebagaimana biasanya yang jamak terjadi di negeri kita, momen libur Hari Raya Idul Fitri dimanfaatkan dengan pulang kampung untuk berhari raya bersama sanak famili. Menempuh perjalanan dengan berbagai moda transportasi baik pribadi maupun umum, momen lebaran adalah sebuah momen yang teramat sayang jika dilewatkan tanpa berkumpul dengan orang-orang terkasih, terlebih bagi para perantau yang sekian lama gak pulang ke kampung halaman.

Nah, momen mudik tidak hanya dirasakan oleh para penumpang angkutan umum, melainkan juga bagi para milik kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat. Seperti tahun-tahun yang lalu, mudik dengan Sepeda motor masih menjadi primadona bagi ratusan ribu bahkan jutaan orang di tanah air, terutama di Pulau Jawa sana. Tidak hanya lebih efisien dari sisi biaya perjalanan, mengendarai sepeda motor dianggap sebagai pilihan yang tepat dan hemat terlebih bagi para pemudik.

Keberadaan unit sepeda motor di kampung halaman menjadi jawaban bagi setiap pemudik yang ingin berkeliling dan berlebaran di rumah keluarga yang berjauhan namun masih dalam satu kota. Ketimbang harus menyewa mobil ataupun menumpangi angkutan umum, mengendarai sepeda motor menjadi primadona untuk saling berkunjung ke rumah kerabat di kampung halaman Dengan bermodalkan bensin satu tangki saja, udah bisa menempuh jarak ratusan kilometerberkeliling di hari raya. Jauh lebih hemat dibandingkan menyewa kendaraan yang notabene biayanya jauh lebih mahal pada saat momen lebaran.

Namun sebelum memutuskan untuk mudik dengan menggunakan sepeda motor, kamu mesti mempersiapkan beberapa hal penting agar perjalananmu menuju kampung halaman dapat berjalan dengan lancar, aman dan tanpa kendala. Nah apa sajakah itu;

  1. Periksa kondisi motor
    Ini adalah syarat wajib sebelum memutuskan untuk pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor. Tidak hanya soal motor yang irit BBM, buat mudik kamu juga mesti pastikan beberapa hal sbb;
    – Pastikan motor telah diservis termasuk ganti oli mesin, Oli gardan dan servis CVT (buat matic)
    – Periksa semua fungsi kelistrikan dan lampu isyarat serta penerangan
    – Periksa tekanan angin dan kedalaman alur ban, bila hampir gundul sebaiknya diganti saja
    – Pastikan kelengkapan surat-surat (SIM & STNK)
  2. Pastikan kondisi tubuh fit
    Selain kondisi Sepeda motor, kondisi tubuh juga tidak boleh diabaikan walaupun kita merasa masih cukup sehat dan lancar beraktivitas. Beberapa poin penting terkait kondisi tubuh diantaranya:
    – Minum air putih yang cukup setiap hari
    – Konsumsi sayur, buah-buahan dan susu sebagai penambah kebutuhan vitamin dan mineral.
    – Berikan Perhatian pada kadar gizi makanan sehari-hari. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji salam jangka waktu lama.
    – Jangan berkendara dengan tubuh yang berada dibawah pengaruh obat-obatan
    – Luangkan waktu untuk berolahraga agar tubuh lebih bugar dan siap untuk menempuh perjalanan panjang
  3. Persiapkan alat/ benda penting seperti kebutuhan pribadi
    Tidak hanya uang jajan, benda-benda penting yang menjadi kebutuhan selama beraktivitas di luar ruangan seperti sapu tangan, obat-obatan pribadi, charger & powerbank gadget, daftar alamat dan kontak penting dll.

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 895 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan