Tips menjaga mulut dan gigi tetap sehat selama berpuasa

Kesehatan gigi dan mulut

Halo Bikerzzz…

Bukan puasa bulan yang mulia, sejuta kebaikan turun ke dunia bagi setiap hamba-Nya yang menunaikan dengan sungguh-sungguh. Tidak hanya berpuasa pada siang harinya, kaum muslimin juga dianjurkan untuk menunaikan ibadah seperti sholat Tarawih dan Witir pada malam harinya.

Selama berpuasa, tubuh kita mengalami perubahan kebiasaan dan proses metabolisme dibandingkan saat bulan-bulan sebelum puasa. Dan perubahan kebiasaan ini sendiri juga memiliki dampak terutama pada tubuh yang bermuara pada kondisi fisik kita.

Jika pada saat sebelum bulan puasa, kita masih dapat mengkonsumsi makanan dan minuman siang harinya, tentu hal ini tidak bisa kita lakukan lagi di bulan puasa. Hal ini seiring dengan menurunnya fokus dan stamina, terutama saat kita harus beraktivitas dibawah terik matahari.

Nah, tidak hanya sekedar minum air putih yang cukup, kita perlu melakukan beberapa langkah agar kita memiliki kondisi kesehatan badan yang prima, termasuk bagian gigi dan mulut selama berpuasa.

Papabikerz berkesempatan untuk diskusi dengan salah seorang Mahasiswa Kedokteran gigi yang tengah menjalani program Co Ass di salah satu Rumah Sakit Gigi dan mulut di kota Padang hari ini. Diskusi ringan seputar tips puasa yang lancar, dengan tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut berdasarkan sisi kedokteran yang dipelajarinya selama masih mengikuti perkuliahan di salah satu fakultas kedokteran ternama di kota Padang.

Anw, berikut sefruit tips menjaga kesehatan mulut dan gigi saat berpuasa Ramadhan, diantaranya;

  1. Air putih adalah kunci. Minum air putih yang cukup pada saat sahur, berbuka, dan setelah makan malam tentu jadi modal utama bagi sistem hidrasi tubuh. Tidak perlu berlebihan, asalkan kebutuhan cairan tubuh tercukupi dengan 1-2 liter air.
  2. Gosok gigi teratur. Menggosok gigi pada saat selesai makan sahur dan sebelum tidur, membantu untuk menekan bakteri di rongga mulut.
  3. Gunakan obat kumur. Nah ini opsi tambahan agar nafas lebih segar selama berpuasa. Setelah selesai menyikat gigi, ada baiknya kamu berkumur untuk mendapatkan hasil lebih optimal, gigi bersih nafaspun segar.
  4. Gunakan dental floss. Sering kali gosok gigi masih menyisakan sisa makanan pada sela-sela gigi. Nah menggunakan benang gigi/ dental floss adalah solusi untuk mendapatkan hasil maksimal untuk kebersihan gigi. Hindari menggunakan tusuk gigi, apalagi benda-benda lain yang tidak steril untuk mencongkel gigi.
  5. Konsumsi buah dan sayur. Nutrisi tentu masih menjadi syarat utama bagi penunjang kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah dan sayur adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Maka dari itu konsumsilah buah dan sayur pada saat sahur dan berbuka

Well, semoga tips diatas bermanfaat ygy. Jangan hanya war ta’jil yang serba manis, tapi malah abai dengan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut yaa

#Papabikerz

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan