Tips Mudik aman dengan mengendarai Sepeda Motor

Ilustrasi mudik dengan sepeda motor

Halo Bikerzzz…

Alhamdulillah kita telah sampai di penghujung Ramadhan. Bulan yang kita lalui dengan beribadah satu bulan penuh baik di siang maupun malam harinya, kini tinggal menghitung jam untuk kemudian berganti menuju hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri.

Begitu cepat rasanya waktu berlalu, dan sebagian besar dari kita saat ini tengah memulai perjalanan mudik menuju kampung halaman untuk dapat berkumpul bersama keluarga tercinta. Ada yang mudik dengan menumpangi transportasi umum, dan tidak sedikit juga yang berkendara dengan kendaraan pribadi bertolak kembali ke daerah asalnya.

Tidak hanya dengan mengemudikan mobil, jutaan orang hari ini memilih Sepeda motor sebagai moda transportasinya untuk kembali ke kampung halaman. Dengan alasan efisiensi dan kepraktisan serta mobilitas yang tinggi di kampung halaman, para pemudik memilih Sepeda motor untuk pulang kampung dan kembali ke perantauan walaupun harus melintasi ruas jalan antar provinsi dan berkendara selama berjam-jam lamanya.

Nah, kondisi tersebut tentu sangat rentan selain berkendara dengan sepeda motor juga tidak disarankan dalam jangka waktu lama, para pengendara juga dituntut untuk selalu siap dan waspada ketika berada di jalanan. Dan agar momen mudik bersama motor kesayangan berlangsung dengan lancar dan tanpa kendala, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan sebelum dan saat menempuh perjalanan mudikmu ygy;

  1. Pastikan kondisi motor prima dan siap menempuh perjalanan.
    Motor ibarat penyambung langkah bagi sebagian besar orang di negeri ini. Memiliki motor keluaran terbaru saja belum menjamin kelancaran mudik, terlebih jika kamu tidak melakukan perawatan berkala yang dilakukan sesuai kebutuhan motormu. Jangan lupa untuk cek kondisi mesin motor, komponen penggerak, lampu-lampu dan indikator, kampas rem, ban dan komponen-komponen lainnya.
    Bila malas ribet, kamu cukup mampir ke bengkel resmi atau bengkel langganan kamu dan lakukan inspeksi menyeluruh pada kondisi motormu sebelum memulai perjalanan mudik lebaran tahun ini.
  2. Pakailah riding gear yang proper.
    Bukan hanya helm dan jaket lho, momen mudik dengan motor juga mengharuskan kalian memakai riding gear tambahan seperti sarung tangan, masker/ balaclava, hingga pakaian yang nyaman namun tetap melindungi tubuh selama perjalanan.
    Hindari memakai pakaian yang tipis seperti kaos lengan panjang dan celana katun, dan usahakan kamu juga menambah riding protector agar badan lebih terlindungi sepanjang perjalanan mudik.
  3. Beristirahatlah yang cukup sebelum dan selama perjalanan.
    Malam sebelum berangkat mudik, hindari begadang dan beraktivitas berat. Usahakan tidur yang cukup semalam sebelum berangkat mudik. Dan saat menempuh perjalanan, usahakan beristirahat melepas penat setiap satu atau dua jam sekali.
    Tidak perlu harus tidur dulu ketika di perjalanan, yang penting pastikan tubuh kamu tidak kecapekan agar fokus dan konsentrasi dapat lebih optimal berkendara sepanjang perjalanan.
  4. Sesuaikan diri dengan kondisi arus lalu lintas.
    Ketika menempuh perjalanan antar kota dan provinsi, kamu akan dihadapkan pada momen dimana harus berbagi jalan dengan kendaraan lain baik mobil pribadi, bus, hingga truk-truk pengangkut bahan makanan, BBM dan lainnya.
    Jangan terlalu kencang atau terlalu pelan saat berkendara, serta gunakan selalu lajur kiri. Berkendara dengan kecepatan statis di lajur kanan/ lane hogger jangan dilakukan, karena lajur sebelah kanan adalah untuk mendahului kendaraan lain.

Anw, terlepas dari perbedaan awal Ramadhan 1445H kemarin, momen lebaran tahun ini sepertinya akan berlangsung serentak baik dari perhitungan Muhammadiyah hingga pemerintah. Otomatis saat lebaran tahun ini juga bakalan lebih ramai termasuk saat diperjalanan mudik dan balik. Tetaplah waspada dan berhati-hati agar perjalanan mudik dan balik bersama motor kesayangan dapat berlangsung dengan lancar dan selamat sampai di tujuan.

#papabikerz

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 901 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan