MENGENAL TEKNOLOGI PADA HELM NHK

Halo Motoleapers…

Sebagai orang yang hobi motoran, tentu kita punya minat yang kurang lebih sama salah satunya saat kita bicara helm. Nah, helm sebagai piranti utama saat kita berkendara, tentu tak luput dari perkembangannya sampai saat ini. Namun pernahkah kalian mengetahui detail seperti apa komponen yang menyusun terbentuknya sebuah helm?
Helm NHK, rasanya hampir semua kita yang udah gak asing dengan Brand helm lokal satu ini. Yaapss, pabrikan NHK memang asli Indonesia dan telah bertahun-tahun menghadirkan produk Helm terbaik bagi masyarakat Indonesia dan kini telah merambah hingga ke mancanegara.

Bagian-bagian dari helm NHK

TEKNOLOGI NHK 
Helm NHK berkomitmen untuk selalu memberikan produk terbaik dengan kualitas sempurna. Proses produksi helm NHK telah melalui banyak proses produksi yang didukung dengan teknologi tinggi terbaru dan material terbaik. Helm NHK dibuat untuk perlindungan dan kenyamanan maksimum untuk semua pengendara sepeda motor.

3 POINT PENETRATION TEST
AIR SOFT GUN SHELL IMPACT TEST
DYNAMIC RETENTION FOR CHINSTRAP TESTDYNAMIC RETENTION FOR CHINSTRAP TEST

1. HELMET SHELL
Shell atau Hard Outer Shell adalah komponen keamanan terpenting pada helm. Kualitas dan tingkat kekerasan cangkang helm ditentukan dari bahan plastik ABS, kevlar, fiberglass atau serat karbon. Cangkang helm akan menyerap energi ketika ada dampak keras terjadi, cangkang akan mendistribusikan energi itu ke area lain dari permukaan cangkang. Cangkang Helm NHK dibuat dengan bahan berkualitas tinggi yang tidak hanya sangat kuat, ringan, elastis, dan tahan terhadap benturan tetapi juga dibuat sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan.

Outer Shell/ cangkang luar helm NHK

2. AIR VENTILATION
Ventilasi udara Sistem pada helm biasanya terletak di bagian depan dagu, di atas kepala, bagian belakang kepala atau di bagian belakang leher. Fungsi slot ventilasi ini adalah untuk menjaga sirkulasi udara serta udara masuk dan keluar sehingga bagian dalam helm tetap terasa sejuk dan nyaman saat digunakan.

Sistem Ventilasi NHK mendinginkan, mengeringkan udara ke dalam helm, dan menggunakan area dengan tekanan udara rendah ke bagian belakang helm untuk menarik udara hangat dan lembab melalui saluran keluar knalpot dan ke lingkungan luar. Fitur ventilasi udara pada helm NHK menggunakan terowongan angin untuk memaksimalkan kinerja aliran udara di helm. Penempatan dan pembentukan saluran masuk dan keluar yang sempurna, bersama dengan saluran udara yang dibuat di dalam EPS, adalah dasar utama ventilasi udara untuk bekerja secara optimal. Sistem ventilasi NHK mengarahkan fitur / fungsi prioritas tinggi selama fase pengujian pengembangan helm baru, NHK menggunakan terowongan angin canggih untuk memaksimalkan kinerja ventilasi. Penempatan dan pembentukan saluran masuk dan outlet yang sempurna, bersama dengan saluran udara yang dibuat dalam liner EPS,

Terlihat lubang ventilasi udara pada bagian depan dan atas helm

3. SHIELD / VISOR
Visor NHK melindungi pengendara terhadap angin, kotoran, serangga, dan NHK Visor atau Helmet Shields adalah salah satu bagian penting dari helm, untuk kenyamanan pengendara dan dilindungi dari debu, angin, hujan, dan benda lain yang berpotensi terkena mata saat mengendarai. Selain itu, visor digunakan untuk melindungi mata dari sinar UV yang merusak.

Helmet Shield / 3D Visor adalah kaca cembung yang terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah pecah atau pecah ketika jatuh dan tertekuk. Visor helm NHK terbuat dari bahan berkualitas tinggi yaitu Polycarbonate, dan pada saat proses injeksi 3D, Semua pelindung NHK diuji untuk memastikan kepatuhan dengan standar sertifikasi Internasional.

Visor / helm Shield pada umumnya memiliki 4 jenis warna, yaitu Clear, Rainbow, Smoke, Silver dan sekarang beberapa produsen memproduksi beberapa warna lain seperti Pink, Biru dan Kuning.

Wujud Visor Helm yang terbuat dari Polycarbonate sehingga tidak mudah pecah

4. FOAM / EPS LINER
Styrofoam atau lapisan penyerap terletak di dalam helm. EPS terletak di antara cangkang (Cangkang Luar Keras) dan busa dalam helm (Interior Comfort Padding). Styrofoam terbuat dari polystyrene atau polypropylene.

Lapisan EPS helm dirancang untuk menyerap energi dampak dan melindungi risiko gegar otak. Lapisan EPS dari helm NHK dirancang khusus untuk menyerap dampak yang sangat kuat. Sistem liner EPS EPS Multi-Densitas EPS inovatif Multi-Density tidak hanya memberikan peningkatan penyerapan dampak dengan memanfaatkan beragam kepadatan busa di area utama di sekitar kepala pengendara, NHK dirancang untuk memungkinkan udara pendingin untuk lalu tanpa hambatan melalui terowongan yang dibuat di EPS, jadi itu akan menciptakan ventilasi udara yang baik di dalam helm NHK.

Bentuk Styrofoam pada sisi dalam helm

5. HELMET INTERIOR
Sistem interior Helm NHK dirancang dengan perhatian dan pertimbangan ekstra terhadap beberapa detail dan ukuran sempurna untuk memberikan kenyamanan dan daya tahan maksimum selama semua bentuk berkendara. Sebagian besar helm NHK dilengkapi dengan liner interior yang dapat dilepas sepenuhnya, dapat dicuci, dan berbentuk 3D agar sesuai dengan kontur kepala pengendara. Itu telah disesuaikan dengan kontur ergonomis pengendara untuk menjaga pengendara merasa nyaman saat bahkan ketika berkendara dengan kecepatan tinggi.

Padding/ busa pada bagian dalam helm yang bersentuhan dengan kepala

6. CHAIN STRAP
Fungsi utama dari pengikat helm atau sering disebut Chinstrap adalah untuk dapat menempelkan helm dengan kuat ke kepala. Ini dilakukan dengan menggunakan chinstrap dengan kekuatan tarik dan ekstensibilitas yang tepat. Chinstrap ini biasanya dipasang kuat pada cangkang helm menggunakan keling logam. Tali helm di dagu harus selalu dipasang ketika Anda mengendarai sepeda motor untuk menjaga helm pada posisi yang benar dan tidak bergeser. Tali helm harus selalu dalam kondisi baik, ganti ketika ada kerusakan karena jika tali helm Anda tidak dipasang dengan benar itu akan sangat berbahaya.

Helm NHK Chinstrap telah melalui serangkaian pengujian pada proses pembuatannya. Menggunakan mesin uji khusus untuk menentukan resistansi retensi chinstrap, tali helm chinstrap NHK tetap aman meskipun telah melewati uji tarik di beberapa titik, sehingga keselamatan terjamin. Chinstrap pada helm memiliki 2 jenis: Micromatic Buckle Strap sering ditemukan pada helm harian dan Double D Ring Strap biasanya digunakan untuk helm balap.

7. SECURITY STANDARD
Helm NHK diproduksi dengan bahan terbaik yang telah disesuaikan dengan standar keamanan tinggi, selain itu helm NHK juga telah melalui beberapa pengujian dan pengujian produk, sehingga helm NHK telah lulus uji dan telah disetujui oleh SNI, DOT ECE dan beberapa NHK helm telah memenuhi standar SNELL.

Dengan sertifikasi / standardisasi yang telah diperoleh oleh helm NHK baik dari Indonesia maupun Internasional, dapat dipastikan bahwa helm NHK adalah aman, nyaman dan tidak diragukan lagi untuk kualitasnya.

Standar keamanan pada Helm NHK

Untuk produk helm sendiri, NHK menyediakan berbagai varian helm, mulai dari harian, hingga ke penggunaan di lintasan balap. Yang tertinggi tentu seri NHK GP-R Tech yang digunakan oleh pebalap MotoGP maupun seri balapan Mancanegara lainnya. Salah satu pebalap MotoGP yang pernah memakai helm tipe ini adalah Karel Abraham yang membalap tahun lalu bersama Avintia Racing.

Helm NHK GP-R Tech Karel Abraham, asli bikin ngiler punya helm balap sekeren ini

Well, bagi kalian yang tertarik dengan produk helm NHK ini, kalian dapat mencari di toko helm atau Bikers Store terdekat di kota kalian ya gaeess. Atau kalian juga dapat cek di website NHK Helmet yakni di https://www.helmnhk.com/.

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 886 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan