Quartararo menangi GP Portimao

Luar biasa, Quartararo menunjukan kelasnya diatas motor Yamaha dengan memenangi GP Portimao Portugal, kemarin malam. Dikutip dari MotoGP.com, Pembalap Prancis itu mengubah posisi terdepan menjadi kemenangan di Grande Prémio 888 de Portugal saat balapan MotoGP™. Balapan yang sengit, dimana kita melihat beberapa nama besar tersingkir, tetapi itu tidak terjadi untuk tempat kedua Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) dan tempat ketiga Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar). Dan juara dunia delapan kali Marc Marquez yang kembali (Tim Repsol Honda) berjuang keras untuk menyelesaikan balapan di Posisi 7 di Portimao.

Pelarian awal dari polesitter Quartararo hampir sebaik yang didapat, tetapi di fase kedua start, tempat ketiga Johann Zarco (Pramac Racing) dan tempat kedua Alex Rins (Tim Suzuki Ecstar) lebih baik dari pria Yamaha dan itu adalah Suzuki dari Rins yang meraih holeshot, tapi Zarco adalah pemimpin balapan pertama. Marc Marquez membuat awal yang bagus dan berjuang melawan Jack Miller (Tim Lenovo Ducati) untuk P3. Mir membuat awal yang bagus dan naik ke lima besar, dan itu adalah Mir vs Marquez lagi di lap pembukaan. Juara Dunia yang berkuasa mendorong GSX-RR-nya ke dalam Repsol Honda di Tikungan 11 untuk P3.

Jadi Zarco memimpin lap pembuka dan di Tikungan 3, Marc Marquez dan Mir kembali mendekat – terlalu dekat. Marquez menandai bagian belakang Mir, untungnya tetap bertahan, tetapi itu memungkinkan tempat keenam Quartararo untuk menggeliat ke posisi keempat melewati Marquez dan Miller, yang terakhir dan kemudian Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) melewati Marquez saat juara delapan kali itu merosot ke P7. . Di depan, Rins menunjukkan roda ke Zarco di Belokan 13 tetapi tidak ada jalan untuk lewat… untuk saat ini.

Lap 3 membuat Quartararo melakukan langkah bersih di dalam Mir di Tikungan 1 untuk P3, pria Prancis itu membuat kemajuan cepat setelah sedikit dipukuli di awal, dengan gerakan Tikungan 13 di Zarco mencuat di ketiga kalinya meminta lap kemudian. Jadi pada Lap 5, Rins sekarang menjadi pemimpin balapan Anda, tetapi Zarco kembali melaju di lintasan lurus. Kemudian, tiba-tiba, suara sepeda yang menabrak dek terdengar dan saat kamera menyorot, kami melihat Miller turun di Tikungan 3 di awal Lap 6. GP Portugis Australia usai setelah lebih dari empat lap, bencana bagi orang pabrikan Ducati. Di lap yang sama, harapan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) untuk mimbar rumah impian lainnya telah berakhir. Bintang Portugal itu turun di Tikungan 14, dia melakukan remount tetapi pertandingan berakhir untuk Oliveira.

Quartararo telah mengikuti Rins dengan Zarco dan pria Yamaha itu sekarang telah mengatur radarnya dengan kuat pada P1. Sama seperti yang dia lakukan di Suzuki lainnya, Quartararo menukik dari dalam menuruni bukit ke Belokan 1 dan El Diablo sekarang berada di ujung tombak balapan. Di sinilah Quartararo dan Rins mulai menunjukkan keunggulan Portimao. Beberapa lap kemudian, tempat ketiga Mir tertinggal satu setengah detik dari duo terdepan, dengan Lap 14 melihat Quartararo menetapkan 1: 39,680 – lap tercepat. Namun, Rins mencocokkan Yamaha di setiap langkahnya. Duo ini bertukar lap tercepat pada banyak kesempatan, tetapi beberapa drama kolosal akan segera terungkap untuk dua pembalap.

Pertama, kami melihat Rins terjatuh di Tikungan 5 pada Lap 19 dari 25. Petenis kidal yang menuruni bukit dan licik itu berhasil menangkap petenis Spanyol yang berada tepat di belakang Quartararo, dan balapan itu berakhir untuk mendapatkan nomor 42 di Portimao. Ini memberi Quartararo keunggulan 4,2 detik atas Zarco, dengan Bagnaia meraih P3 dari Mir di Tikungan 5. Kemudian, satu putaran kemudian di Tikungan 11, pemimpin Kejuaraan Dunia itu turun. Bagian depan Zarco menghanyutkan puncak bukit dan orang Prancis itu meluncur keluar dari persaingan, tepat setelah Bagnaia menjemputnya di Tikungan 5.

Kecuali bencana, kemenangan adalah milik Quartararo. Namun, pertarungan podium masih berlangsung dengan baik. Bagnaia memegang P2 dan terlihat bagus, dengan Mir memiliki Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di spionnya menuju pertukaran terakhir. Dengan dua sisa, ketiganya terkunci bersama tetapi Pecco tidak menyerah, karena tempat kelima Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) berjarak kurang dari satu detik dari roda belakang Morbidelli. Mir menekan Bagnaia tetapi pembalap Italia itu bertahan dengan kuat, dan pada lap terakhir, pebalap Suzuki itu tidak cukup dekat untuk bergerak.

Lima detik kemudian, Quartararo melaju melewati garis untuk meraih kemenangan keduanya di tahun 2021. Kemenangan yang meyakinkan bagi rekrutan baru pabrikan Yamaha, dan yang membuatnya memimpin 15 poin ke Jerez – sirkuit yang cukup sukses di dalamnya. musim terakhir. Pemulihan Bagnaia dari P11 ke P2 luar biasa, hari Minggu yang fantastis di Portimao bagi pembalap Italia yang naik ke P2 di klasemen dengan podium pertamanya tahun ini. Mir akhirnya mengalahkan Morbidelli dengan 0,179 detik untuk mendapatkan podium pertamanya pada tahun 2021, hasil penting dari Juara Dunia dan mimbar lainnya setelah memulai dari luar dua baris teratas.

Ini adalah kembalinya performa untuk tempat keempat Morbidelli, pembalap Italia di podium sepanjang semoga menyingkirkan kesengsaraan Losail. P5 Binder sekali lagi membuktikan bahwa Afrika Selatan adalah pembalap hari Minggu terus menerus, itu adalah hasil yang meningkatkan moral untuk KTM dan Binder di depan Jerez. Aleix Espargaro mendapatkan Aprilia hasil MotoGP ™ terbaik yang sama di P6, satu lagi perjalanan hebat dari pembalap Spanyol itu, yang mengalahkan pebalap tercepat ketujuh dengan 4,3 detik.

Pria itu adalah Marc Marquez. Juara Dunia delapan kali menyelesaikan balapan pertamanya sejak final GP Valencia 2019, dan emosi ditunjukkan oleh pembalap Spanyol itu ketika dia kembali ke kotaknya. Penampilan yang benar-benar terpuji dari Marc Marquez sekembalinya ke MotoGP ™, dunia memberi hormat pada perjalanannya yang luar biasa di Portimao.

Alex Marquez (LCR Honda Castrol) mengantongi 10 besar pertamanya di P8, dengan Juara Dunia Moto2 ™ Enea Bastianini (Avintia Esponsorama) meraih hasil 10 besar MotoGP ™ keduanya di P9. Satu lagi perjalanan brilian dari ‘The Beast’, dan usaha yang luar biasa dari peringkat 10 Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu). Pebalap Jepang yang babak belur dan terluka itu telah mengalami rasa sakit yang cukup sepanjang akhir pekan sejak kecelakaan besar di Tikungan 1 pada Jumat, tetapi P10 menyimpulkan betapa tangguh – secara fisik dan mental – para pebalap MotoGP ™.

Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) tidak pulih dari awal yang mengerikan, dan pada akhirnya diuntungkan dari beberapa tabrakan untuk mengambil P11. Hari yang mengecewakan bagi Vinales di Portimao, dia terpaut 23 detik dari rekan setimnya Quartararo. Luca Marini (SKY VR46 Avintia) merosot ke P12 dari awal P8 tetapi itu tetap merupakan akhir pekan yang sangat menjanjikan bagi pembalap Italia itu, pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Danilo Petrucci (Tech3 KTM Factory Racing) yang cedera, Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini) dan Iker Lecuona (Tech3 KTM Factory Racing) melengkapi poin, Oliveira adalah finisher terakhir di P16 setelah kecelakaan itu.

Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) jatuh di Tikungan 11, pengendara baik-baik saja, dengan Pol Espargaro (Tim Repsol Honda) masuk pitlane pada tahap awal karena masalah teknis.

Quartararo terus maju dalam perburuan gelar 2021, dua kemenangan dari tiga adalah penghitungan orang Prancis itu menuju ke Jerez, dan itu akan segera menjadi pemain berusia 22 tahun yang penuh dengan kepercayaan diri saat saingannya jatuh di pinggir jalan di Portugal. Libur akhir pekan diikuti oleh GP Spanyol pada akhir April / awal Mei, dan perebutan gelar sudah berputar-putar. Bagaimanapun, ini adalah MotoGP ™.

Top 10:
1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP)
2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 4.809
3. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 4.948
4. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 5.127
5. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 6.668
6. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 8.885
7. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 13.208
8. Alex Marquez (LCR Honda Castrol) + 17.992
9. Enea Bastianini (Avintia Esponsorama) + 22.369
10. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 23.676

#MotoGP.com

About PapabikerZ 230 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan