Kenali Fungsi Assist & Slipper Clutch

Halo Bikerzzz…
Inovasi dan perkembangan teknologi sepeda motor terus bergerak maju. Produsen sepeda motor terus berusaha membuat produk dengan teknologi termutakhirnya. Salah satunya adalah teknologi Assist & Slipper Clutch.

Teknologi yang dulu hanya ditemukan pada sepeda motor bermesin besar, kini bisa dirasakan oleh penguna sepeda motor bermesin 250 cc ke bawah. Seperti pada Honda CBR150R dan CBR250RR.

Assist dan slipper clutch bekerja pada kondisi berbeda. Assist clutch bekerja pada saat sepeda motor berakselerasi, sedangkan slipper clutch bekerja pada saat sepeda motor deselerasi.

Pada saat akselerasi Assist clutch berfungsi untuk membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga dengan menghilangkan power loss pada kopling. Sedangkan saat deselerasi Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah roda belakang tergelincir atau slip ketika pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi secara extreme.

Dengan teknologi ini beban clutch spring berkurang sehingga beban pengoperasian clutch lever menjadi berkurang.

Manfaat teknologi assist dan slipper clutch bagi pengendara :

  • Fitur assist pada kopling, handel jadi lebih ringan, sehingga tangan tidak mudah lelah ketika di kemacetan
  • Memudahkan mengontrol laju motor, Dengan adanya slipper pada kopling, ketika engine brake (deselerasi extrem). Karena sistem slipper clutch akan mencegah roda belakang mengunci sehingga tidak akan terjadi slip.
  • Dengan teknologi Assist & Slipper Clutch, komponen gir, rantai dan ban jadi lebih awet karena hentakan saat engine brake berkurang.

Agar kopling seluruh komponen sepeda motor tetap dalam kondisi prima dan bisa bekerja dengan sempurna, perlu dilakukan pemeriksaan dan penyetelan secara berkala. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor kesayangan di bengkel AHASS terdekat supaya sepeda motor selalu dalam kondisi prima.
#AHM

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan