PERHATIAN!!! Ketahui Tips membonceng anak yang aman ketika berkendara

Berboncengan dengan anak saat berkendara

Halo Bikerzzz…
Mengendarai sepeda motor adalah sebuah opsi transportasi pribadi paling besar di dunia. Hal ini wajar sih, terutama di negara berkembang seperti di Indonesia. Rakyat Indonesia merupakan salah satu konsumen pengguna sepeda motor terbesar di Asia tenggara. Sehingga keberadaan motor adalah hal lumrah di setiap rumah. Motor ibarat bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang, terlepas dari apapun strata ekonomi dan sosial mereka.

Dan setiap hari, kita seringkali melihat banyak orang yang berkendara lalu lalang, baik sendiri, maupun berboncengan. Setiap orang memiliki berbagai keperluan dan tujuan yang ditempuh menjadi alasan mengapa banyak orang yang berkendara setiap harinya. Hal ini tentu wajar, karena mengendarai sepeda motor sudah menjadi keharusan, selain tentu harus jadi salah satu skill yang wajib dimiliki saat ini. Tidak hanya oleh kaum Adam, melainkan juga kaum hawa. Namun, tahukan kalian gaeess, berkendara ternyata juga harus paham beberapa hal saat berboncengan, salah satunya adalah ketika membonceng anak-anak.

Berboncengan dengan anak saat berkendara haruslah memperhatikan keamanan anak sepanjang perjalanan

Dan untuk itulah, Papabikerz mencari referensi terbaik perihal berkendara sambil memboncengi anak-anak. Adalah Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion PT. Wahana Makmur Sejati Main Dealer Honda untuk provinsi DKI Jakarta & Tangerang membeberkan tips berkendara sambil membonceng anak-anak sbb;

  1. Tempatkan anak di posisi belakang pengendara, agar terlindungi dari terpaan angin, maupun benda-benda kecil yg berterbangan, karena saat kita berkendara kita akan melawan arah angin.
  2. Pastikan anak berpengangan pada pengendara dan posisi kaki menginjak footstep motor, agar lebih aman gunakan belt/ sabuk yg mengikat anak dgn pengendara, karena anak cenderung tertidur ketika berboncengan.
  3. Usahakan tidak menempatkan anak pada kursi tambahan di motor, karena pada saat terjadi kecelakaan, pengendara maupun pembonceng harus terlepas dari motor untuk menghindari luka fatal.
  4. Pastikan anak tetap menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, sesuai dengan ukuran tubuhnya.
  5. Apabila anak belum bisa berpegangan dan posisi kaki belum bisa menginjak footstep sebaiknya gunakan belt yang diikatkan ke pengendara atau yang paling aman adalah menggunakan transportasi umum jika jarak yg ditempuh cukup jauh.

“Pada dasarnya ada beberapa teknik dan wawasan yang harus dikuasai oleh setiap pengendara sepeda motor, mulai dari peruntukan sepeda motor yang idealnya diperuntukkan untuk dua orang, yaitu pengendara dan pembonceng, dan tips untuk membonceng anak memang perlu perlakuan khusus agar anak lebih aman dan nyaman sampai tujuan”

Agus Sani – Head of Safety Riding Promotion PT. Wahana Makmur Sejati

Memang tingkat kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya keselamatan berkendara belumlah sebaik orang-orang luar negeri. Tidak hanya faktor pengetahuan dan latar belakang pendidikan, ada banyak faktor lainnya yang mempengaruhi hal tersebut. Sehingga tidak jarang kita melihat kecelakaan lalu lintas merenggut banyak korban karena minimnya perlindungan pada pengendara dan pembonceng termasuk anak-anak. Tidak hanya faktor minimnya pengetahuan dan etika berkendara, bahkan hingga kepada kondisi kendaraan yang tidak layak untuk dikendarai. Semua berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Membonceng anak-anak pada saat berkendara pada dasarnya juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai safety riding sedari dini. Melalui pengenalan tentang berkendara yang aman, hingga persiapan dan tips berkendara yang aman sepanjang jalan. Mengajarkan anak-anak memakai helm misalnya. Atau mungkin juga seperti mengajarkan postur yang benar saat duduk diatas jok motor, memakai jaket dan pakaian yang proper buat berkendara. Hingga menambahan masker di tengah kondisi pandemik covid-19 sekarang ini, semua perlu diajarkan agar anak-anak kita siap untuk melaluinya.

Karena berkendara bukan sekedar cepat sampai di tujuan, melainkan tentang bagaimana kita menikmati berbagai momen di sepanjang perjalanan. Dan tentu saja dengan membiasakan berkendara yang aman bagi anak-anak kita sedari dini, akan menanamkan nilai perhatian yang tulus akan betapa kita mencintai mereka sebagai anak-anak yang kelak akan menempuh kehidupannya masing-masing.

#Papabikerz

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan