Bikers perlu tahu, berikut Jenis-jenis standarisasi Helm

Halo Bikerzzz…
Tahun 2021 ini adalah tahun keemasan bagi industri helm tanah air. Banyak pabrikan berlomba untuk menelurkan helm terbaru yang punya spek mencukupi untuk riding harian. Pabrikan helm lokal juga intens mempromosikan produk helm mereka baik dari tipe Full Face maupun open Face.

Menggunakan helm masuk dalam ketegori safety gear bagi pengendara sepeda motor. Maka dari itu, perlu ada standarisasi khusus yang membuktikan bila pelindung kepala tersebut layak digunakan. Layak digunakan dalam hal ini bukan hanya sekadar bisa dipakai, tapi juga terbukti bisa melindungi, terutama sektor kepala pengendara.

Berangkat dari hal itu, harus ada pengujian mengenai kualitas helm, termasuk material yang digunakan.
Seperti diketahui, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan motor dapat mengakibatkan pengendara dan atau penumpangnya mengalami luka parah, atau bahkan sampai meninggal dunia. Hal ini salah satunya disebabkan karena minimnya perlindungan pada pengendara sepeda motor.

Lantas apa saja standarisasi helm yang ada di dunia dan yang dipakai di Indonesia itu seperti apa standarnya? Nah berikut berapa standarisasi yang banyak terdapat pada helm yang beredar di tanah air.

Departemen of Transportation (DOT)

DOT singkatan dari Department of Transportation yang melakukan uji kelayakan dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Association di Amerika Serikat dan sertifikasi ini tentu telah memiliki kualitas internasional.

Lisensi ini didirikan di Amerika pada 15 Oktober 1966 dan digunakan untuk helm-helm yang beredar di Amerika. Helm berlisensi ini biasanya menggunakan tali DD ring.

Snell Memorial Foudation (SMF)

Standar yang ditetapkan oleh SNELL MEMORIAL FOUNDATION, merupakan lembaga institusi standar independen yang tidak terikat pada regulasi negara.

Para produsen helm kelas dunia mendukung lembaga ini dan mengakui lembaga ini memiliki standar yang tinggi. SNELL bahkan melakukan uji kelayakan yang lebih ketat dibandingkan dengan DOT.

Saat ini sertifikasi Snell dianggap sebagai tolak ukur kualitas helm. Snell memberikan standar tertinggi untuk pengujian helm.

Banyak biker di Amerika lebih suka menggunakan helm berstandarisasi SNELL, hal ini dikarenakan standar SNELL dapat mentransfer g-force ke kepala rider lebih baik ketimbang standar DOT.

ECE 22.05

Singkatan dari Economic Community of Europe 22-05 termasuk standar tertinggi, dapat disamakan dengan SNELL M-2000, dan dianggap lebih tinggi dari standar DOT maupun standar Eropa CE yang lebih tua lainnya.

Standar keamanan helm ini sering digunakan oleh negara-negara di Eropa. Helm-helm yang menggunakan lisensi ini adalah AGV, Nolan, X-Lite, HJC dan masih ada beberapa merk helm.

Salah satu produk helm yang memiliki standarisasi ECE, DOT dan SNI, RSV SV300

SNI (Standar Nasional Indonesia)

Standar Nasional Indonesia adalah uji kualitas produk agar bisa di pasarkan di indonesia. Berdasarkan Pasal 1 angka 3 Peraturan Pemerintah No. 102 Tahun 2000 tentang Standarisasi Nasional (PP 102/2000), SNI adalah standar yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional dan berlaku secara nasional.

Helm yang sudah mendapatkan tanda SNI (sertifikasi), pada setiap helmnya akan dibubuhkan logo SNI secara timbul (embos). Mengenai SNI pada helm itu sendiri mencakupi minimal melindungi bagian atas dan belakang kepala (seperti Half Face), dengan kondisi busa, kaca, dan tempurung helm yang sudah memenuhi syarat-syarat keselamatan.

Anw, Sebenarnya masih banyak standar keamanan helm yang banyak dipakai di berbagai negara di dunia. Beberapa diantaranya adalah sbb;

USA: DOT
European: ECE 22.05
Brazil: NBR 7471
Taiwan: CNS
Australia: AS 1698-2006
Japan: SG or JIS
New Zealand: NZ 5430
Korea: KS G 7001
Malaysia: SIRIM
Thailand: TIS
India: IS 4151
Singapore: PSB
Canada: CSA CAN3-D230-M85
Indonesia: SNI

#Papabikerz

About PapabikerZ 343 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

1 Trackback / Pingback

  1. RSV Helmet rilis helm Half Face terbaru, SV300 - PAPABIKERZ.COM

Tinggalkan Balasan