Sengit, Enea Bastianini juarai GP Aragon 2022

Halo Bikerzzz…
MotoGP 2022 telah memasuki seri ke-15 yang berlangsung di sirkuit Aragon, Spanyol. Mungkin inilah salah satu balapan MotoGP tersengit musim ini, dimana dua pembalap Ducati dari tim pabrikan dan satelit, kembali menjadi bintang dan bersaing hingga garis finish.

Enea Bastianini berhasil menjuarai balapan GP Aragon dengan memimpin di depan kompatriotnya Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team dan Aleix Espargaro dari Aprilia Racing.

Jalannya balapan
Balapan berlangsung di tengah cuaca yang cerah. Total ada 23 lap yang dilalui pada seri GP Aragon hari ini. Kejutan terjadi di lap pertama dimana Fabio Quartararo langsung crash setelah bersenggolan dengan bagian belakang motor Marc Marquez. Beberapa saat kemudian diikuti oleh crashnya Takaaki Nakagami yang juga menyenggol bagian belakang motor Marc Marquez di trek lurus di pertengahan lap pertama. Lap pertama sendiri dipimpin oleh Bagnaia yang diikuti oleh Brand Binder dan Jack Miller. Marquez sendiri langsung retired dan masuk ke pit karena dari siaran ulang, terlihat ada pecahan fairing motor yang pecah dan terlepas.

Lap ke-5, tiga pembalap Ducati ada di urutan terdepan. Bagnaia memimpin 0,4 detik di depan Miller yang berjibaku melawan Bastianini. Lap ke-7 Bastianini telah memimpin di depan Miller dan terus berusaha mengejar Bagnaian di posisi terdepan. Brad Binder dari KTM juga tampil trengginas di awal balapan. Di lap ke-7 berhasil mendahului Miller dan Aleix Espargaro.

Marc Marquez terlihat mengunjungi pit LCR Honda di lap ke-9, sementara itu Bastianini akhirnya bisa menyalip Bagnaia di trek. Ducati memimpin 1 dan 2. Persaingan terlihat panas dimana Binder dan Aleix Espargaro juga mengikuti kedua pembalap Italia tersebut. Namun sebuah kesalahan dari Bastianini membuatnya ketinggalan kembali setelah melebar keluar trek dan jaraknya menjadi makin dekat dengan Binder.

Enea Bastianini

Lap ke-16, persaingan sengit masih diantara Bagnaia dengan Bastianini, dan terus berlanjut hingga lap terakhir. Di belakangnya terlihat ada Aleix Espargaro yang berhasil mendahului Brad Binder untuk bertengger di posisi tiga. Bastianini terus menggedor hingga lap terakhir, namun Bagnaian masih berhasil menutup celah. Di lap terakhir, Bastianini akhirnya berhasil mendahului Bagnaia di T7 dan pertarungan menjadi makin sengit. Jelas tidak ada Team ataupun Brand Order disini. Bastianini ngotot dan berhasil menjuarai balapan GP Aragon dengan memimpin tipis di depan Bagnaia dengan selisih waktu hanya 0,042 detik.
Posisi podium ketiga akhirnya berhasil dikunci oleh Aleix Espargaro, yang tidak lagi terkejar oleh Brad Binder maupun Jack Miller.

Ducati Juara Dunia Konstruktor MotoGP 2022

What a Race, sungguh balapan yang menegangkan terutama bagi dua pembalap Ducati yang juara hari ini. Akhirnya Bastianini berhasil membalaskan dendamnya saat kalah tipis dari Bagnaia ketika memasuki garis finish GP San Marino lalu. Dan bonus hari ini, Ducati akhirnya resmi menjadi Juara Konstruktor tahun 2022. Hal yang wajar, mengingat delapan pembalap Ducati rajin meraup poin di seri balapan tahun ini.
#Papabikerz

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan