Makin santer, Wacana Moge kembali masuk tol kembali Menyeruak

Halo Bikerzzz…

Minggu ini jagad otomotif tanah air kembali dihebohkan dengan wacana Moge masuk tol. Adalah Irianto Ibrahim, Presiden Komunitas Motor Besar Club Indonesia yang kembali mendesak agar para pengguna motor gede/ moge diizinkan untuk memakai ruas jalan tol tanah air. Lagu lama sih menurut Papabikerz.

Dalam sebuah wawancaranya di kanal Youtube, Irianto mengungkapkan perihal pengalamannya berkendara di mancanegara. Irianto juga membandingkan soal moge di tanah air yang ketinggalan dengan di luar negeri, soal akses memakai jalan tol. “Saya perjuangkan moge masuk jalan tol ini sudah 10 tahun lebih dan tidak bosan-bosan hampir setiap tahun saya teriak, karena setiap saya touring ke Amerika, Eropa, Afrika, Australia, New Zealand, atau negara tetangga Bangkok, Singapura, Malaysia mereka boleh kok masuk tol.”

Dia mengatakan, kebijakan moge masuk tol dapat meningkatan pariwisata, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN, dan devisa negara. “Jadi kita jangan dianggap sepele, kita sudah touring keliling dunia kok, jadi hanya Indonesia yang tidak bisa mogenya masuk tol. Sekarang saatnya agar apa? Pariwisata, APBN dan, pemasukan devisa negara bisa meningkat karena adanya kebijakan ini,” ujarnya Dia meminta kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk bisa memberikan kesempatan untuk menerapkan kebijakan moge bisa masuk melintasi jalan tol seperti yang sudah diterapkan oleh negara-negara lainnya. “Saya minta ke Pak Jokowi, sebagai bikers sejati kasih kesempatan untuk kami. Karena dengan adanya moge di jalan tol akan memancing pariwisata dan menambah devisa, sehingga akan memasukan APBN untuk negara kita. Saya touring ke luar negeri, yang saya jual adalah makanan indonesia, musiknya, fashionnya semuanya saya jual, saya bilang “ayo ke Indonesia,” tegasnya.

Aturan jalan tol

Disadur dari Katadata, Aturan mengenai kendaraan yang bisa melewati jalan tol tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pada Pasal 38. Dalam aturan tersebut disebutkan jika jalan tol hanya dikhususkan untuk kendaraan roda empat. “Jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih,” dikutip dari pasal 38 ayat (1). Kemudian, pada pasal 38 ayat (1a), tertulis bahwa kendaraan bermotor roda dua diperbolehkan melintasi jalan tol tetapi dengan jalur khusus yang tentunya harus dibedakan dengan kendaraan roda empat. “Pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih,” bunyi pasal 38 ayat (1a) tersebut.

Fakta di lapangan

Well, sudah menjadi rahasia umum kalau pemakai Moge di tanah air, sering terlibat friksi dengan pemakai jalan lainnya. Mulai dari di kota-kota besar, hingga di pelosok daerah. Faktor kesenjangan sosial antara pengguna moge yang seakan mendapat previllege tersendiri mulai dari dikawal dan mendapat prioritas jalan, serta latar belakang pengguna moge yang notabene banyak berasal dari kalangan berada, aparat, maupun pejabat.

Nah, adalah hal wajar kalau Irianto yang akun Instagramnya digembok ini dan pengguna moge lainnya berharap mereka bisa memakai jalan tol di tanah air. Namun tentu saja hal ini tidak bisa serta merta diizinkan begitu saja. Selain dari faktor jalan tol yang merupakan jalan bebas hambatan dan punya potensi bahaya tersendiri bagi kendaraan roda dua, faktor fisik dan skill berkendara pengguna moge itu sendiri juga bervariasi.

Irianto menjadikan alasan pajak belasan juta Rupiah yang mereka (pemilik Moge) bayarkan setiap tahun membuat mereka layak dikasih akses untuk berkendara di tol. Namun gue pribadi berpandangan alasan ini hanya akan memicu friksi lanjutan dengan pengguna motor non moge/ mocil. Tentu kalau moge diberi akses, akan ada penggolongan kasta pengendara roda dua di tengah masyarakat. Jadi tidak hanya SIM C aja yang digolongkan jadinya, jelas hal ini butuh pembahasan yang lebih lanjut kedepannya untuk mencari solusi yang adil bagi semua.

Well, menarik untuk kita tunggu, akan seperti apa lanjutannya nanti. Kalau menurut kalian, gimana nih gaeess?

#Papabikerz

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

1 Komentar

Tinggalkan Balasan