Cara Yamaha Buktikan Kualitas Produk, Perpanjang Masa Garansi Frame Hingga 5 Tahun dan Pamer Dapur Produksi Berstandar Global

Halo Bikerzzz…

Sebagai produsen sepeda motor global, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) memiliki komitmen kuat untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas yang dapat menjadi solusi dalam menjawab kebutuhan mobilitas Masyarakat Indonesia.

Komitmen dalam menjaga kualitas mutu produk di level tertinggi tidak hanya ditunjukan melalui riset pengembangan produk yang komprehensif, pemilihan bahan baku material terbaik dan ramah lingkungan, proses produksi berstandar global, maupun pengujian atau pengecekan berkala terhadap sepeda motor Yamaha. Akan tetapi, juga melalui program after sales yang terus ditingkatkan dari waktu ke waktu selaras dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Kabar gembira pun hadir bagi para konsumen sepeda motor Yamaha. Pasalnya, dalam rangka menjamin mutu kualitas produk tersebut, Yamaha secara resmi memperpanjang masa garansi frame dari sebelumnya 1 tahun / 12.000 km menjadi 5 tahun / 50.000 km*.

Perpanjangan masa garansi ini berlaku untuk pembelian semua sepeda motor Yamaha jenis Matic per tanggal 1 Oktober 2023 hingga seterusnya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh President Director & CEO PT YIMM, Dyonisius Beti dalam acara Press Conference & Factory Visit yang berlangsung pada Kamis (5/10) di Pabrik YIMM – West Java, Karawang.

“Pada kesempatan ini juga saya ingin menyampaikan, bahwa konsumen Yamaha tidak perlu khawatir dengan mutu dan kualitas motor Yamaha. Seperti yang sudah saya sampaikan pada kunjungan pabrik sebelumnya, Yamaha sangat confidence dengan kualitas sepeda motor kami. Karena baik dari segi SDM yang membuat motor, pemilihan mutu bahan baku material, hingga proses produksinya, semua sudah bertsandar global. Oleh sebab itu, di bulan Oktober ini kami pun berani membuat sebuah terobosan dalam bentuk program after sales, yaitu memperpanjang masa garansi frame sepeda motor Yamaha jenis Matic dari 1 tahun menjadi 5 tahun. Ini adalah bukti komitmen kuat Yamaha untuk terus menjaga kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk. Dan dengan berlakunya program “extended warranty” ini, Yamaha Indonesia menjadi satu-satunya brand otomotif yang berani memberikan masa garansi frame paling lama,” ungkapnya.

Selain memperpanjang masa garansi frame hingga 5 tahun, saat ini Yamaha juga turut memberikan garansi dengan periode waktu yang beragam untuk beberapa komponen lain yang terdapat pada sepeda motor. Komponen-komponen tersebut meliputi komponen body, kelistrikan, dan juga mesin dengan rincian sebagai berikut:

Garansi

Garansi umum 1 tahun / 12.000 kilometer**

Garansi kelistrikan khusus 2 tahun / 24.000 kilometer**

Garansi khusus mesin 3 tahun / 36.000 kilometer**

Garansi Forged Piston & DiASil Cylinder 5 tahun / 50.000 kilometer**

GRATIS 4 Lembar Kupon Servis Gratis (KSG)1 Kali penggantian oli mesin pada servis KSG 1

Untuk informasi lebih lengkap terkait garansi sepeda motor Yamaha, termasuk mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku, konsumen dapat melihatnya pada Buku Garansi dan Servis atau melalui aplikasi My Yamaha Motor.

Kunjungan Pabrik

Pada kesempatan yang sama, Yamaha juga turut mengadakan kunjungan ke Global Factory YIMM – West Java di Karawang bagi para awak media, blogger, maupun konten kreator yang hadir. Kunjungan pabrik yang kedua kalinya ini, bertujuan untuk menyaksikan langsung bagaimana sepeda motor Yamaha dibuat oleh para anak bangsa dengan memanfaatkan teknologi moderen berstandarisasi global. Sehingga mutu kualitas sepeda motor Yamaha dapat diterima tidak hanya di pasar domestik, namun juga pasar eskpor ke lebih dari 40 negara di dunia.

Adapun terkait jalannya acara, kunjungan pabrik dimulai dari Global Training Center (GTC) yang merupakan pusat pelatihan (Doujo) bagi para operator. Di tempat tersebut, pengunjung dapat melihat upaya Yamaha dalam menyiapkan para operator baru agar dapat menjadi SDM yang unggul dan kompeten, sehingga siap bekerja di line produksi sesuai dengan standar keterampilan yang telah ditetapkan.

Setelah itu, tour pun berlanjut ke bagian Welding Line untuk menyaksikan proses pembuatan frame, baik itu proses pembentukan (bending) maupun pengelasan yang sudah memanfaatkan teknologi robotik. Dari area Welding, rombongan kemudian bergerak ke area Engine Assy tempat perakitan mesin motor, dan dilanjut ke Body Assy tempat perakitan final sepeda motor hingga jadi. Terakhir, para peserta factory visit diajak menyambangi area QE Show Room yang merupakan tempat pengecekan terakhir terhadap kualitas mutu sepeda motor Yamaha sebelum kemudian dikirimkan ke dealer.

Sebagai tambahan informasi, Global Factory YIMM – West Java merupakan pabrik ke-2 Yamaha yang berlokasi di Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat. Sebagai pabrik yang lebih modern dengan kapasitas produksi yang lebih besar, YIMM – WJ menjadi basis produksi untuk sepeda motor jenis Matic berkubikasi 155cc ke bawah seperti MAXI, CLASSY dan jajaran skutik Generasi 125 yang djual untuk pasar domestik maupun global. Selain itu, pabrik ini juga dipercaya untuk membuat mesin kendaraan berkapasitas besar. Seperti mesin MT-07 (700 cc) dan juga kendaraan roda 4 Wolverine (1.000 cc) yang memang diperuntukan untuk eskpor.

*Syarat dan ketentuan berlaku

**Mana yang tercapai lebih dulu

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 882 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan