Water Purifier Tenaga Surya dan Pengaman Transaksi Digital Menangkan AHM Best Student 2023

AHM Best Student 2023

Halo Bikerzzz…

Beragam ide dan invensi lahir dari generasi muda untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan. Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) menjadi ajang bergengsi bagi siswa SMA multitalenta di Tanah Air untuk mengadu ide dan gagasan menawarkan solusi untuk pembangunan berkelanjutan.

Dewan Juri menetapkan dua karya terbaik di ajang yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) ini, yaitu water purifier bertenaga surya dan pengaman transaksi digital. Dua karya siswa ini mampu memberikan manfaat untuk kebutuhan langsung masyarakat dengan menghasilkan sumber air bersih yang menggunakan energi alternatif dan meningkatkan keamanan transaksi keuangan menggunakan QR Code di era digital transaksi nontunai.

AHM Best Student 2023 membagi ajang adu gagasan untuk anak setingkat SLTA ini dalam dua kategori, yakni ide dan invensi atau temuan. Pada tahun ini, AHM mengusung tema Sustainable Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Berpijak pada 3 pilar utama AHM Best Student, yaitu Care, Creative, dan Confident, seleksi dilakukan tidak hanya pada karya yang diajukan tapi juga keaktifan siswa dalam kegiatan sosial, kompetensi soft skill hingga non akademik. Tercatat sebanyak 742 karya dari 390 sekolah di 27 provinsi, mengikuti kompetisi ini. Seleksi dilakukan secara bertahap di tingkat provinsi hingga akhirnya terpilih 20 karya siswa terbaik yang bisa mengikuti tahapan Grand Final pada 31 Oktober 2023.

Setelah proses seleksi regional sejak bulan Agustus dan dilanjutkan seleksi nasional pada bulan Oktober, AHM akhirnya menetapkan Rafila Anindya Ahmad dari Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta sebagai juara di level gold untuk kategori ide. Ide kreatifnya berupa inovasi di bidang keamanan dalam proses transaksi keuangan menggunakan QR Code. Sementara itu, untuk kategori invensi, Raditya Syarifatur Riyad dari sekolah SMA Laboratorium UM, Malang, Jawa Timur berhasil menjadi yang terbaik level gold melalui karya alat penjernih air dengan tenaga surya.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan untuk karya yang saya kembangkan. AHMBS adalah ajang yang tepat untuk menunjukkan karya-karya inovasi para pelajar. Inovasi ini hadir dari kegelisahan terhadap masalah ketersediaan air bersih di wilayah pesisir. Saya ingin mengembangkan lagi di masa mendatang” ujar Raditya yang mencoba temuannya untuk masyarakat Pulau Kangean, Sumenep, Jawa Timur.

AHM Best Student 2023 menggandeng para profesional di bidangnya untuk mengkurasi karya terbaik siswa SMA dari seluruh Indonesia. Juri berasal dari beragam profesi yakni Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dan pengajar dari beberapa kampus terbaik di Indonesia yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan PPM School of Management.

Karya pemenang lain juga tak kalah menarik. Pada kategori ide karya dari Gede Indra Apriadi siswa dari SMA Negeri Bali Mandara, Bali berhasil meraih level silver melalui ide inovasi briket ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah siwalan. Untuk level bronze diraih oleh siswa dari SMA Negeri 2 Kota Agung, Lampung yakni M. Zuruki melalui ide pembuatan bahan bakar alternative menggunakan bahan Resin Shorea Javanica.

Pada kategori invensi, pemenang Level silver diraih oleh Kadek Bintang Januarta yang merupakan wakil dari sekolah SMA Negeri Bali Mandara, Bali. Dia berhasil mengembangkan Briket Biomassa menggunakan limbah tanaman sorgum. Disusul oleh Fikri Fadurohman dari sekolah SMK Karya Nasional Kuningan, Jawa Barat melalui karya invensi berupa pemanggang biji kopi berteknologi tinggi.

Meet and Greet Inspiratif

Selain beradu kemampuan dalam menghasilkan karya terbaik pada rangkaian kegiatan seleksi final, para peserta juga diajak melihat langsung proses produksi sepeda motor Honda di pabrik AHM. Para finalis juga mendapatkan pembekalan soft skill dan mentalitas yang kuat dari inspirator atlet Paralympic M. Fadly, serta berdiskusi sarat inspirasi bersama Executive Vice President Director AHM Thomas Wijaya. Selain itu, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan edukasi keselamatan berlalu lintas dengan Honda Riding Trainer (HRT) yang diajari langsung oleh Astra Honda License Instructor di AHM Safety Riding & Training Center (SRTC), Deltamas, Bekasi.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengapresiasi karya kreatif siswa SMA yang memberikan dampak positif bagi lingkungan di tengah menempuh studi di sekolah. AHM Best Student yang secara konsisten dijalankan sejak 2003 diharapkan melahirkan ide dan karya kreatif yang terus selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s)

“Karya anak remaja ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan masyarakat. Harapan kami, AHM Best Student dapat menstimulasi lahirnya ide-ide kreatif generasi muda. Kami ingin melahirkan calon pemimpin masa depan yang cerdas sekaligus peka dan peduli akan isu-isu yang ada di sekitarnya,” ungkap Muhib.

Ajang kompetisi ide dan kreativitas prestisius ini didukung oleh Yayasan Astra Honda Motor melalui beasiswa dengan total 104.500.000,- bagi 20 Grand Finalis dan juga apresiasi bagi Guru Pembimbingnya. Astra Polytechnic turut menyiapkan beasiswa kuliah khusus bagi pemenang Kategori Invensi untuk biaya kuliah dan dukungan biaya hidup selama 3 tahun senilai total 129.000.000,- dan Beasiswa Vokasi senilai 9 juta bagi level silver. Astra Graphia juga menyiapkan 6 laptop bagi seluruh pemenang AHMBS 2023.

AHM Best Student 2023 turut didukung penuh oleh FIF Group, PT Hitachi Astemo, PT Musahi Auto Parts Indonesia, PT Surayaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia.

AHM AHMBS2023. 02 (1)
AHM AHMBS2023. 03 (1)
AHM AHMBS2023. 04 (1)
Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 882 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan