Rambah kendaraan Komersial, PT. Pindad perkenalkan Prototipe EV-Scooter multiguna ramah lingkungan

Halo Bikerzzz…

Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa bersama Wakil Direktur Utama Syaifuddin, Direktur Produksi Budhiarto, dan Direktur Komersial Atih Nurhayati memperkenalkan prototipe skuter listrik, EV-Scooter pada Jumat, 29 Desember 2023 di lapangan Divisi Kendaraan Khusus PT Pindad Bandung.

Peluncuran prototipe EV-Scooter ini dilaksanakan pada kegiatan silaturahmi akhir tahun yang juga melibatkan jajaran Direksi PT Pindad Enjiniring Indonesia (PT PEI) dan jajaran VP & GM serta karyawan PT Pindad.

Wakil Direktur Utama, Syaifuddin dalam Perayaannya mengucapkan terima kasih serta penghargaan bagi seluruh karyawan setiap divisi PT Pindad atas segala kontribusinya di tahun 2023 ini. Ia berharap agar seluruh entitas di PT Pindad terus semangat menghadapi tahun 2024.

Setelah membuka kegiatan silaturahmi, acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian EV-Scooter oleh Direktur Teknologi & Pengembangan, Sigit P. Santosa.

Sigit P. Santosa kemudian menjelaskan, EV-Scooter ini merupakan salah satu produk hasil inovasi PT Pindad yang ditargetkan untuk diproduksi secara massal dan dalam prosesnya bekerja sama dengan PT PEI.

“Alhamdulillah teman-teman PT PEI bekerja sama dengan PT Tangkas Elektrik sudah bisa mendukung produksi massal ini selain untuk perakitan, tetapi kita libatkan dalam proses pengembangan produk bersama dengan divisi Inovasi Pindad. Untuk supply chain manufacturing sepenuhnya di PT PEI.

Dengan diluncurkannya EV-Scooter, pada Januari 2024 ini kita bisa segera mendapatkan kontrak & produksi massal,” jelas Sigit. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng secara simbolik sebagai tanda peresmian EV-Scooter.

EV-Scooter merupakan skuter listrik hasil inovasi Pindad yang didesain untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi harian dengan memanfaatkan energi listrik yang ramah lingkungan. EV-Scooter dikembangkan untuk dual-tujuan sehingga nantinya dapat digunakan baik untuk kebutuhan pribadi, angkutan penumpang transportasi online maupun kargo atau jasa pengantaran ekspedisi.

EV-Scooter ini merupakan motor listrik hemat energi dengan ditenagai BLDC 3 kW, menggunakan baterai 72 V 36 Ah dengan waktu pengisian daya 2-3 jam, dapat menempuh jarak tempuh hingga 100 km dalam satu kali pengisian daya dan memiliki kecepatan maksimal 70 km/jam.

Kedepannya EV-Scooter akan diproduksi oleh PT PEI yang merupakan anak perusahaan PT Pindad yang telah memiliki fasilitas untuk memproduksi motor listrik dan sudah berpengalaman dalam proses manufaktur sepeda motor listrik sebelumnya. Dengan pengalaman dan kapabilitas yang dimiliki PT Pindad baik di lini bisnis hankam maupun produk industri, EV-Scooter ini diharapkan dapat diterima oleh masyarakat dan menjadi opsi skuter buatan dalam negeri dari proses litbang hingga produksinya nanti.

PT Pindad sebagai anggota dari BUMN holding industri pertahanan Defend ID aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, Polri dan juga telah menghasilkan sejumlah produk unggulannya seperti senjata, amunisi dan kendaraan khusus. PT Pindad juga menghasilkan produk-produk Industri seperti ekskavator, traktor, bahan peledak komersial, penjepit rel kereta api, hingga generator.

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 972 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan