Autoheran: Perpanjangan SIM A di Riau ternyata biayanya segini

Halo Bikerzzz…
Kemarin lusa gue baru kembali dari Provinsi sebelah, tepatnya Provinsi Riau untuk sebuah keperluan wajib lima tahunan sekali. Yaaps, harus kembali ke Riau untuk mengurus perpanjangan SIM A, ke sebuah kota di pinggiran provinsi Riau yakni Teluk Kuantan.

Berhubung kemarin waktu perpanjangan SIM C di kota Padang ternyata tidak bisa langsung mengurus SIM A dengan alasan data pribadi gue yang tidak terdata di data kepolisian Sumatera Barat.

Setelah gue tanyakan ke petugas SIMLING atau Mobil SIM Keliling, jawaban yang gue terima malah bikin eneg. “Coba abang tanyakan sendiri ke Polres sana ya, bukan ke saya bertanyanya”, jawaban seorang petugas polisi yang sama sekali bukan solusi dari permasalahan gue.

Akhirnya, gue pribadi memutuskan untuk cabut ke Riau untuk memperpanjang SIM A yang kebetulan akan habis masa berlakunya pada 22 Oktober kemarin. Dengan mengendarai Honda CB150X, gue melipir ke Riau menempuh jarak sekitar 220km. Syukur Alhamdulillah, perjalanan gue berlangsung lancar, walaupun sempat ada beberapa kali kejadian dipepet kendaraan lain di jalan.

Persyaratan perpanjangan SIM A

Nah, berdasarkan ketentuan dari Kepolisian, ternyata perpanjangan SIM A ini syaratnya berlaku sama se-Indonesia. Dan inilah dokumen dan biaya yang mesti disiapkan pada saat perpanjangan SIM A;

  • Menyiapkan Fotocopy KTP
  • Menyiapkan SIM A lama yang masih berlaku
  • Mengurus Kir Kesehatan di loket yang tersedia dengan biaya Rp 35.000,-
  • Mengikuti Test Psikologi di loket Psikologi dengan biaya Rp 100.000,-
  • Membayar biaya perpanjangan SIM A Rp 80.000,-
  • Mengisi data pemohon SIM
  • Mengikuti sesi Foto, pengambilan sidik jari dan tanda tangan
  • Menunggu panggilan pengambilan SIM A

Adapun untuk pembuatan SIM A perpanjangan ini, total biaya yang dibutuhkan adalah Rp 215.000,-. Tergolong lebih murah dibandingkan waktu gue mengurus perpanjangan SIM C di kota Padang beberapa hari lalu.

Ternyata biayanya lebih murah di sesi Psikotest dibandingkan dengan waktu perpanjangan SIM C. Jika di kota Padang kemarin kena biaya Rp 200.000, dan biaya Test kesehatan sebesar Rp 50.000,-. Atau selisih Rp 110.000 dengan biaya perpanjangan SIM A di Riau.

Anw, mau itu kalian mengendarai motor ataupun mobil, memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah sebuah kewajiban. Maka pastikan kalian telah memiliki SIM sebelum mengemudi, dan segera perpanjang SIM kalian sebelum masa berlakunya habis ygy.

#Papabikerz

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan