Pembalap Indonesia Juarai tiga kelas di ARRC 2022

Juara Asia kelas SS600 Andi Gilang

Halo Bikerzzz…

Alhamdulillah, Minggu 20 November 2022, adalah hari yang akan selalu dikenang oleh dunia balap motor tanah air. Balapan Asia Road Racing Championship tahun 2022, yang tiga kelas diantaranya, akhirnya tahun ini dijuarai oleh pembalap asal Indonesia.

Dramatis, itulah kata-kata yang dapat mewakili kondisi balapan di Race kedua pada seri pamungkas tahun ini. Tiga orang pembalap Indonesia menjadi yang terbaik di akhir musim, dengan perjuangan tak kenal menyerah. Ketiganya adalah Wahyu Aji Trilaksana, Andi Muhammad Fadly dan Andi Farid Izdihar.

Wahyu Aji Trilaksana juara Asia kelas UB150 ARRC 2022

Pembalap pertama adalah Wahyu Aji Trilaksana, yang membalap untuk tim TKKR Racing Team. Wahyu sempat tertinggal 6 poin dari lawan terberatnya musim ini Md Izzat Zaidi Md Salehan asal Malaysia hingga race pertama kemarin. Namun di race kedua hari ini, Wahyu berhasil menjaga ritme balapnya dan berhasil menempati posisi kelima di tengah guyuran hujan yang menerpa Buriram. Podium juara sepertinya akan sangat sengit di awal balapan dimulai, namun Wahyu berhasil masuk ke rombongan terdepan di awal lomba, walaupun posisinya sempat naik turun disaat balapan berlangsung. Syukurlah Wahyu mampu menjaga posisinya dalam lima besar, sementara Izzat Zaidi sempat terlempar di awal balapan di posisi ke-20 karena ada kendala pada motornya, dan menutup balapan dengan menempati posisi ke-12.

Di akhir balapan, Wahyu berhasil mengungguli Izzat dengan satu poin saja di klasemen akhir, Wahyu 140, Izzat 139. Dan ini menjadi gelar juara Asia kedua bagi Wahyu Aji, setelah sebelumnya diraih pada tahun 2016 silam.

Klasemen akhir kelas Underbone 150cc ARRC 2022.

Andi Muhammad Fadly

Pembalap kedua adalah Andi Muhammad Fadly, yang membalap untuk tim Motul Sniper Manual Tech Racing Team dengan motor Kawasai Ninja 250. Fadly berhasil menjaga posisi akhir dengan menyelesaikan balapan di posisi kedelapan pada race kedua kali ini. Ditambah dengan saingan terdekatnya yakni Adenanta Putra yang crash di awal balapan, menyebabkan peluang juaranya kembali terjaga. Namun di tengah lomba Fadly sempat tercecer dan berjarak cukup jauh dari juara Race kedua kali ini yakni Rheza Danica dari tim Astra Honda Racing Team.

Andi Muhammad Fadly juarai kelas AP 250 ARRC 2022

Balapan sendiri dimenangkan oleh Rheza Danica dan memiliki perolehan poin yang sama dengan Fadly. Sayangnya, Fadly unggul jumlah podium dan berhak menyandang gelar Juara Asia di kelas Asia Production 250cc tahun 2022.

Klasemen akhir kelas AP250 ARRC 2022

Andi Farid Izdihar

Dan pembalap ketiga adalah Andi Farid Izdihar atau yang biasa dipanggil dengan Andi Gilang, pembalap asal Bulukumba Sulawesi Selatan ini kembali menjadi yang terbaik di Race kedua kelas SS600. Setelah kemarin menjuarai seri pertama dan memangkas jarak dari pembalap Malaysia

Perjuangan Andi sepertinya akan berlangsung mulus tanpa kendala setelah memimpin lomba dari awal balapan. Sempat tertinggal selepas start dari kompatriotnya Irfan Ariansyah, Andi berhasil meringsek dan memimpin jalannya lomba hingga lap ke-11. Sayangnya menjelang akhir balapan, Andi sempat disalip oleh pembalap tuan rumah yakni Ratthapong Wilairot dari tim Yamaha Thailand. Andi yang terus tampil konsisten akhirnya mendapatkan kesempatan di tikungan ke-12 sirkuit Chang. Andi mendahului dengan melakukan late braking dan berhasil mencuri posisi pertama setelah mendahului Rattapong memasuki garis finish dengan gap 0,550 detik dan mengunci gelar juara Asia kelas SS600.

Kemenangan Andi juga dramatis mengingat poin di klasemen sama dengan Md Helmi Azman dari Boon Siew Honda Racing Team Malaysia. Namun Andi yang unggul jumlah podium, berhak menjadi juara Asioa tahun ini setelah mengantongi empat kali podium juara dan dua kali runner up.

Klasemen akhir kelas SS600 ARRC 2022.

Well, sebenarnya masih ada dua kelas lagi yakni TVS Asia One Make Championship dan Asia Super Bike 1000cc. Namun sayangnya pembalap Indonesia di kedua kelas tersebut belum berhasil meraih hasil terbaik. Namun mengingat dari perjuangan semua pembalap tanah air tersebut tahun ini, tentu mereka semua layak mendapatkan apresisasi terbaik.

Jika di kelas AP250 juara Asia tahun ini sudah dapat dipastikan berasal dari Indonesia, perjuangan Wahyu Aji dan Andi Gilang adalah yang terbesar. Sempat tertinggal di posisi klasemen sementara, di race kedua berhasil meraih hasil maksimal dan membawa pulang gelar Juara Asia tahun 2022 di kelas UB150 dan SS600.

#Papabikerz

Pilih Honda Scoopy favoritmu disini!!!
About PapabikerZ 578 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan