Zarco juarai MotoGP Australia, Ducati sapu bersih podium

Halo Bikerzzz…

Drama susul-menyusul terjadi di akhir MotoGP Australia 2023. Johann Zarco merebut kemenangan, dengan Francesco Bagnaia di posisi kedua dan Fabio Di Giannantonio ketiga. Jorge Martin yang memimpin mayoritas balapan malah akhirnya tercecer ke posisi finis kelima!
Dalam race 27 lap di Sirkuit Phillip Island, Minggu (21/10), selepas start Jorge Martin berhasil mempertahankan posisi terdepan. Brad Binder dan Francesco Bagnaia membayangi.

Start apik juga dibuat Jack Miller di awal race ini setelah merangsek ke posisi keempat dari posisi kedelapan. Tapi di lap kedua Miller malah disalip Fabio Di Giannantonio dan Marc Marquez.

Masuk lap kelima, Martin masih memimpin. Binder ada di posisi kedua, dengan Fabio Di Giannantonio menempati posisi ketiga. Bagnaia di posisi keempat. Di awal lap keenam, Bagnaia tercatat ketinggalan 4,5 detik dari Martin di posisi terdepan.

Dengan 20 lap tersisa, alias di lap kedelapan, awan gelap mulai terlihat di atas Sirkuit Phillip Island. Di lap ini sendiri Bagnaia masih menempati posisi keempat. Tapi ia tampak mulai dibayangi Johan Zarco dan Marc Marquez.

Sebagai informasi, race utama MotoGP Australia 2023 dimajukan sehari karena mengantisipasi kondisi cuaca di Sirkuit Phillip Island, tidak cuma potensi hujan tapi juga terpaan angin kencang.

Di Turn 4 lap ke-11, Joan Mir tampak meluncur keluar lintasan. Mir kemudian out dari balapan. Di lap berikutnya ada pula Augusto Fernandez yang jatuh di Turn 4.

Masuk lap ke-19, alias 9 lap tersisa, Fabio Di Giannantonio melesat dan berhasil melewati Brad Binder untuk merebut posisi kedua dalam race MotoGP Australia 2023 sejauh ini. Jorge Martin masih memimpin di depan, dengan Bagnaia di posisi keempat.

Fabio Di Giannantonio terus membayangi dan memberikan tekanan buat Jorge Martin di lap-lap akhir balapan. Sementara itu Johann Zarco berhasil merebut posisi keempat usai menyalip Bagnaia.

Masuk lima lap akhir, Brad Binder berhasil melakukan manuver apik. Ia menyalip Di Giannantonio untuk mengambil alih posisi kedua balapan.

Brad Binder, Fabio Di Giannantonio, dan Johann Zarco bersaing dengan amat sengitnya di belakang Martin. Dengan tiga lap tersisa, Zarco menyalip Di Giannantonio untuk merebut posisi ketiga.

Dua lap tersisa, aksi salip-menyalip terjadi. Bagnaia tiba-tiba merangsek ke posisi ketiga. Zarco ada di posisi kedua.

Di lap terakhir, Zarco melesat ke depan! Bagnaia juga merangsek dan Martin tiba-tiba berada di posisi ketiga. Rangkaian momen dramatis terus terjadi dengan cepatnya! Ada Di Giannantonio yang lantas merebut lagi posisi ketiga. Martin malah terdorong ke posisi kelima!

Hasil MotoGP Australia 2023
POS RIDER TIM

1 Johann Zarco Pramac Ducati (GP23)
2 Francesco Bagnaia Ducati Lenovo (GP23)
3 Fabio Di Giannantonio Gresini Ducati (GP22)
4 Brad Binder Red Bull KTM (RC16)
5 Jorge Martin Pramac Ducati (GP23)
6 Marco Bezzecchi Mooney VR46 Ducati (GP22)
7 Jack Miller Red Bull KTM (RC16)
8 Aleix Espargaro Aprilia Factory (RS-GP23)
9 Alex Marquez Gresini Ducati (GP22)
10 Enea Bastianini Ducati Lenovo (GP23)
11 Maverick Viñales Aprilia Factory (RS-GP23)
12 Luca Marini Mooney VR46 Ducati (GP22)
13 Miguel Oliveira RNF Aprilia (RS-GP22)
14 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)
15 Marc Marquez Repsol Honda (RC213V)
16 Raul Fernandez RNF Aprilia (RS-GP22)
17 Franco Morbidelli Monster Yamaha (YZR-M1)
18 Pol Espargaro Tech3 GASGAS (RC16)
19 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V)
Augusto Fernandez Tech3 GASGAS (RC16)*
Joan Mir Repsol Honda (RC213V)

Kompetisi Safety Riding Regional Honda Sumatera Barat 2023
About PapabikerZ 882 Articles
Seorang anak cucu Adam yang bergelut dengan rutinitas duniawi dan mencoba mendokumentasikan beberapa momennya lewat artikel di Wordpress

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan